Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 20 November 2017

Inilah 7 Fungsi DOS Pada Komputer

Inilah 7 Fungsi DOS Pada Komputer - DOS adalah bagian yang sangat penting dari komputer. Pada tahun 1980an DOS menjadi salah satu sistem operasi yang paling umum digunakan. DOS berguna sebagai sistem operasi dengan command line interface.

DOS sangat penting untuk komputer, karena DOS berguna sebagai fasilitas boot komputer dan juga berguna untuk menjalankan berbagai aplikasi pada komputer seperti MS dan Lotus.

DOS juga merupakan bagian dari komputer yang berguna untuk mengoperasikan dan mengelola berbagai sumber yang terdapat pada komputer.

DOS bisa berjalan dan beroperasi dengan perintah yang diberikan melalui keyboard di komputer. Pengguna cukup dengan mengetikkan perintah maka perintahnya akan diterjemahkan oleh sistem DOS.

Misalnya memberi perintah pada DOS dengan file program seperti .bat, .exe dan lain-lain. Nama file ini biasanya juga digabungkan dengan nama file atau parameter program lainnya dan digabungkan menjadi satu.

Dengan melihat sistem kerja dapat disimpulkan jika DOS adalah sistem operasi yang juga berguna untuk pengelolaan sistem komputer yang ada pada komputer.

Baca juga: Pengertian Sistem Operasi

7 Fungsi DOS Pada Komputer

Inilah 7 Fungsi DOS Pada Komputer
Inilah 7 Fungsi DOS Pada Komputer

1. Mengatur dan juga mengendalikan aktivitas komputer
Semua aktivitas di komputer dikontrol melalui sistem DOS dengan berbagai perintah di dalamnya. Semua perintah ini dilengkapi dengan berbagai fungsi yang berbeda untuk bisa menggerakkan komputer dengan lebih baik.

2. Atur memori ke komputer
DOS bisa mengatur ruang pada komputer. Dengan komputer DOS dapat memiliki fungsi untuk melakukan penyimpanan file atau untuk mengetahui tentang file yang ada untuk dikompres dan kemudian disimpan dengan format yang berbeda.

3. Tetapkan data input dan output
DOS berguna untuk mendiagnosis bagian input atau output komputer. Dengan diagnosa yang diberikan oleh komputer DOS bisa mkomputer.engatasi dan megnatur data apapun masuk atau dikeluarkan oleh.

4. File manajemen
DOS sangat membantu untuk melakukan file manajemen yang ada di komputer. Setiap file di komputer dilakukan dengan diagnosa lengkap dengan kategorisasi file agar komputer bisa berjalan lebih baik dan bisa bekerja dengan lebih maksimal lagi. Contoh perintah untuk fungsi manajemen file ini adalah:

ATRIB: tampilkan dan tentukan atribut file
COPY: melakukan penyalinan file
ERASE: hapus file anda
BACKUP: membuat cadangan file

5. Direktori manajemen
DOS sangat berguna untuk mempercepat direktori dan mengatur dengan file atau direktori yang lebih baik yang ada di komputer. Dengan tata letak file atau direktori yang lebih terorganisir akan membuat pencarian file bisa cepat dan tidak lambat. Direktori itu sendiri berisi tentang bidang yang kemudian ditampilkan pada file tertentu.

Contoh perintah untuk melakukan fungsi ini adalah:

CD: untuk mengganti direktori
DIR: untuk menampilkan informasi direktori
MD: buat subdirektori baru

6. Pemecahan masalah
Komputer mungkin mengalami banyak masalah yang membuat komputer juga harus bisa cepat menemukan cara untuk memecahkan masalah. Untuk mengatasi masalah ini, tentunya komputer membutuhkan pemecah masalah yang cepat yaitu DOS di komputer ini.

DOS kemudian cepat mendiagnosis apa yang terjadi pada komputer dan apa yang menyebabkan komputer menjadi rusak.

7. Mengamankan Data
Bila data yang ada di komputer tidak mudah dibaca atau tidak bisa bekerja dengan baik maka bisa membuat performa komputer menjadi tidak maksimal. DOS ini juga memiliki fungsi untuk menjadi tempat yang bagus untuk menyimpan dan juga mengamankan data yang ada di komputer.

Cara mengamankan data, DOS akan menunjukkan prompt sebelum merekam data.

Bagian Penting dari DOS

DOS memiliki tiga bagian penting yang sangat membantu dalam membangun sistem operasi disk yang ada di dalamnya, berikut adalah tiga bagian dari DOS;

1. File booting
Pada saat komputer sedang booting, DOS membutuhkan file ini untuk boot sistem.
Baca juga: Pengertian Booting dan Jenisnya

2. Manajemen File
Dari bagian ini DOS bisa mengatur data yang ada pada file atau folder yang ada didalamnya.

3. File Utility
Untuk bagian ini adalah bagian dari DOS untuk melakukan pengatran sumber daya pada sistem, untuk troubleshooting sistem dan juga untuk mengkonfigurasi pengaturan sistem yang ada.

Baca juga: Menganalisa Troubleshooting pada Komputer

Keluarga DOS
DOS terbagi menjadi beberapa bagian atau kelas yang juga bisa berfungsi menjadi berbagai sistem untuk membuat DOS bekerja lebih baik lagi.

1. MS-DOS
Termasuk dalam sistem ini seperti Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS dan lain-lain.

2. JBM PC-DOS
DOS yang satu ini masih menyertakan hasil buatan Microsoft yang baru saja mengalami beberapa perubahan yang bisa digunakan di komputer IBM PC.

3. DR-DOS
DOS yang satu ini merupakan hasil buatan sistem operasi CP / M, Gary Kildall.

4. Novell Personal Netware
Itu adalah versi DR-DOS yang kemudian dijual ke Novell.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 7 Fungsi DOS Pada Komputer

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar