Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 25 Oktober 2017

Pengertian Router Mikrotik dan Fungsinya

Pengertian Router Mikrotik dan Fungsinya - Sebagai perangkat keras jaringan sangat penting untuk kita ketahui. Saat ini, perkembangan internet begitu pesat. Dari awal sejarahnya, yang awalnya mengembangkan internet pertama pada tahun 1969 adalah ARPA yang dikembangkan oleh militer Amerika untuk keperluan militer.

Dalam perkembangan awalnya, internet digunakan hanya untuk militer, sebelum kemudian mulai digunakan untuk dua tujuan: militer yang menggunakan MILISET dan ARPANET yang lebih kecil digunakan untuk kepentingan umum.

Keduanya mendapatkan desain DARPANET yang kemudian disederhanakan menjadi internet. Itulah sejarah internet secara singkat. Saat ini, hampir semua orang di dunia bisa menggunakan internet dimanapun mereka berada.

Apa itu Router?
Dalam perkembangan internet di dunia, kemudian ditemukan sebuah alat yang bertugas mengirim paket data melalui jaringan yang berbeda ke jaringan lain atau bertugas mengirimkan paket data di Internet yang mendapat sebutan Router.

Bahasa router berarti hambatan atau pengenalan. Jadi dia bertugas sebagai penghubung antara satu jaringan ke jaringan lain.

Lebih lengkap silahkan baca:
Pengertian Router dan Fungsinya
Jenis Jenis Router
Perangkat Jaringan Komputer

Perbedaan router dan switch
Di internet, selain router, ada tool lain bernama switch yang memiliki fungsi yang sama dengan router. Tapi sebenarnya keduanya sama-sama berbeda.

Jika ruoter adalah penghubung antara jalan, switch adalah jalannya sendiri. Jadi, switch biasanya digunakan untuk LAN (Local Area Network).

Berbagai Router
Secara garis besar, router dibagi menjadi 2, yaitu;

a. Router statis (router statis).
Router jenis ini adalah router yang memiliki kabel routing statis yang diset secara manual oleh administrator jaringan.

b. Dynamic Router (router dinamis).
Tipe kedua adalah tipe router yang memiliki dan membuat dynamic routing table. Ini memiliki fungsi ganda untuk mendengarkan lalu lintas jaringan dan bersamaan dengan router lainnya.

Router berbeda dengan Bridge
Secara garis besar, router dan jembatan memiliki fungsi yang sama untuk menghubungkan jaringan. Namun, mereka memiliki ruang kerja yang berbeda.

Router biasanya menggunakan lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan) dan menggunakan skema alamat IP, sedangkan bridge menggunakan lapisan kedua pada model OSI (data link layer) dan menggunakan MAC Address skeman.

Produsen router
Router ini diproduksi oleh beberapa perusahaan. Perusahaan yang memproduksi router meliputi:

2Wire
3Com
Adtran
Alcatel
Apple Computer
Asus
Belkin
Teknologi Bufallo
Milyar
NGARAI
Dan ada banyak produsen router lainnya.

Setelah kita membahas tentang router, kita akan membahas tentang mikrotik secara sederhana.

Apa itu mikrotik?
Miktrotik sebenarnya adalah salah satu istilah di dunia internet yang berasal dari nama perusahaan yang berasal dari Latvia bernama MikroTikls.

Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan alat yang berhubungan dengan dunia internet. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1995 ini mengembangkan teknologi router dan sistem wireless ISP.

MikroTikls begitu menguasai semua router perdagangan di seluruh dunia terutama di Indonesia. Maka tak heran bila banyak pakar IT di negara kita yang menyinggung istilah Miktrotik.

Pengertian Router Mikrotik dan Fungsinya
Pengertian Router Mikrotik dan Fungsinya


Apa yang dikembangkan MiktroTikls?
Perusahaan mengembangkan perangkat keras komputer dan perangkat lunak untuk dunia internet. Dalam hal perangkat keras, mereka menciptakan dan mengembangkan router, switch, antena, dan perangkat keras lainnya yang berhubungan dengan internet sehingga mudah ditemukan di pasaran.

Sementara dalam kasus perangkat lunak, mereka mengembangkan banyak perangkat lunak yang mendukung perangkat keras yang mereka kembangkan dan juga mendukung perkembangan dunia internet saat ini.

Perangkat lunak yang mereka kembangkan yang memiliki pangkat paling populer sebagai software world internet adalah Mikrotik RouterOS atau Mikrotik Router.

Apa itu Router Mikrotik?
Router mikrotikRouter Mikrotik atau Mikrotik RouterOS, adalah sistem operasi berbasis linux. Sistem operasi ini berguna untuk mengubah komputer menjadi router jaringan.

Fungsi Mikrotik Router?
Sistem operasi ini memiliki fungsi utama sebagai router jaringan, selain itu juga memiliki beberapa fungsi lain yang berguna untuk menjalankan beberapa aplikasi, yaitu;

1. Menjalankan kapasitas akses aplikasi atau manajemen bandwidth.
Sebuah aplikasi yang menunjukkan berapa banyak data yang bisa dilalui router untuk terhubung pada perangkat internet lainnya. Mikrotik memiliki fungsi untuk mengatur kapasitas akses tersebut dan melihat trafik pada bandwidth tersebut.

2. Menjalankan aplikasi firewall.
Seperti yang Anda tahu, fungsi firewall sebagai pelindung jaringan dan komputer yang terlibat dalam jaringan. Mikrotik Router memiliki kemampuan untuk mengatur firewall Anda sehingga Anda tahu mana yang bisa masuk ke jaringan Anda dan mana yang berbahaya bagi jaringan di komputer Anda.

3. Menjalankan aplikasi WiFi
Seperti yang Anda tahu, wifi sekarang jadi tersebar luas di banyak tempat. Namun, untuk menyiapkan siapa saja yang mungkin memiliki akses ke jaringan WiFi, pasti ada sistem operasi yang mengaturnya. Mikrotik Router memiliki kemampuan ini.

4. Menjalankan sistem hotspot.
Kurang lebih memiliki fungsionalitas yang sama seperti WiFi. Hotspot lebih condong ke tempat yang memiliki WiFi. Dengan menggunakan Mikrotik Router, maka Anda bisa mengakses WiFi dari laptop atau gadget lain tanpa kabel.

Baca juga:
Pengertian Wifi dan Fungsinya
Cara Memblokir Pengguna Wifi
Cara Daftar Wifi Id

Selain empat fungsi yang ada diatas, Router Mikrotikr memiliki banyak fungsi lain yang lebih kompleks. Kurang lebih, segala hal yang berhubungan dengan jaringan internet, Mikrotik RouterOS memiliki kemampuan untuk mengakses segala sesuatu yang utuh.

Demikian artikel tentang Mikrotik Router Function. Semoga bermanfaat
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Router Mikrotik dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar