Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 22 November 2017

Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android - Terkadang kita sengaja menghapus file atau data penting yang ada di Android. Apalagi bagi anda yang sering menyimpan file dan data penting pada smartphone.

Tentu tidak menyenangkan jika file penting yang Anda miliki tiba-tiba hilang karena sengaja dihapus. Ada banyak faktor yang bisa membuat file-file di android dilepas dari kelalaian, ke virus android paling berbahaya.

Jika ingin mengembalikan data-datanya, anda beruntung karena disini saya akan coba share cara mengembalikan data yang terhapus di android.

Bila Anda menyadari bahwa data atau file Anda telah dihapus pada perangkat android Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berhenti segera menggunakan perangkat ini untuk sementara dan mencobanya sesegera mungkin untuk memulihkan data.

Jika tidak kemungkinan besar data yang ada pada perangkat android Anda akan mengalami overwrite dan Anda tidak akan bisa mendapatkan data lagi.

Jika ponsel Anda terinfeksi virus itu baik Anda membersihkan virus dengan cara menghapus jenis malware pada perangkat android Anda. Dengan begitu proses pemulihan data akan menjadi lebih mudah.

Perlu diingat bahwa bahaya virus android mirip dengan bahaya virus komputer. Itu bisa membahayakan pengguna yang terinfeksi olehnya.

Mengembalikan data yang hilang di android tidak jauh berbeda dengan cara mengembalikan data yang hilang pada pc.

Baca juga: Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop

Untuk mengembalikan data yang hilang saat ini juga bisa dilakukan dengan lebih mudah. Ini karena sudah banyak tersedia software recovery di internet dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Di android saat Anda menghapus file, file akan dihapus secara permanen. Tidak seperti pada pc anda yang akan memindahkan file yang terhapus ke fitur recycle bin sebelum dihapus secara permanen.

Cara mengembalikan data yang terhapus di android sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengembalikan data flasdhisk yang telah dihapus. Hanya saja ini akan menggunakan aplikasi yang berbeda dengan sistem yang berbeda.

Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android
Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android

Berikut adalah cara mengembalikan data yang terhapus di android menggunakan aplikasi.

Kembalikan data yang dihapus di android menggunakan aplikasi dumpster.

Aplikasi Dumpster bekerja sama dengan cara kerja Recycle Bin pada sebagian besar komputer. Dumpster adalah salah satu aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus pada perangkat android Anda. Dumpster juga sangat mudah digunakan berkat user friendly interface-nya.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan data yang telah dihapus di android. Berikut adalah beberapa langkah untuk memulihkan file menggunakan aplikasi ini:

Pertama, Anda perlu mendownload dan menginstal aplikasi ini. Anda bisa mendownloadnya dari Google Playstore secara gratis.

Setelah berhasil download dan install, buka aplikasi nya.
Perintah akan muncul meminta jenis file yang ingin Anda kembalikan. Jika Anda tidak tahu jenis file Anda dapat memilih "semua" bagian untuk reciprocate semua jenis file yang telah terhapus pada perangkat android Anda.

Aplikasi ini kemudian akan memindai jenis file yang ingin Anda pulihkan. Jika proses pemindaian file selesai, akan muncul daftar file yang telah dihapus.

Di antara data yang terhapus disana. Pilihlah file atau data yang ingin Anda kembalikan.
Setelah Anda memilih file atau data yang ingin Anda kembalikan, Anda dapat memilih bagian "Restore". Untuk mengembalikan data yang terhapus ke perangkat android anda.

Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android menggunakan ES File Explorer.

Cara lain untuk mengembalikan data file yang terhapus adalah dengan menggunakan file ES Explorer. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak pengelola file terbaik yang memiliki banyak fitur termasuk juga fitur Recycle Bin. Data penting yang mungkin terhapus dapat dikembalikan dengan menggunakan fitur ini.

Berikut cara menggunakan file ES Explorer untuk mengembalikan data yang terhapus di perangkat android.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload aplikasi ini dan kemudian menginstalnya. Silahkan download dari halaman resmi di Google Playstore.
Buka aplikasi ini dan pilih menu di sidebar kiri.
Kemudian pilih bagian "Recycle Bin" dan kemudian tekan untuk mengaktifkannya.
Sekarang, jika Anda ingin mengembalikan file yang dihapus, Anda hanya perlu mengetuk Reycle Bin dari sisi kiri bar dan aplikasi ini akan menampilkan semua file yang telah Anda hapus.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar