Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 20 November 2017

10 Contoh DBMS Relasion

10 Contoh DBMS Relasion - Kini sudah banyak vendor DBMS yang dikenal dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan dan juga pengguna untuk mengimplementasikan database ke dalam sistem yang mereka buat.

Setidaknya ada 3 leading venture yang saat ini mendominasi pasar DBMS, yaitu Oracle, MySQL, dan juga Microsoft SQL Server. Berikut adalah beberapa penjelasan singkat saat vendor DBMS:

1. Oracle
10 Contoh DBMS Relasion

Oracle adalah salah satu contoh DBMS yang sangat rumit, namun memiliki banyak kelebihan. Database Oracle sendiri pertama kali didirikan di era 1977, dimana pada saat itu mulai banyak vendor yang mencoba mengembangkan DBMS untuk keperluan apapun.

Oracle sekarang memiliki banyak generasi, versi terbaru dan terakhir dari Oracle Database ada di versi 11. Oracle sendiri adalah salah satu contoh database paling kompleks dengan fitur paling lengkap dibandingkan kedua pesaingnya, yaiu Microsoft SQL dan MySQL juga.

Berikut adalah beberapa keuntungan dari Oracle Database:

Memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan pengelolaan sistem database
Jumlah data dan juga angka yang dihandle sangat besar
Dapat mengolah data dengan cepat dan akurat
Miliki kemampuan untuk mengelompokkan server
Bisa melakukan User management
Multi-Platform
Pengolahan data cepat
Ini memiliki kemampuan kilas balik

Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh Oracle Database ini, Oracle Database menjadi salah satu vendor database terbaik, dan memiliki fungsionalitas paling komprehensif di banyak perangkat lunak DBMS lainnya di pasaran.

Ini sebenarnya wajar, mengingat harga jual yang ditawarkan oleh perangkat lunak ini termasuk mahal dan juga tinggi untuk ukuran DBMS. Ini karena technical support dimiliki, begitu pula fitur yang dimiliki sangat bagus dan juga bagus.

Namun, dengan spesifikasi dan juga fitur tinggi, ini juga mempengaruhi spesifikasi hardware yang dibutuhkan. Database Oracle memerlukan spesifikasi perangkat keras dan fungsi CPU yang tinggi untuk bekerja dengan baik dan bekerja sepenuhnya jika tidak dapat menyebabkan komputer hang atau aplikasi menjadi lambat.

Oleh karena itu, Oracle Database bukan jenis DBMS yang sesuai dengan anda yang merupakan pengusaha kelas menengah turun, atau badan kecil, karena biaya operasional database ini dianggap berlebihan bagi usaha kecil dan menengah.

Database Oracle jauh lebih pas dan juga cocok bila diterapkan pada instansi, organisasi atau perusahaan dengan skala besar, multicorporate dan juga memiliki server dan database yang sangat besar dan besar.

Baca juga: Pengertian Database Menurut Para Ahli

2. Microsoft SQL Server
Microsoft SQL Server adalah salah satu perangkat lunak DBMS yang dirilis oleh Microsoft, salah satu raksasa teknologi perangkat lunak dunia. Saat ini, penggunaan Microsoft SQL Server telah berkembang ke generasi ke-7 dan memiliki kemampuan untuk beroperasi pada 32 atau 64 bit.

Microsoft SQL Server menawarkan kemudhan dalam membangun sistem berbasis database, sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan dalam membuat sebuah sistem.

Bila dibandingkan dengan ORACLE, Microsoft SQL Server tidak terlalu rumit dan juga mudah digunakan. Selain itu, harga pembelian perangkat lunak ini tidak semahal Oracle, serta spesifikasi hardware yang dibutuhkan.

Beberapa keuntungan dari Microsoft SQL Server:
Bekerja sangat baik pada sistem operasi Windows
Mendukung banyak software database
Dapat membuat data clustering
Pengendalian database terpusat
Mudah digunakan oleh client dan juga user
Ini memiliki fitur pemulihan dan juga mengembalikan data
Sandi manajemen bagus dan aman
Bisa digunakan di berbagai kalangan
Bisa backup data

Dengan fitur seperti itu, Microsoft SQL Server mampu menawarkan fitur yang hampir mirip dengan Oracle, meski tidak selengkap dan sebesar Oracle, namun dengan harga yang lebih rendah. Beberapa fitur seperti pemulihan, keamanan, dan pengelolaan basis data juga hadir di Microsoft SQL Server.

Namun, sangat disayangkan karena Microsoft SQL Server hanya identik dengan sistem operasi windows saja, jadi tidak bisa diaplikasikan ke multi platform alias sistem operasi lain.

3. MySQL
MySQL adalah salah satu vendor DBMS yang saat ini banyak digunakan oleh banyak pengguna dan juga pemrogram. Salah satu hal yang membuat MySQL banyak digunakan adalah karena status opensource nya, alias gratis.

Karena ini gratis, begitu banyak sekolah atau universitas yang mengajarkan aplikasi berbasis MySQL kepada siswanya.

MySQL sendiri pada dasarnya memiliki konsep yang sama seperti kebanyakan DBMS lainnya, namun hanya mampu mengimplementasikan database dalam jumlah kecil, jauh berbeda dengan Oracle.

Sejarah singkat MySQL
MySQL sendiri pertama kali dibuat dan juga dikembangkan pada tahun 1979, oleh seorang programmer bernama Michael Widenius yang berasal dari Swedia.

Awalnya, MySQL dibuat dengan nama UNIREG, yang merupakan sistem pengolahan database sederhana. Dari pembuatan dan pengembangannya, pada akhir tahun 1995, MySQL dibentuk dan diluncurkan secara komersial.

Pada saat diluncurkan, MySQL dijual secara gratis alias Open Source, namun bagi anda yang ingin memiliki MySQL dengan kemampuan lebih, bisa membeli versi Enterprise dari MySQL.

Penggunaan MySQL sendiri lebih diarahkan pada penggunaan sistem secara umum, yang hanya membutuhkan sejumlah kecil data. Banyak digunakan untuk membuat sistem dengan antarmuka HTML yang terhubung ke jaringan lokal atau LAN, sehingga bisa diakses oleh pengguna yang terhubung di jaringan.

Biasa digunakan untuk kehadiran, dan berbagai keperluan, terutama di instansi atau perkantoran dengan kapasitas kecil hingga sedang.

Baca: 10 Kelebihan dan Kekurangan Mysql

4. IBM DB2
DB2 adalah sistem manajemen basis data yang menyediakan platform perangkat lunak basis data yang fleksibel dan hemat biaya untuk mengembangkan aplikasi bisnis. DB2 Universal Database (UDB) Enterprise Server Edition (ESE) adalah salah satu RDBMS terbaik.

IBM DB2 sangat cocok untuk aplikasi dengan beban kerja yang tinggi dan dioptimalkan untuk memberikan kinerja industri yang dapat menurunkan biaya. DB2 digunakan oleh banyak perusahaan asuransi besar.

5. SAP Sybase ASE
SAP Adaptive Server Enterprise (ASE), sebelumnya dikenal sebagai Sybase, adalah DBMS dengan kinerja tinggi, dengan fokus pada pengurangan biaya dan risiko operasional.

Sybase pernah menjadi salah satu DBMS terbesar di bawah Oracle dan DB2. Namun Sybase kehilangan prestise dan akhirnya dijual ke SAP dengan harga murah.

Database Sybase banyak digunakan di industri perbankan, seperti Wells Fargo Bank. Saat ini SAP Adaptive Server Enterprise (SAP Sybase ASE) dipasarkan sebagai sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi transaksional berperforma tinggi yang melibatkan data dalam jumlah besar - dan ribuan pengguna bersamaan. Singkatnya, database SAP / Sybase masih menjadi pemain penting.

6. Teradata
DBMS Teradata, memiliki tagline yang sangat menarik "Seiring dunia semakin kecil, datanya semakin besar," adalah untuk sistem database yang sangat besar "database Sangat Besar (VLDB)". Saat ini konsep VLDB telah beralih ke data Big Data Data-focused untuk pengambilan keputusan bisnis.

Banyak data skala pergudangan dan intelijen bisnis dari sistem besar yang didukung oleh Teradata. Database Teradata sering digunakan oleh perusahaan ritel besar dan perusahaan telekomunikasi.

Teradata menawarkan beberapa fitur unik: pengoptimal cerdas untuk memproses permintaan dan memfilter data untuk efisiensi dalam menanggapi permintaan apa pun, menerapkan kekuatan kueri ke data dinamis tanpa menambahkan kolom ke tabel Anda untuk menerima data baru.

7. ADABAS
Software AG dibuat oleh perusahaan Adabas. Adabas pernah menjadi basis data mainframe yang sangat kuat, sekarang berjalan di banyak platform, dan memberikan keandalan dan kinerja yang tinggi.

Software AG identik dengan sistem RDBMS untuk data besar dan dirancang untuk keandalan, kinerja tinggi dan biaya lisensi yang rendah.

Perangkat lunak DBMS ini tersedia untuk platform mainframe, Linux®, UNIX dan Windows (LUW). ADABAS terintegrasi dengan ALAMI, alat Pengembangan aplikasi Perangkat Lunak AG yang dikenal dengan kemudahan penggunaan, portabilitas lintas platform dan produktivitas pengembang.

8. FileMaker
FileMaker adalah perangkat lunak database # 1 terlaris yang mudah digunakan untuk Windows dan Mac OS. Namun, seiring dengan munculnya Microsoft Access, FileMake telah kehilangan daya saingnya di lingkungan Windows, yang memaksa FileMaker untuk membangun kekuatan di platform Mac.

FileMaker, Inc., sekarang merupakan anak perusahaan Apple, yang dapat mengamankan masa depan FileMaker yang didukung oleh kekuatan produk Apple. FileMaker Server memaksimalkan kinerja database dan meningkatkan keamanan database.

9. Microsoft Access
Microsoft Access adalah database aplikasi desktop DBMS yang paling umum digunakan di Windows. Apa yang membuatnya populer sudah termasuk dalam paket Microsoft Office pada sebagian besar laptop Windows dan workstation.

Meskipun fungsi utamanya dianggap sebagai database desktop, AKSES menjadi database populer untuk sistem internet, banyak e-commerce dan CMS didukung oleh database Access yang berjalan pada platform server web Microsoft IIS.

Baca juga: Pengertian E-Commerce

10. Informix
Informix adalah DBMS yang saat ini berada di bawah IBM, sebelumnya adalah database berorientasi objek yang paling menjanjikan. Ini karena database berorientasi objek suatu hari nanti akan menggantikan RDBMS tradisional (sistem manajemen basis data relasional), yang berarti Infomix bisa diambil alih oleh Oracle di dunia IT, tapi itu tidak pernah terjadi. J
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Contoh DBMS Relasion

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar