Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 27 November 2017

Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop dengan Mudah

Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop dengan Mudah - Bluetooth adalah PC perifer yang mendukung, laptop. atau perangkat mobile yang berfungsi untuk mentransfer atau mengirim dan menerima data dari pc atau laptop ke smartphone atau sebaliknya.

Termasuk namun tidak terbatas pada konektivitas antara pc, laptop, smartphone, dan berbagai perangkat atau gadget lain yang menanamkan fitur bluetooth ini.

Bluetooth sendiri sampai ini setidaknya telah mencapai versi 4, yang berarti kecepatan membaca baca baca lebih cepat dari versi sebelumnya, versi 3.

Meski begitu, kita perlu memastikan bahwa versi bluetooth yang ada di dalam perangkat kita sudah menggunakan bluetooth dengan versi terbaru. Jika tidak, Anda bisa yakin versi bluetooth yang digunakan mungkin masih versi 3.

Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop dengan Mudah
Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop dengan Mudah


Fungsi bluetooth pada laptop itu sendiri sama dengan fungsi bluetooth pada komputer. Yang perlu diperhatikan dari cara menyalakan bluetooth laptop adalah sebagai berikut:

Instalasi driver
Untuk perangkat bluetooth dengan tipe dongle usb di pc atau laptop Anda, pastikan driver dongle sudah terpasang dengan benar.

Meski begitu, tidak semua bluetooth usb dongles memerlukan instalasi driver khusus, ada beberapa produk dongle bluetooth usb yang biasanya bisa dijalankan dengan driver blutooth generik dari sistem operasi windows mereka sendiri; mode temukan. Pastikan mode penemuan diaktifkan agar perangkat dikenali oleh perangkat lain atau perangkat Bluetooth.

1. Proses inisialisasi
Cara menyalakan bluetooth pada laptop pertama adalah proses inisialisasi atau pengecekan di laptop, apakah laptop sudah memiliki perangkat bluetooth built-in atau tidak.

Pemeriksaan dilakukan dengan melihat laptop fisik, apakah ada keterangan tentang bluetooth, lalu pada deretan tombol fungsi apakah ada tombol dengan ikon bluetooth atau tidak.

Jika tidak ada maka dapat dipastikan bahwa fungsi bluetooth internal tidak disesuaikan dan kita harus membeli perangkat dongle usb untuk bluetooth.

2. Melalui tombol
Untuk laptop dengan bluetooth, fungsi on / off dari bluetooth itu sendiri dapat diakses melalui fungsi tombol f1 ke f12 di laptop (tombol F1 ke F2 ditekan bersamaan dengan menahan tombol fn di sebelah kanan ctrl tombol kiri secara umum).

Untuk menyalakan atau mematikan fungsi bluetooth, cukup dengan menekan tombol kombinasi fungsi, biasanya untuk tombol fungsi bluetooth ada ikon bluetooth disamping tombol / F4 atau F5. Setelah menyalakan tombol, ikon bluetooth akan muncul di jendela systray, ujung kanan taskbar.

Jika ikon bluetooth telah muncul, menunjukkan fungsi bluetooth aktif dan bisa digunakan untuk mentransfer data apapun, baik mengirim atau menerima data dari dan ke perangkat lain.

3. Siapkan Bluetooth USB Dongle
Langkah ketiga bagaimana menyalakan bluetooth di laptop adalah dengan menggunakan bluetooth dongle, untuk laptop yang tidak memiliki dukungan bluetooth internal, seperti produk asus a42f) Bluetooth USB Dongle ada yang memiliki bentuk fisik kecil atau mini, atau seperti flash dengan antena penerima. bentuknya sedikit lebih besar.

Untuk instalasi itu sendiri relatif mudah. Jika pembelian dongle USB termasuk CD driver, instal dulu CD driver yang ada, cukup pasang dongle USB Bluetooth ke komputer atau laptop Anda melalui port USB.

4. Memasang Driver Bluetooth via CD
Langkah selanjutnya adalah instal driver bluetooth. Kedua laptop yang memiliki dukungan bluetooth internal dan laptop yang akan menggunakan usb dongle untuk bluetooth, sebaiknya dilakukan pemasangan driver terlebih dahulu agar bisa bekerja, masalah bluetooth sama dengan perangkat nirkabel lainnya, seperti penyebab wireless mouse tidak bekerja.

Biasanya laptop dengan dukungan bluetooth internal, sudah menyediakan driver untuk diunduh melalui situs resminya, untuk dongle yang punya cd driver, instal terlebih dahulu.

Cara installnya adalah sebagai berikut:
Akses Pengelola Perangkat;
Dalam tampilan manajer sistem, klik perangkat lain, -> klik kanan ikon perangkat perangkat bluetooth;
Klik perangkat lunak driver upate;
Pilih opsi untuk menjelajah komputer saya untuk perangkat lunak driver -> lalu klik izinkan saya memilih dari daftar driver perangkat di komputer saya;
Pilih radio tombol radio bluetooth;
Dalam daftar produsen -> pilih perusahaan microsoft, pada daftar model -> pilih windows Mobile-based device support;
Jika muncul pesan menunjukkan konfirmasi verifikasi driver tanda tangan, abaikan saja, dengan mengklik Yes;
Setelah penginstalan selesai, kembali device manager, klik kanan ikon komputer pada node perangkat teratas -> klik scan untuk perubahan perangkat keras;
Klik pada radio bluetooth node, jika daftar perangkat radio muncul dengan tanda seru berwarna kuning yang telah hilang. Tanda instalasi berhasil;

5. Download driver
Langkah ini diperlukan untuk dongle bluetooth usb yang tidak memberikan driver default dalam paket penjualan. Jadi kita perlu menginstal driver manual dengan mendownload driver bluetooth via internet.

Untuk mendownload sendiri driver langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Buka situs web vendor produk, dan cari bagian pengunduhan driver;
Download driver masing-masing;
Simpan unduhan ke folder di C: atau D;

Jika file yang didownload adalah self-installation, maka instalasi bisa dijalankan dengan menggunakan file setup.exe, atau install.exe;

Jika file yang didownload adalah file penginstalan yang berisi informasi driver inf atau file yang terkait, maka instalasi perlu dilakukan melalui device tool manager windos, dengan cara menginclude file di windows untuk dibaca dan diinstal sebagai bagian dari drviver windows;

6. Instal drivernya
Langkah ini dilakukan dengan memasang driver bluetooth yang sudah didownload tadi, bisa juga menggunakan software pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet. Instalasi dapat dilakukan melalui panel kontrol di bagian manajer perangkat, atau menggunakan media setup.exe jika driver yang diunduh menyertakan pemasang windows.

7. Melalui Windows Taskbar
Berikut adalah langkah terakhir bagaimana cara menyalakan bluetooth di laptop, yaitu untuk aktivasi bluetooth yang dilakukan setelah sebelumnya diasumsikan bahwa proses instalasi bluetooth sudah berhasil, dongle usb bluetooth telah bekerja, dan layanan bluetoth sudah aktif yanh ditandai dengan adanya ikon bluetooth di sistem. Baki dengan warna biru, tepatnya di ujung kanan jendela taskbar, jika tidak nampak coba klik panah yang baki disystem untuk melihat item tersembunyi.

Menu konfigurasi dan pengunduran data pengiriman pesan dilakukan melalui ikon ini, dengan mengklik kanan ikon dan memilih dari submenu yang muncul.

Selain itu, untuk mengirim file atau folder langsung dari windows explorer windows, bisa dilakukan dengan klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda pindahkan, dan klik kirim ke perangkat bluetooth, untuk mengirim data via perangkat bluetooth yang ada.

Dengan demikian review artikel bagaimana cara menyalakan bluetooth di laptop ini, untuk troubleshooting lebih lanjut, sebaiknya dilakukan cara mengatasi perangkat periferal bluetooth.

Semoga artikel ini telah ditulis untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi pembaca dalam hal menambah referensi pengetahuan tentang penanganan perangkat berbasis bluetooth ini, terutama dalam hal menginisialisasi perangkat bluetooth baru akan terhubung ke komputer atau laptop. Semoga bermanfaat
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop dengan Mudah

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar