Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 16 November 2017

10 Kelebihan Sistem Basis Data Secara Umum

10 Kelebihan Sistem Basis Data Secara Umum - Keunggulan sistem database dibandingkan dengan sistem konvensional cukup banyak. Pemanfaatan basis dalam perancangan sistem dapat dilakukan untuk berbagai pengembangan sistem informasi dan bisnis.

Inilah beberapa keuntungannya.

Efisiensi pengambilan dan permintaan serta transmisi data
Keunggulan menggunakan sistem database pertama adalah kemunculan suatu efisiensi proses lalu lintas data dalam suatu sistem, atau suatu jaringan.

Dengan menggunakan sistem database, proses permintaan, proses transmisi, dan juga proses penerimaan data akan jauh lebih cepat dan juga efisien.

Hal ini tentunya akan sangat membantu siapapun yang menggunakan sistem database menjadi lebih mudah dan juga menjadi lebih cepat dalam mendapatkan informasi.

Data yang digunakan bisa digunakan dan digunakan oleh banyak pihak
Database yang tersimpan di bank data atau server hanya akan diakses oleh administrator server hanya jika tidak diimplementasikan dalam sistem database. Hal ini tentu saja sangat mempersempit fungsi utama data yang berada di database.

Dengan sistem database, maka semua data yang terdapat dalam data bank atau server dapat dilanjutkan dan diatur sedemikian rupa, agar bisa dimanfaatkan oleh berbagai pihak, termasuk pengguna.

Jadi, dengan adanya sistem database ini, semua data dan juga informasi yang terdapat dalam database tidak akan berlebihan, dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkannya.

Pengendalian dan pengawasan data terpusat
Keuntungan berikutnya dari sistem basis data adalah proses pengendaliannya yang lebih efisien. Proses pengendalian ini meliputi fungsi pengawasan dan juga fungsi pemeliharaan data yang telah tersimpan dalam database tesebut.

Dengan adanya sistem basis data, semua bentuk pengendalian dan pemantauan kondisi data dan lalu lintas data juga dapat lebih mudah dikendalikan dan dipantau, karena sistem basis data mencakup kontrol terpusat, yang dapat dipantau hanya dengan satu program DBMS.

10 Kelebihan Sistem Basis Data Secara Umum
10 Kelebihan Sistem Basis Data Secara Umum


Efisiensi penyimpanan, dan ruang penyimpanan, baik fisik maupun virtual
Keunggulan selanjutnya, sistem database tentunya akan sangat membantu jika Anda memiliki kapasitas atau penyimpanan terbatas.

Dengan sistem database, maka Anda bisa melakukan pengelolaan data yang ada di database, yaitu dengan cara mengurangi, menambah dan juga membuat setting lain ke data anda.

Selain itu, dengan adanya sistem database yang baik, Anda tidak perlu menyimpan data - data secara fisik, seperti tanda terima penjualan, atau data fisik lainnya yang bisa membuat gudang Anda penuh dengan arsip.

Penggunaan tipe dan juga informasi data yang akurat
Sistem database juga memiliki kelebihan penting lainnya, yaitu penggunaan jenis dan juga informasi data yang akurat. Dengan sistem database, yang memungkinkan Anda mengendalikan semua data Anda, ini akan membantu Anda dalam melihat jenis lalu lintas data yang sedang berjalan, dan sudah berjalan.

Ini juga sangat berguna bagi pengguna, di mana mereka akan mendapatkan informasi sesuai dengan tingkat masukan atau query yang mereka gunakan untuk mencari.

Bisa melakukan pengelolaan database kapan saja
Bagi proframmer atau administrator, penggunaan sistem database sangat penting, karena bisa membantu mereka dalam proses pengelolaan database.

Hal ini tentu saja akan menyebabkan proses manajemen ke database menjadi lebih cepat, efisien dan juga lebih mudah dikendalikan.

Jika tidak ada sistem database, bisa dibayangkan betapa rumitnya administrator harus melakukan pengelolaan data yang tersimpan dalam database.

Keamanan dan juga proteksi data yang tinggi
Anda juga tidak perlu khawatir dengan penyusp yang bisa melakukan pemutusan data Anda. Sistem database biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan tersendiri.

Minimal, sistem database menggunakan fitur keamanan yang bisa diakses menggunakan password atau PIN. Ini akan membantu mencegah tangan yang tidak bertanggung jawab yang cenderung masuk dan juga meng-hack data dan informasi penting yang Anda miliki.

Setiap data yang terdapat dalam database bisa langsung digunakan, tanpa repot melakukan utak terlebih dahulu
Dengan sistem database, maka semua data sudah siap untuk digunakan.

Teknisi dan administrator hanya perlu memilah data mana yang akan ditampilkan, dan data mana yang tidak boleh diakses atau memerlukan kata kunci tertentu.

Seperti restoran, maka sistem database bisa disamakan dengan restoran fast food, yang bisa bekerja cepat dalam menyajikan makanan untuk Anda.

Data yang disimpan di gudang atau server bersifat independen
Data independen berarti bahwa semua data yang terdapat dalam database tidak akan berubah kecuali jika perubahan dilakukan terhadap data itu sendiri.

Misalnya, ketika kita akan memberikan informasi dan informasi tambahan kepada pengguna dengan menggunakan sistem database, maka tidak akan menjadi komposisi komponen dan format yang digunakan pada database asli.

Otentikasi pengambilan data yang lebih jelas dan terstruktur dengan baik
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, faktor keamanan dalam suatu sistem basis data akan membuat data tidak mudah pecah.

Hal ini terkait erat dengan proses otentikasi yang harus dilalui oleh pengguna atau administrator dalam mengakses sistem database.

Dengan adanya sistem database, saat ini tidak diperlukan sistem operasi yang konvensional dan berbahaya. Berikut adalah beberapa software dbms yang bisa digunakan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Kelebihan Sistem Basis Data Secara Umum

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus