Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 02 November 2017

10 Etika Saat Menggunakan Komputer

10 Etika Saat Menggunakan Komputer - Kita tentu sering bermain komputer sehari-hari, baik di tempat kerja maupun media bersoasial, Apakah kita semua tahu jika pada saat bermain komputer ada etika?

10 etika dalam komputer ini bisa membantu kita semua, agar lebih bersahabat dengan komputer, dan juga tidak membahayakan kita dalam pemakainanya juga.

1. Jangan gunakan komputer untuk menyakiti orang lain
Dalam menggunakan komputer kita seharusnya tidak menyakiti orang lain, seperti menggunakan komputer untuk masuk ke bank, menggunakan komputer untuk membuat virus, menggunakan komputer untuk merusak sistem keamanan seseorang.

Baca juga: Ciri Ciri Komputer Terkena Virus

2. Jangan melanggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang lain
Bagi pengguna komputer, diharapkan tidak mengganggu dan menggunakan komputer untuk mengganggu hak orang lain, seperti membajak pekerjaan orang lain, memasang program yang tidak sah.

10 Etika Saat Menggunakan Komputer
10 Etika Saat Menggunakan Komputer

3. Jangan memata-matai file yang tidak berhak
Memata-matai, mengintai dan mengambil data milik orang lain yang tidak berhak, sebaiknya tidak dilakukan oleh pengguna komputer karena sangat berbahaya bagi orang lain dan aktivitas ini biasanya dilakukan oleh Crackers and Hacker yang tidak bertanggung jawab.

4. Jangan gunakan komputer untuk mencuri
Ini biasa digunakan oleh perampok dan pencuri yang menggunakan komputer untuk masuk ke sistem keamanan bank, dan digunakan oleh teroris untuk mencari dana dengan melanggar target identitas pribadi mereka.

5. Jangan gunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu
Menggunakan komputer untuk menyebarkan berita palsu dan bertentangan dengan fakta, dan menyebarkan informasi tentang seseorang yang semuanya bohong, dan cenderung melanggar hukum yang merusak nama baik seseorang.

6. Jangan duplikat atau gunakan software tanpa membayar
Hal ini biasa dilakukan oleh orang awam yang biasanya dengan tampilan duplikat perangkat lunak atau data orang yang tidak bersalah tanpa menyertakan sumber yang dimilikinya.

7. Jangan menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa sepengetahuannya
Jika kita ingin membuka komputer orang lain, kita diharapkan untuk meminta izin dari pemilik terlebih dahulu.

8. Jangan mencuri kekayaan intelektual orang lain
Ini seperti menduplikat perangkat lunak dan kemudian mereplikasi dan kemudian secara komersial.

9. Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang
Dalam membuat sebuah program kita harus menilai positif dan negatif, jika program kita membuat dampak yang lebih buruk kita sebaiknya berhenti membuat program.

10. Selalu pertimbangkan dan hormati orang lain saat menggunakan komputer
Dalam menggunakan komputer kita harus mempertimbangkan setiap sisi yang baik buruk, jangan sampai kita merugikan pihak lain.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Etika Saat Menggunakan Komputer

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar