Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 23 Oktober 2017

Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak

Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak - Printer adalah salah satu perangkat keras komputer yang memiliki peran penting bagi pengguna dalam melakukan berbagai pekerjaan. Fungsi printer yang berguna untuk mencetak dokumen, foto, dan juga gambar dari dalam komputer, ke dalam media kertas.

Printer, terutama bagi pekerja kantoran, pelajar dan anak sekolah merupakan salah satu perangkat keras komputer yang juga penting. Namun sayang, printer ini sering dilanda beberapa masalah yang cukup menyebalkan, seperti:

Printer ini sering offline (juga baca: penyebab offline printer)
Cetakan bergaris
Hasil cetak kurang tajam dan kualitas cetaknya buruk
Kerusakan pada cartridge
Printer yang tidak kompatibel dengan komputer atau laptop tertentu

Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak
Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak


Salah satu masalah yang sering timbul saat menggunakan printer adalah cetakan tercetak yang bergaris atau bahkan kosong sama sekali. Tentu ada beberapa hal yang bisa menyebabkan printout printer ini bergaris dan kosong sama sekali. Berikut adalah beberapa penyebab cetakan printer bergaris:

Selang infus, masalah tinta dan kartrid
Hal pertama yang sering menyebabkan printer menghasilkan cetak bergaris adalah masalah pada selang tinta atau selang cartridge ini.

Biasanya selang dari waktu ke waktu memiliki masalah yang disebabkan oleh udara yang terjebak di dalam selang tinta, jadi ini membuat aliran tinta tidak kenyang, dan terputus-putus.

Aliran tinta intermiten ini menyebabkan tinta tidak mencukupi dalam pencetakan, sehingga timbul garis atau gejala cetak yang sangat buruk dan hasil buruk.

Bagaimana cara mengatasinya?
Untuk mengatasinya, ini agak rumit, karena membutuhkan ketepatan dan kesabaran. Prinsipnya sama seperti kita akan membuang angin pada selang rem yang menggunakan cairan rem, yaitu dengan cara melepas angin secara manual.

Agak sulit jika Anda hanya melakukannya, tapi bila udara yang terperangkap berhasil dilepas, maka printer pastinya tidak akan menghasilkan cetakan yang bergaris-garis lagi.

Tinta hampir habis
Selain masalah udara yang terperangkap, tinta yang sudah habis juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan hasil cetak bergaris.

Ya, tinta yang akan habis tentu saja tidak mampu mencetak banyak, jadi biarpun kertas terus berputar, tinta saja tidak cukup. Hasilnya adalah cetakan yang memiliki garis-garis, dan bahkan memiliki kekosongan sama sekali.

Cara mudah untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan mengganti tinta. Bisa dengan infus, bila menggunakan tinta eksternal, atau bisa juga mengganti cartridge original dari printer yang anda pakai.

Kualitas tinta atau cartridge itu buruk, sehingga mudah kering dan penyumbatan terjadi
Jika kita sudah menyebutkan adanya udara yang terjebak dalam selang tinta, yang bisa menghambat distribusi tinta, sehingga membuat printer tercetak menjadi bergaris, maka penyebab lainnya adalah karena tersumbatnya kotoran.

Jadi, kondisinya sama dengan penyebab pertama, hanya bedanya, selang tinta diblokir dan juga tersumbat oleh kotoran, yang biasanya berasal dari kartrij tinta yang mengering.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tinta mengering dan menghambat pendistribusian tinta untuk dicetak di atas kertas:

Kartrid atau tinta yang belum lama digunakan, jadi mengering, lalu mengeras dan menyumbat nosel tinta.

Baca juga:
Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar
Cara Mengatasi Printer Not Responding


Kualitas kartrid buruk
Tinta tidak steril, jadi ada debu dan kotoran lainnya yang masuk ke tempat penyimpanan, dan tutup duktus tinta.

Kartrid kepala kotor
Bagi anda yang menggunakan printer dengan tipe cartridge, maka satu hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan head cartridge itu sendiri.

Kawat kepala yang kotor sering menghambat proses pencetakan yang dilakukan oleh printer Anda. Salah satu dampak yang bisa timbul adalah hasil cetak bergaris.

Karena itu, saat Anda menggunakan cartridge printer, dan temukan hasil cetak yang bergaris, maka ini bisa disebabkan oleh cartridge head kotor Anda.

Cara termudah untuk mengatasi ini adalah dengan membersihkan kepala kartrid Anda, sehingga cartridge Anda akan bekerja optimal lagi, dan tentu saja hal itu bisa mencegah munculnya goresan.

Masalah dengan perangkat lunak printer
Sebagian besar, printer saat ini menggunakan perangkat lunak untuk menjalankannya. Perangkat lunak berupa driver ini untuk melakukan pengelolaan printer, dan pasang printer di komputer atau laptop Anda.

Bila ada masalah dengan perangkat lunak di dalam printer Anda, selain menyebabkan printer menjadi offline, ini juga bisa menyebabkan hasil cetak pada printer Anda bergaris.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menginstal ulang drivernya, dan melakukan manajemen pada printer Anda dengan menggunakan software secara berkala, tentunya untuk memaksimalkan performa printer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar