Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 20 November 2017

10 Kelebihan dan Kekurangan MySQL

10 Kelebihan dan Kekurangan MySQL - Salah satu software yang merupakan vendor dari DBMS adalah MySQL. Bagi anda yang sering melakukan pengolahan dan juga pengelolaan Basis Data, tentunya sudah sangat mengenal software DBMS yang satu ini.

Ya, MySQL adalah salah satu jenis vendor software provider DBMS, yang saat ini banyak digunakan, terutama untuk melakukan pengelolaan dan pengolahan database di agensi atau perusahaan kecil. MySQL adalah salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin menerapkan manajemen database dalam lingkup kecil.

Baca juga: Pengertian Sistem Basis Data Menurut Para Ahli

Sebagai salah satu perangkat lunak yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, MySQL memiliki banyak kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dan kelebihan DBMS MySQL:

10 Kelebihan dan Kekurangan MySQL
10 Kelebihan dan Kekurangan MySQL


Kelebihan MySQL


Adalah salah satu software portable
MySQL memiliki keunggulan pertama, yaitu salah satu jenis software yang protable, software portable berarti MySQL dapat dijalankan untuk mengolah database multi platform.

Sistem operasi Windows, Linux, Mac, dan sebagainya bisa menggunakan DBMS MySQL ini, jadi ini membuat MySQL lebih baik dalam hal efisiesnsi dan juga fungsionalitas yang lebih baik.

MySQL adalah salah satu opensource DBMS
Keuntungan utama dari MySQL adalah gratis. Ya, MySQL dengan versi paling dasar atau sederhana dijual dengan harga gratis, karena itu adalah perangkat lunak open source.

Namun, meski merupakan software opensource, MySQL sudah memiliki lisensi GPL, jadi tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain itu, bagi anda yang membutuhkan lebih banyak fungsi daripada MySQL, Anda bisa membeli versi enterprise, atau membeli kode sumber yang ditawarkan oleh MySQL dengan harga yang cukup terjangkau, bila dibandingkan dengan Oracle.

Multi-User
Sama seperti program DBMS lainnya, walaupun ini adalah perangkat lunak open source, MySQL memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mendukung minat mulstiuser, yang dapat dijalankan oleh banyak pengguna sekaligus tanpa perlu mogok dan semacamnya.

Memiliki tipe data variabel
Tipe data yang ditawarkan oleh MySQL juga sangat bervariasi. Beberapa tipe data yang ditawarkan oleh MySQL adalah integer, float, double, char, text, date, timestamp dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai tipe data yang didukung oleh MySQL, maka software ini merupakan salah satu jenis software yang sangat berguna untuk kebutuhan DBMS.

Memiliki fitur keamanan yang baik
Keunggulan lain dari MySQL adalah fitur keamanannya yang cukup bagus, apalagi dengan status open source, alias gratis, fitur keamanan yang ditawarkan oleh software ini adalah sanga mumpuni.

Alat administrasi lengkap
Alat administrasi yang ada di software ini pun sudah cukup lengkap. Pengguna dan juga pemrogram bisa menggunakan MySQL dengan mudah, tanpa harus repot-repot belajar MySQL secara detail.

Struktur tabel yang fleksibel
Struktur data yang dimiliki oleh MySQL juga dinilai lebih fleksibel dan juga mudah digunakan. Hal ini terutama untuk menangani table alter table.

Bisa diintegrasikan dengan berbagai bahasa pemrograman
MySQL juga bisa diintegrasikan dengan berbagai macam bahasa pemrograman. Dengan begitu, MySQL dapat membantu pengembangan sistem dengan mudah dan juga efektif, karena bisa diintegrasikan dengan berbagai macam bahasa pemrograman standar yang bisa digunakan dalam pembangunan suatu sistem.

Tidak memerlukan spesifikasi perangkat keras yang tinggi
Salah satu hal menarik yang ada di MySQL adalah spesifikasinya. Agar bisa menjalankan program MySQL ini, ia tidak memerlukan spesifikasi minimal komputer yang tinggi, sehingga PC atau laptop tetap bisa menggunakan software MySQL ini dengan baik tanpa menemui kendala dan permasalahan mengenai spesifikasi.

RAM kecil bisa menggunakannya
Ram komputermu kecil? Jangan khawatir DBMS yang satu ini memiliki kelebihan yang bisa dipasang di ram relatif kecil bila dibandingkan dengan database lainnya. Tidak diragukan lagi, hanya dengan <1gb memori Anda bisa menggunakan DBMS ini.

Salah satu cara agar laptop tidak lambat saat Anda belajar pemrograman adalah dengan menggunakan DBMS ini sebagai solusi.

Kekurangan dari MySQL

Meski memiliki banyak kelebihan, terutama karena merupakan salah satu program atau software opensource, ternyata MySQL juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan MySQL:

Sulit diaplikasikan ke intansi atau perusahaan dengan database besar
Karena merupakan salah satu jenis DBMS yang ramah terhadap spesifikasi komputer, maka MySQL juga memiliki fitur yang tidak selengkap dengan Oracle.

Hal ini terkait dengan implementasi DBMS yang dilakukan, dimana MySQL tidak mampu atau meragukan kemampuannya dalam melakukan pengelolaan database degan jumlah data yang besar. Jadi tidak cocok untuk mengajukan permohonan ke agensi atau perusahaan besar.

Kurang dukungan
Dukungan teknis dari MySQL juga dinilai tidak baik. Ini mungkin terkait dengan open source yang dimiliki oleh MySQL. Hal ini membuat pengguna akan mengalami kesulitan dalam menghubungi technical support search MySQL bila dihadapkan dengan masalah atau masalah saat menggunakan software ini.

Tidak populer untuk aplikasi game dan mobile
Sayangnya DBMS mysql ini sangat kurang digunakan untuk aplikasi aplikasi Game and Mobile. Jadi jika Anda ingin mengembangkan kedua jenis aplikasi ini, MYSQL bukanlah teman yang tepat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar