Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 04 Oktober 2017

Pengertian TCP dan Fungsinya

Pengertian TCP dan Fungsinya - Transmission Control Protocol (TCP) adalah protokol yang berada pada lapisan transport (baik di tujuh lapisan model referensi model OSI atau DARPA) yang berorientasi koneksi dan handal. TCP ditentukan dalam RFC 793.

Karakteristik TCP
TCP memiliki karakteristik sebagai berikut:

Connection-oriented: Sebelum data dapat ditransmisikan antara dua host, dua proses yang berjalan pada layer aplikasi harus bernegosiasi untuk membentuk sesi koneksi terlebih dahulu. Sambungan TCP ditutup dengan menggunakan proses penghentian koneksi TCP (penghentian koneksi TCP).

Full-duplex: Untuk setiap host TCP, koneksi antara dua host terdiri dari dua jalur, jalur keluar dan titik masuk.

Pengertian TCP dan Fungsinya
Pengertian TCP dan Fungsinya

Dengan menggunakan teknologi lapisan bawah yang mendukung full duplex, data dapat diterima sekaligus dikirim secara bersamaan. Header TCP berisi nomor urut (nomor urut TCP) dari data yang dikirim dan pengakuan data masuk.

Reliable: Data yang dikirim ke koneksi TCP akan diurutkan dengan nomor seri paket dan akan mengharapkan paket acknowledgment positif dari receiver.

Jika tidak ada paket Acknowledgment dari penerima, maka segmen TCP (unit data protokol dalam protokol TCP) akan dipancarkan ulang. Pada sisi penerima, segmen duplikat akan diabaikan dan segmen yang keluar dari urutan akan ditempatkan di belakang untuk mengurutkan segmen TCP.

Untuk memastikan integritas setiap segmen TCP, TCP mengimplementasikan perhitungan TCP Checksum.

Byte stream: TCP melihat data yang dikirim dan diterima melalui dua jalur TCP masuk dan keluar sebagai arus byte yang berdekatan (bersebelahan).

Nomor seri TCP dan nomor acknowledgment di setiap header TCP juga didefinisikan dalam bentuk byte. Namun, TCP tidak mengetahui keterbatasan pesan dalam aliran byte TCP.

Untuk melakukannya, ini diserahkan kepada protokol lapisan aplikasi (dalam Model Referensi DARPA), yang harus menerjemahkan byte aliran TCP ke dalam "bahasa" yang dimengerti.

Memiliki layanan kontrol aliran: Untuk mencegah terlalu banyak data yang dikirim pada satu waktu, yang akhirnya "menghentikan" jaringan internetwork IP, TCP menerapkan layanan kontrol aliran yang dimiliki oleh pengirim yang terus memantau dan membatasi jumlah data yang dikirimkan pada satu waktu. .

Untuk mencegah pihak penerima memperoleh data yang tidak dapat disangga, TCP juga menerapkan kontrol aliran di ujung penerima, yang menunjukkan jumlah buffer yang masih tersedia pada sisi penerima.

Menyegmentasikan data yang berasal dari lapisan aplikasi (dalam Model Referensi DARPA)
Mengirim paket "one-to-one": ini karena TCP harus membuat rangkaian logis antara dua lapisan aplikasi protokol untuk berkomunikasi satu sama lain. TCP tidak menyediakan layanan transmisi data satu-ke-banyak.

TCP biasanya digunakan ketika protokol lapisan aplikasi memerlukan layanan transfer data yang andal, yang layanannya tidak dimiliki oleh protokol lapisan aplikasi. Contoh protokol yang menggunakan TCP adalah HTTP dan FTP.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian TCP dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar