Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 15 November 2017

10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access

10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access - Microsoft Access adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat database, format asli Microsoft Access sendiri adalah .mdb, format populer yang biasanya digabungkan dengan pengembangan Visual Basic 6.0, yang merupakan aplikasi yang dirilis oleh vendor yang sama, Microsoft.

Microsoft Access menjanjikan kemudahan dalam pengoperasian aplikasi dan kemudhan dalam perancangan database terintegrasi dengan bantuan wizard yang ada, dan template template untuk form dan query database itu sendiri.

Penggunaan Microsoft Access sendiri telah meluas, mulai dari pembuatan database sederhana hingga pembuatan database berskala besar. File proses Microsoft Access (mdb) hadir dengan fitur proteksi file database berupa password yang terintegrasi langsung dengan mdb fil, sehingga menjanjikan keamanan database yang dibuat.

10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access
10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access


Kelebihan Microsoft Access

1. Kemudahan pengoperasian aplikasi
Microsoft Access menjanjikan kemudahan pengoperasian perangkat lunak. Berbagai wizard dan bentuk template, query, laporan, disediakan untuk kemudahan penggunaan dan modifikasi.

2. Ada perancang tabel fitur visual yang mempermudah pengaturan struktur tabel secara visual
Perancang Tabel Visual mempermudah pengguna untuk dengan mudah membuat, mengedit dan menghapus tabel menggunakan perancang visual.

3. Mudah mengatur tabel relasi dan Query (SQL)
Dengan menggunakan Microsoft Access, kita bisa mengikuti hubungan (relationship) antar tabel dengan mudah. Dengan fitur yang disediakan akan memudahkan Anda dalam membuat skema relasi dan tabel SQL.

4. Mendukung query SQL
Microsoft Access mendukung pemanggilan database melalui fungsi bahasa pemrograman yang menggunakan dialek SQL. Ini berarti sintaks SQL standar seperti INSERT, SELECT, dll dapat digunakan dengan database Microsoft Access.

5. Terintegrasi dengan bahasa pemrograman Visual Basic (6.0)
Aplikasi Micrsoft Access ini terintegrasi dengan aplikasi Visual Basic Microsft terutama Visual Basic 6.0. Memang kebanyakan Ms Access database dibangun dengan Microsoft Visual Basic 6.0.

6. File database keamanan / sekuritas
Database MDB dikenal dengan perlindungan keamanan file database-nya. Password disediakan untuk mengamankan file database sehingga tidak bisa dibuka kecuali mengetahui passwordnya.

7. Mampu menampung database dengan jumlah yang cukup besar
Ms Acesss mendukung penyimpanan database dalam jumlah besar.

8. Form, Query, Table, dan Report disimpan dalam 1 file mdb terintegrasi
Access menyediakan fitur Query Design Grid, sebuah program berbasis visual untuk query SQL tanpa harus memahami pemrograman SQL.v

9. Menggunakan dialek bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic for Applications (VBA).
Microsoft Access menggunakan dialek yang sama dengan bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang merupakan dialek yang juga digunakan pada aplikasi Office lainnya seperti Word dan Excel. VBA adalah dialek populer yang mudah digunakan dan banyak sumber online dapat dicari.

10.Compatible dengan pemrograman database SQL (Structured Query Language).
VBA dan Macro dapat dikombinasikan untuk membuat bentuk dan logika dan menerapkan konsep pemrograman database berorientasi objek.

Kekurangan Microsoft Access

1. Aplikasi ini tidak gratis atau eksklusif
Aplikasi Microsoft Access bukan aplikais gratis, yaitu artinay untuk menggunakan software ini Kami harus membayar biaya lisensi perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi. Hal ini berbeda dengan aplikasi freeware atau opensource yang tidak digunakan lagi.

2. Orientasi database lebih ke penggunaan jaringan lokal dan menengah, dan bukan client-server
Arsitektur database Microsoft Access ditujukan untuk penggunaan lokal atau standalone dan jaringan media kecil sederhana dimana konsep client-server tidak digunakan.

3. Kemungkinan terjadinya tumbukan atau redundansi data dapat terjadi
Database Microsoft Access atau MDB sendiri memiliki kelemahan dimana arsitekturnya tidak semudah database lainnya seperti Oracle dan PHP. Tabrakan dan Redundansi bisa terjadi di database yang kita buat kapan saja. Oleh karena itu penting untuk memesan basis

4. Pengolahan file database maksimal adalah 2 GB
Database yang bisa diolah oleh Microsoft Access dibatasi sampai 2 GB, tentunya ini adalah kelemahan dimana database Microsoft Access tidak bisa digunakan untuk menyimpan transaksional yang sangat besar.

5. Tidak adanya Stored Procedure buffer support
Prosedur tersimpan adalah skrip atau fungsi blok berisi sekumpulan skrip yang membentuk fungsi tertentu. Stored Procedures digunakan oleh aplikasi database pada umumnya untuk menyederhanakan kerja dengan pengelolaan data, dimana fungsi yang paling umum digunakan dalam suatu sistem basis data dapat dijadikan basis data sehingga tidak perlu membuat skrip pada setiap bagian yang membutuhkannya.

6. Bukan aplikasi RDBMS yang murni
Harus dipahami bahwa Microsoft Access bukanlah aplikasi RDBMS murni yang berarti bahwa kemampuan RDBMS murni tidak diturunkan ke aplikasi ini.

7. Tidak mendukung multithreaded
Multithread adalah teknologi yang diklaim mampu menjalankan beberapa proses sekaligus. Dalam konteks database, multithread bisa berarti kemampuan yang memungkinkan banyak pengolahan data sekaligus.

8. Pengolahan data tidak secepat database berbasis web
Karena Microsoft Access menggunakan file sebagai media penyimpanan datanya, proses pengelolaan basis data tidak secepat database berbasis web seperti MySQL, SQL Server. File yang digunakan oleh Microsoft Access untuk media penyimpanan dasar adalah MDB (Microsoft Database).

9. Arsitektur keamanan yang ada belum sebagus aplikasi kelas SQL Server atau MySQL
Aplikasi Microsoft Access tidak memiliki arsitektur keamanan serta aplikasi database kelas SQL Server dan MySQL.

10. Bukan aplikasi server database
Meski Microsoft Access adalah aplikasi RDBMS, namun tidak dalam kategori aplikasi Server Database, sehingga penggunaannya tidak bisa disamakan dengan penggunaan aplikasi database seperti database server.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar