Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 26 Oktober 2017

Perbedaan E-Commerce dan E-Business

Perbedaan E-Commerce dan E-BusinessDi era teknologi sekarang ini, banyak bidang teknologi baru mulai berkembang. Salah satu bidang yang berkembang karena perkembangan teknologi ini adalah bidang usaha dan pemasaran.

Saat ini, bidang bisnis sangat berkembang, dikombinasikan dengan pengembangan teknologi informasi, menjadi e-business dan e-commerce. Ada banyak manfaat dari pengembangan e-business dan e-commerce. Dengan memanfaatkan perkembangan jaringan komputer yang dari waktu ke waktu semakin canggih, maka akan menjadi peluang yang menjanjikan di bidang bisnis manapun.

Berikut ini adalah manfaat dan juga dampak positif dari e-bisnis maupun e-commerce:

Pekerjaan tambahan
Sederhanakan konsumen dalam mendapatkan barang
Lebih mudah bagi konsumen dalam mengetahui informasi sebuah produk
Modal yang dibutuhkan tidak sebesar membangun bisnis secara fisik
Bagi pelaku dan juga pemilik modal, lebih mudah untuk menerapkannya
Produksi dan spesialisasi beragam

Pada dasarnya, e-commerce dan e-business memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini akan dibahas tentang perbedaan antara keduanya, tapi pertama kita akan membahas tentang setiap pengertian e-business dan e-commerce.

Pengertian E-Commerce

Perbedaan E-Commerce dan E-Business
Perbedaan E-Commerce dan E-Business

E-Commerce adalah salah satu istilah yang paling dikenal saat kita berselancar dan juga berselancar di berbagai situs. Di era yang memprioritaskan pengembangan teknologi informasi saat ini, penggunaan E-commerce adalah salah satu hal yang sangat umum dan banyak ditemui, dan sudah suka menjadi bagian dari gaya hidup pengguna internet. Lalu, apa arti e-commerce sebenarnya?

Gagasan tentang e-commerce bukanlah standar, bagaimanapun, e-commerce berasal dari kata e yang merupakan singkatan dari electronic, dan commerce, yang berarti transaksi komersial. Bila digabungkan, maka e-commerce bisa disebut sebagai proses transaksi komersial dengan menggunakan fasilitas elektronik.

Sistem e-commerce mulai berkembang pesat di era 90an, saat jaringan komputer dan internet sudah mulai masuk ke masyarakat. Situs e-commerce pertama milik yahoo, dan beberapa situs lainnya.

E-commerce menawarkan banyak kebutuhan sehari-hari, melalui internet, yang tentunya sangat memudahkan pengguna dalam memperoleh kebutuhan dengan memanfaatkan manfaat jaringan komputer secara lebih luas.

Fitur - Fitur E-Commerce
Ada beberapa Fitur dari sebuah e-commerce. Berikut ini adalah beberapa fitur penggunaan e-commerce yang dirangkum dari berbagai sumber:

E-commerce menggunakan prinsip jual beli dan transaksi elektronik, seperti transfer dana, dana virtual money atau dana dalam bentuk uang asli menggunakan akun surat kabar.

E-commerce melayani proses pengalihan barang, yang dalam hal ini lebih populer dengan istilah proses jual-beli barang di situs e-commerce.

E-commerce memiliki prinsip jual-beli barang, dimana setiap situs e-commerce hanya berfokus pada aktivitas jual-beli barang saja, dan proses transaksi dan omset uang dari penjualan dan pembelian saja.

E-commerce bisa berupa situs web dengan alamat yang berdiri sendiri, atau model toko online yang menggunakan media sosial gratis.


Contoh E-Commerce
Untuk detail lebih lanjut tentang e-niaga, berikut adalah beberapa contoh e-niaga populer:

Ebay
Alibaba
Tokopedia
Lazada
Zalora

Baca juga: 7 Toko Online Terbaik Indonesia

Dan masih banyak lagi situs yang sesuai dengan kategori konten yang dijual oleh situs.
Dengan banyaknya jajaran situs web bereputasi yang basis e-commerce ini tentu saja manfaat toko online bagi penjual dan pembeli dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat. Hal ini tentu membawa dampak positif dalam pembangunan ekonomi juga.

Pengertian E-Business
e-business merupakan salah satu bagian dari pengembangan teknologi internet dan teknologi jaringan. Mungkin judul e-business ini masih belum sepopuler istilah e-commerce.

Namun, ternyata, bisnis elektronik, secara sadar tidak, memiliki peran penting bagi keseluruhan proses transaksi jual beli yang ada pada layanan e-commerce.

Ini karena layanan e-business adalah layanan bisnis, yang berarti memiliki cakupan area yang sangat luas, tidak hanya penjualan, tapi juga mencakup proses produksi, proses pemasaran dan pemasaran, jaminan purna jual, hingga pengembangan produk.

Perkembangan ini bisa dipasarkan melalui web perusahaan, dan di sinilah fungsi website untuk perusahaan selain menjadi sarana informasi dan pemasaran global bisa menjadi ide untuk mengembangkan produk dan fitur lain dari perusahaan untuk mendapatkan rekan kerja, tidak hanya dari pasar nasional dan bahkan internasional.

Baca juga: Fungsi Web Hosting, Pengertian Web

Secara umum, e-business adalah bentuk bisnis yang dikembangkan dan juga ditempatkan pada sistem elektronik (yang dalam hal ini adalah jaringan komputer dan jaringan internet).

Seorang pengusaha yang bermain di bidang e-business akan peduli dengan pengembangan bisnis melalui sistem jaringan komputer dan jaringan internet. Biasanya, sistem e-bisnis ini mencakup semua dalam satu, dimana keseluruhan proses transaksi, pemasaran, dan lain-lain menjadi satu.

Fitur - Fitur E-Business
Ada beberapa Fitur e-business yang bisa kita simpulkan. Berikut adalah beberapa Fitur dari bisnis elektronik:

E-business memiliki cakupan program yang lebih luas, tidak hanya fokus pada proses jual beli transaksi saja.
E-bisnis biasanya memiliki kantor pusat atau kantor perwakilan untuk mengelola semua bisnis elektronika yang dikembangkan.
E-business memiliki banyak fitur yang sangat komprehensif, mulai dari tim pemasaran, tim IT dan maintenance, dan sebagainya.
E-business dapat dilihat atau dipandang sebagai keseluruhan bagian dari sebuah situs yang menawarkan fasilitas e-commerce.

Beberapa contoh E-Business
Intinya, contoh e-commerce di atas bisa dimasukkan ke dalam e-business, karena memiliki struktur tersendiri. Ketika kita melihat keseluruhan sistem situs e-commerce, maka seluruh elemen situs e-commerce kita bisa masuk ke dalam e-business.

Perbedaan E-Commerce dan E-Business

Pada dasarnya, e-commerce dan e-business bisa dibedakan dengan sangat mudah. Hampir semua e-commerce adalah bagian dari e-business, jadi tidak salah lagi menyebut banyak toko online sebagai bentuk e-commerce atau e-business. Meski begitu, tetap ada perbedaan antara dua layanan internet yang ada di internet ini, yaitu:

E-business mencakup area yang luas, mulai dari pengembangan modal, sumber daya manusia, sumber teknologi, proses pemasaran dan pemasaran, manajemen kantor, proses audit, dan segala macam elemen lainnya. Sementara itu, e-commerce hanya berfokus pada proses jual beli atau keterasingan yang dilakukan melalui proses transaksi elektronik di suatu situs.

E-commerce adalah bagian kecil dari bisnis elektronik. Pepatah, jika kita buang sebagai tubuh manusia, e-bisnis adalah keseluruhan tubuh manusia, sedangkan e-commerce hanya tangan kiri atau tangan kanan manusia saja.

E-commerce hanya membutuhkan spesifikasi dan kemampuan analisis jga dalam hal penjualan dan transaksi saja. Sedangkan e-business membutuhkan pertimbangan matang dari berbagai aspek, mulai dari aspek pemasaran, produksi, dan lain sebagainya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan E-Commerce dan E-Business

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar