Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 30 November 2017

20 Cara Mengecek Harddisk Rusak

20 Cara Mengecek Harddisk Rusak - Harddisk adalah media penyimpan data yang sangat vital untuk pengoperasian komputer. Fungsi hard disk pada komputer hanyalah tempat menyimpan data - data pengguna.

Tidak bisa dipungkiri bisa jadi saat dimana Anda ingin melakukan pekerjaan di komputer, Anda merasa ada yang salah dengan komputer Anda. Bila Anda ingin menjalankan perintah, atau membuka file tertentu, komputer Anda mogok tiba-tiba, atau program yang ingin Anda buka menjadi tidak merespons. Terkadang juga Anda akan merasa komputer Anda terasa lebih lambat dari biasanya.

Baca: Cara Mengatasi Laptop Lemot

Masalah ini bisa terjadi karena ada masalah di harddisk anda. Ini mungkin merupakan tanda karakteristik hard drive yang dibuang. Dan untuk memastikan bahwa Anda perlu memeriksa hard drive Anda rusak atau tidak. Disini saya akan membahas tentang cara mengecek hardisk atau tidak pada windows dengan mudah.

Bagaimana cara memeriksa kerusakan harddisk pada windows 7?
20 Cara Mengecek Harddisk Rusak
20 Cara Mengecek Harddisk Rusak

Anda bisa mengecek masalah harddisk pada windows 7 dengan menggunakan alat Disk Check. Disk Check dapat mengidentifikasi dan secara otomatis memperbaiki kerusakan sistem pada file dan memastikan hard drive Anda bekerja dengan benar.

Anda bisa menggunakan Disk Check di Windows 7 tidak hanya di hard disk lokal tapi juga pada removable media seperti flash disk, kartu memori atau hard drive eksternal. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa mengecek harddisk Anda yang rusak atau tidak.

Perlu diingat jangan lupa untuk memastikan Anda menutup semua aplikasi dan program dan file yang Anda gunakan sebelum memulai alat Disk Check.

Berikut cara menggunakan Disk Check di Windows 7.

1. Klik kanan pada ikon Start Windows.

2. Pada menu jalan pintas, klik Open Windows Explorer.

3. Di panel navigasi, klik Computer untuk menampilkan semua perangkat penyimpanan memori yang Anda gunakan. Ini akan ditampilkan di panel kanan.

Klik kanan pada drive yang ingin Anda periksa.

5. Setelah itu klik properties.

6. Kemudian klik Tools Tab.

7. Klik tombol cek sekarang.

8. Di jendela Check Disk <disk name>, pilih automatic system fix file system error check box.

Catatan: Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan hard disk lebih rinci, Anda dapat memilih untuk memeriksa pemindaian hutan dan pemulihan sektor buruk. Namun, Anda harus melakukan ini jika Anda sudah tahu masalah pada perangkat keras nya.

Dengan memilih opsi ini akan membuat pengecekan harddisk ini berjalan sangat lama. Untuk cek pertama saya sarankan untuk tidak memilih opsi itu.

9. Klik Start (Mulai)

10. Jika hard drive yang ingin Anda periksa sementara digunakan, dan ini adalah hard disk pada sistem Anda, maka akan muncul kotak dialog yang berisi pesan peringatan. Untuk melanjutkan silahkan pilih schedule disk check. Ini akan membuat pengecekan disk dimulai setelah restart berikutnya.

11. Tutup semua program yang terbuka dan restart di komputer Anda. Memeriksa hard drive akan dimulai secara otomatis sebelum startup Windows berikutnya dan hasilnya akan ditampilkan setelah proses pengecekan selesai.

12. Jika Anda tidak memilih untuk memeriksa sistem Anda, Anda tidak perlu mematikan komputer Anda. Namun, jika hard disk sedang digunakan.

Dalam hal ini Anda masih akan menerima pesan yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya. Setelah itu simpan semua file dan tutup semua program yang terbuka, lalu klik force dismount.

13. Proses pengecekan akan segera dimulai. Dan begitu prosesnya selesai, hasilnya akan ditampilkan. Ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah harddisk anda rusak atau tidak.

Bagaimana cara memeriksa kerusakan hard disk pada Windows 8/10.?
Pengguna Windows 8/10 harus memperhatikan bahwa alat Disk Error checking pada OS ini sedikit berbeda dengan versi windows sebelumnya.

Untuk windows 10/8 hard drive secara berkala memeriksa secara otomatis untuk menemukan masalah seperti kesalahan sistem, bad sector, lost clusters dan lainnya. Anda tidak harus selalu menjalankan Disk Check untuk mengetahui masalahnya pada hard disk.

Windows 8 akan menunjukkan masalah pada hard disk melalui Action Center, atau di bawah Drive Properties di File Explorer. Jika ditemukan masalah yang mungkin terjadi, Anda akan diberitahu melalui sistem komputer. Meski begitu Anda masih bisa melakukan pengecekan manual jika menginginkannya.

Pada Windows 7, memeriksa hard drive pada drive sistem dan pada drive yang sedang digunakan untuk membuka file atau folder dilakukan dengan menggunakan fitur check up dari hard drive yang dijadwalkan setelah restart.

Namun, pada Windows 8, pengecekan akan segera dimulai, bahkan pada sistem penggerak, dan tidak lagi membutuhkan restart. Hanya jika beberapa masalah ditemukan, Anda harus me-restart untuk memperbaiki masalah.

Berikut adalah langkah - langkah untuk melakukan pemeriksaan manual untuk kerusakan hard disk pada Windows 8/10.

1. Untuk mulai memeriksa, klik kanan pada drive yang ingin Anda periksa dan pilih properties.

2. Selanjutnya, klik tab Tools dan di bawah Error Checking, klik tombol Check. Opsi ini memeriksa hard drive Anda untuk kesalahan sistem pada hard drive. Jika tidak ada masalah ditemukan, Anda akan mendapatkan pesan yang menyatakannya.

3. Klik Scan Drive untuk memeriksa kondisi Harddisk.

4. Maka proses pengecekan akan dimulai.

5. Setelah proses pengecekan selesai Windows akan menampilkan pesan yang isinya akan menunjukkan kondisi harddisk anda.

6. Jika ada masalah atau kerusakan, Restart komputer Anda untuk memperbaiki sistem file yang rusak. Anda bisa restart tak lama kemudian, Anda juga bisa menjadwalkannya lagi jika Anda tidak ingin segera restart.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kerusakan hard disk, dan salah satu faktor penyebabnya adalah penyalahgunaan penggunaan pengguna.

Untuk bisa menyelesaikan salah satu masalah error pada hard disk setelah dikenali bisa menggunakan disk Defragmenter.

Defragment Tool ini akan membantu hardisk memberikan performa terbaik dari harddisk.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 20 Cara Mengecek Harddisk Rusak

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar