Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 20 November 2017

5 Fungsi Database Secara Umum dalam Komputer

5 Fungsi Database Secara Umum dalam Komputer - Database adalah kumpulan informasi yang tersimpan di komputer secara sistematis, sehingga mudah diakses oleh program komputer untuk mendapatkan informasi data. Perangkat lunak ini akan memanggil query database (DBMS).

Penggunaan kata database sekarang tidak hanya di dunia komputer, telah berkembang melampaui bidang komputer.

Secara umum, konsep dasar data adalah kumpulan catatan, potongan pengetahuan yang disusun secara sistematis dan teratur yang memiliki penjelasan, atau disebut skema. Skema menggambarkan objek yang ditunjukkan oleh database dan ada hubungan antara objek.

Lebih lengkap: Pengertian Database Menurut Para Ahli

Struktur Database
5 Fungsi Database Secara Umum dalam Komputer
5 Fungsi Database Secara Umum dalam Komputer

Ada banyak cara untuk mengatur skema, atau model struktur database atau yang dikenal sebagai model database. Umumnya menggunakan model relasional, yang mewakili semua informasi dalam bentuk tabel yang saling berhubungan di setiap tabel yang terdiri dari baris dan kolom. Model relasional memungkinkan antar tabel terwakili dengan nilai yang sama antar tabel.

Sementara model hirarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih terbuka untuk menunjukkan representasi hubungan antar tabel.

Basis data memungkinkan data pada server komputer secara terpadu dan antara pengguna komputer yang berbeda terhubung ke server melalui internet atau secara langsung. Sistem ini memudahkan komunikasi antar komputer dimana asalnya terhubung ke jaringan internet dan memiliki akses ke server.

Fungsi database

Dalam kehidupan sehari-hari transfer uang melalui internet banking, membeli tiket pesawat, membayar uang kuliah di kampus adalah hal yang biasa, sudahkah kita mengira dimana data kita disimpan? Database adalah sarana penyimpanan data kita di komputer server.

Database berfungsi seperti perpustakaan yang menyimpan beberapa buku dari berbagai kategori, dimana satu buku menyimpan data, dari judul buku, nama penulis, ringkasan konten, penerbit, tahun penerbitan, dll.

Demikian pula, dalam informasi toko database suatu objek di mana data terkandung fragmen Jika informasinya adalah profil orang, maka data yang disimpan adalah nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, umur, no ID.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

Di dunia komputer, database dibutuhkan sebagai sistem yang memproses dan menyimpan informasi secara sistematis dan memiliki keakuratan yang tinggi.

Sejumlah perusahaan sekarang mengandalkan database sebagai tulang punggung bisnis mereka, seperti perusahaan perbankan, penyedia tiket online, sekolah, dll. Hampir industri di dunia menggunakan teknologi database sebagai aplikasi dan sistem bisnis mereka.

Fungsi database adalah sebagai berikut:
Mengelompokkan data untuk memudahkan identifikasi data, database untuk menyiapkan data sesuai dengan permintaan pengguna terhadap informasi secara cepat dan akurat.

Melalui perangkat lunak pengguna Sistem Manajemen Database (DBMS) dapat mencari profil informasi pelanggan dalam hitungan detik, DBMS akan menyajikan data lengkap tentang profil yang diminta.

Menghindari duplikat data dan inkonsistensi data, perangkat lunak DBMS sebagai perangkat lunak untuk menjalankan database komputer memiliki kemampuan menginformasikan pengguna pada saat input data jika data yang akan diinputkan sudah ada dalam database.

Data duplikasi dalam database dimungkinkan, karena database dapat diakses dari beberapa komputer dari berbagai tempat yang terhubung ke sistem database.

Kemudahan akses, penyimpanan data, pengeditan dan penghapusan data User / admin pemegang otoritas database dengan mudah melakukan pengeditan data yang salah saat masuk dengan data terbaru, atau menghapus data palsu / salah dengan cepat, serta menghapus data.

Mempertahankan kualitas data dan informasi yang sesuai sehingga data tetap sama pada saat masuk dan setelah masuk, data tidak rusak atau hilang saat penyimpanan di database. Perangkat lunak data memiliki peran penting dalam menjaga data, terutama dari risiko kerusakan data selama penyimpanan.

Memecahkan masalah penyimpanan data konvensional yang memakan ruang database konvensional berbasis kertas sangat memakan ruang, pemilik data harus memiliki cukup ruang untuk memuat data, dengan teknologi database, data di atas kertas dapat ditransfer ke file digital dan disimpan. di server database.

Mendukung aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan. Hampir semua aplikasi modern membutuhkan ruang yang besar untuk menjalankan fungsinya secara optimal, disini peran database sebagai penyedia ruang untuk menyimpan aplikasi data dan sistem komputer.

Teknologi Basis Data
Teknologi database terus berkembang pesat untuk memperbaiki fungsinya sebagai pendukung aplikasi enterprise dan sistem komputer serta institusi besar. Sekarang telah menerapkan teknologi mirroring database, dimana data yang tersimpan dalam database di duplikat pada database server di tempat lain tanpa menurunkan kualitas data.

Tujuan dari backup ini adalah untuk mempersiapkan data backup jika primary database server crash / crash. Teknologi mirroring database telah banyak diterapkan di situs penyedia layanan penyimpanan file di internet, seperti layanan Google Drent, Dropbox, dan industri strategis untuk melindungi data klien atau klien mereka.

Tujuannya adalah untuk memastikan integritas data dari pelanggan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Database menjadi modal utama perusahaan besar yang melayani sejumlah besar anggota (Facebook) dan mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Google memiliki layanan streaming video dan penyimpanan data, mesin telusur Google Drive dan Google.

Ketiga layanan ini sangat membutuhkan perangkat lunak database keandalan, untuk mengakses layanan ini dari seluruh dunia, dan sekaligus bisa mengakses database Google. Apalagi situs layanan Youtube, dimana file video biasanya besar dibanding file teks dan gambar.

Pengelolaan sistem informasi database terpercaya (DBMS) menjadi kebutuhan mutlak situs besar seperti Facebook, Youtube, Yahoo untuk mendukung aplikasi dan sistem yang berjalan di situs masing-masing.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Fungsi Database Secara Umum dalam Komputer

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar