Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 20 November 2017

10 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

10 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database - Database merupakan salah satu elemen penting yang harus dipahami oleh programmer dan pengguna dalam membangun sistem komputer.

DBMS atau Database Management System adalah perangkat lunak yang digunakan dan juga diterapkan untuk membantu melakukan pengelolaan database alias database dari suatu perusahaan atau instansi, dan menerapkan dan mengimplementasikan database ke dalam sistem komputer.

Salah satu Vendor DBMS yang sudah sering membantu pengguna dan juga pemrogram dalam mengimplementasikan Database ke dalam sebuah sistem adalah Oracle.

Baca lebih lengkap: Pengertian Database Menurut Para Ahli

Sejarah singkat Oracle
Oracle adalah salah satu dari sekian banyak vendor perangkat lunak di bidang DBMS, yang saat ini berdiri selama kurang lebih 40 tahun, nubuat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar yang menyediakan layanan perangkat lunak DBMS yang banyak digunakan oleh banyak orang dan pengguna.

Oracle pertama kali didirikan pada tahun 1977, yang pada tahun itu, oracle berhasil menciptakan sistem pengolahan database yang mengolah data dalam jumlah sangat besar, yang terdiri dari jumlah data dan juga jumlah yang sangat besar, yang pada saat itu jarang terjadi. dilakukan oleh banyak pengguna.

Pembentukan Oracle dan juga sistem database-nya, memungkinkan pengguna atau pemrogram menjadi lebih mudah dalam mengolah databse yang ada, meski memiuliki jumlah data dan juga banyak angka.

Tahun-tahun berikutnya, Oracle mulai mengembangkan sistemnya, dan menjadi salah satu vendor DBMS terdepan di dunia.

Oracle Version 1 menggunakan bahasa Assembly, yang kemudian diganti dengan menggunakan SQL, yang kemudian menggantikan fungsi RDBMS atau sistem manajemen basis data relasional.

Pada tahun 1986, Oracle mulai Go Public, dan tahun berikutnya tercatat sebagai perusahaan besar di dunia.

Sampai tahun 2010, Oracle telah melahirkan versi 11g dengan rilis 2 untuk membantu meningkatkan efisiensi pelaksanaan pengolahan database, dan juga menurunkan biaya implementasi TI di sebuah agensi.

Baca: 10 Contoh DBMS Relasion

Kelebihan dari Oracle Database

10 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database
10 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

Tidak mengherankan, ORACLE adalah salah satu vendor terkemuka dalam aplikasi sekaligus penerapan sistem databse. Ini karena Oracle Database memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa keuntungan dari Oracle Database:

1. Memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan pengelolaan sistem database
Kelebihan dari Oracle Database pertama ini mampu melakukan sistem pengelolaan data dengan baik. Hal ini memungkinkan pengguna atau programmer yang menggunakan Oracle Database dapat melakukan pengelolaan database dengan baik dan juga sempurna.

2. Jumlah data dan juga angka yang dihandle sangat besar
Sesuai dengan sejarah yang telah tertanam oleh Oracle pada awal berdiri, sistem Oracle Database mampu menangani data dan juga angak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga penggunaan Oracle Database sangat efektif untuk diinvestasikan pada perusahaan - skala besar. dan multicorporate.

Dengan penggunaan Oracle Database, maka semua data yang dimiliki oleh perusahaan besar mampu menangani dengan mudah dan juga cepat.

3. Dapat mengolah data dengan cepat dan akurat
Pengolahan data yang bisa dilakukan oleh Oracle Database adalah salah satu pengolahan data yang cepat dan juga akurat.

Yang penting adalah, Anda sebagai pengguna atau programmer yang menggunakan Oracle Database mengerti cara mengoperasikannya, maka hasil pengolahan data akan muncul secara akurat tanpa adanya kesalahan.

Selain tu, berkat spesifikasi timah Oracle, sistem manajemen basis data ini juga bisa bekerja lebih cepat daripada sistem DBMS lainnya.

4. Miliki kemampuan untuk mengelompokkan server
Ini adalah keuntungan dari Oracle Database, yang mungkin bukan milik vendor DBMS lainnya. Database Oracle mampu mengimplementasikan database manemen yang bersumber dari beberapa server, atau dalam hal Database Oracle disebut sebagai Cluster Server Technology.

Hal ini memungkinkan Oracle Database untuk melakukan pengelolaan data menggunakan lebih dari 1 server. Jika sebuah agensi memiliki 50 server, maka Oracle Database mampu mengolah semua data yang dimiliki oleh 50 server yang aktif, tanpa gangguan sama sekali.

5. Bisa melakukan User management
Database Oracle juga memiliki kelebihan lain, yaitu mampu melakukan user management. Hal ini berkaitan dengan pembatasan hak istimewa yang dimiliki oleh pengguna, sehingga Anda dapat melakukannya dengan menggunakan Oracle Database.

6. Multi-Platform
Multi platform, berarti Oracle Database dapat digunakan pada berbagai platform. Tidak seperti Microsoft SQL Server yang hanya bisa digunakan pada Sistem Operasi Windows saja, maka Oracle Database dapat beroperasi pada Sistem Operasi lain, seperti Mac, dan juga Linux.

7. Pengolahan data cepat
Keunggulan utama dari sistem database yang disediakan oleh Oracle Database adalah pengolahan pengolahan data yang cepat. Ini akan membantu meningkatkan efisiensi waktu sebuah agen, dan membuat biaya implementasi TI lebih kecil.

8. Memiliki kemampuan kilas balik
Flashback adalah kemampuan melakukan restore pada database yang kebetulan mengalami error, seperti mengalami power failure. Saat Anda melakukan manajemen database, pekerjaan yang telah Anda lakukan akan tersimpan secara otomatis, sehingga bila mengalami masalah dengan komputer atau matikan, pekerjaan anad bisa dipulihkan kembali dengan menggunakan fitur flashback ini.


Kerugian dari Oracle Database

Meski memiliki banyak kelebihan dibanding software DBMS lainnya, namun ternyata Oracle Database juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari Oracle Database:

1. Harga perangkat lunak DBMS tinggi dan mahal
Kelemahan pertama dari Oracle Database adalah masalah harga jual. Bila dibandingkan dengan perangkat lunak DBMS lainnya, Oracle Database adalah perangkat lunak DBMS dengan nilai tertinggi dan paling mahal. Ini akan menjadi berlebihan jika Anda tidak memerlukan spesifikasi perangkat lunak DBMS yang tinggi, seperti Oracle Database.

2. Spesifikasi perangkat keras minimum yang tinggi
Karena memiliki jumlah fungsi yang sangat besar, dan juga kemampuan yang sangat tinggi dalam melakukan pengelolaan dan pengolahan database, maka hal ini akan mempengaruhi spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh komputer dalam menjalankan perangkat lunak Oracle Database.

Tidak semua PC kantor biasa bisa menjalankan database Oracle dengan baik, karena memerlukan spesifikasi PC yang cenderung tinggi.

3. Tidak cocok diterapkan pada perusahaan atau instansi kecil
Harga yang mahal dan juga spesifikasi tinggi. Tentu hal ini membuat Oracle Database menjadi sangat tidak cocok untuk digunakan oleh perusahaan atau badan kecil dan menengah. Spesifikasi dan fitur Oracle Database terlalu tinggi untuk diimplementasikan di database perusahaan kecil atau menengah atau agensi.

4. Rumit dalam menerapkannya
Database Oracle juga kurang, terutama dalam hal operasi. Agar bisa menerapkan Oracle Database, pengguna atau programmer harus benar-benar memahami cara kerja Oracle Database. Hal ini disebabkan tingginya fitur, membuat Oracle Database juga membutuhkan operator berpengalaman dalam mengimplementasikan manajemen basis data.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Oracle Database, bersamaan dengan sejarah singkat Oracle Database. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar