Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 21 November 2017

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database - DBMS hari ini berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini menyebabkan banyak DBMS berbeda yang dikembangkan oleh perusahaan besar (seperti nubuat) atau dikembangkan sebagai proyek open source.

Salah satu DBMS yang paling banyak digunakan adalah Firebird. Firebird adalah database open source yang pengembangannya dimulai oleh pondasi firebird. Pada awal perkembangannya, firebird dikembangkan dari database Interbase pada tahun 2000.

Sebagai salah satu alternative open source DBMS, Firebird memiliki kelebihan dan kekurangan. Inilah keuntungan dan kerugian dari Firebird:

Baca juga:
Pengertian Database Menurut Para Ahli
Fungsi database
Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database
Komponen Database

Kelebihan Firebird

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database

1. Open Source bersifat fleksibel
Firebird adalah proyek open source. Penggunaan Firebird untuk tujuan pribadi dan bisnis tidak akan merugikan Anda apapun. Namun, meski bebas digunakan, kode sumber firebird masih memiliki batasan. Lisensi yang berlaku untuk Firebird adalah sebagai berikut:

IPL (Lisensi Publik Interbase)
IDPL (Lisensi Publik Pengembang Awal
Lisensi IPL pada dasarnya adalah lisensi yang berlaku untuk beberapa kode sumber firebird yang diambil dari database interbase.

Kemudian untuk lisensi berikutnya yaitu IDP adalah lisensi yang diaplikasikan pada sisa kode sumber firebird yang dikembangkan oleh firebird foundation.

Kesimpulan dari lisensi yang terdapat dalam Firebird adalah:
Firebird dapat digunakan bebas untuk keperluan komersial dan pribadi. namun pengguna tidak diperkenankan mengklaim kepemilikan kode sumber dari firebird.

Setiap file lisensi yang terdapat dalam folder kode sumber firebird tidak dapat dihapus atau diubah
Firebird diperbolehkan untuk dimodifikasi jika hasil modifikasi diumumkan dan perangkat lunak yang dimodifikasi dari firebird harus dilisensikan dengan lisensi yang sama sehingga mungkin tidak diperdagangkan.

Beberapa kode sumber dari Firebird dapat digunakan sebagai satu bagian untuk membuat perangkat lunak lain yang memiliki lisensi berbeda dari firebird. namun bagian dari perangkat lunak yang menggunakan firebird tetap harus menggunakan lisensi firebird, bagian lain yang telah dikembangkan dapat memiliki lisensi yang berbeda.

2. Komunitas yang aktif
Komunitas pengembang firebird, meski tidak seluas komunitas MySql dan saingan Oracle-nya, memiliki reputasi yang sangat ramah untuk para pengembang baru yang bertanya di forum pengembang firebird khusus. Komunitas pengembang firebird juga secara aktif mengembangkan dan juga memperbaiki masalah yang ada di database firebird ini.

Dengan Komunitas yang aktif, kemampuan dan keamanan Firebird dapat terus berkembang seiring dengan kode sumber firebird yang terus dikembangkan dan ditingkatkan.

3. Kemudahan proses instalasi
Proses instalasi firebird sangat mudah. Pengguna hanya perlu mendownload installer yang tersedia untuk berbagai OS, Windows, dan Unix berbasis Linux. Firebird bisa berjalan di semua OS.

Firebird juga tidak memerlukan spesifikasi tinggi kemampuan komputer untuk beroperasi. Semua komputer bahkan komputer sekolah tua bisa mengoperasikan program database firebird. membuat firebird menjadi program database yang sangat fleksibel.

Untuk mendapatkan file installer dari firebird, kunjungi situs resmi firebird: https://www.firebirdsql.org/en/server-packages/

4. Fitur dewasa
Firebird telah dikembangkan sejak tahun 2000, membuat firebird lebih matang dalam pengembangan fitur daripada proyek open source lainnya seperti Mysql.

Banyak fitur firebird yang tidak dimiliki oleh open source DBMS seperti Mysql. diantaranya adalah:

Firebird mampu melakukan sinkronisasi dengan pengguna desktop offline
permintaan rekursif
klausa 'cek' saat query
Firebird memiliki fitur sambungan luar yang lengkap
Firebird memiliki dukungan untuk ODBC

5. Terang dan Cepat
Firebird tidak mengambil terlalu banyak sumber daya di komputer. dengan hanya 1MB memori firebird yang berjalan normal di komputer. Hal ini membuat firebird menjadi alternatif untuk proyek embaper yang memerlukan fitur penyimpanan ke database.

Firebird juga berjalan cepat di komputer dengan berbagai OS mulai dari linux, windows, dan macos. Kecepatan ini sangat berguna dalam aplikasi yang membutuhkan kecepatan dalam pengoperasian.

6. Pemeliharaan Minimun
Salah satu kelebihan dari firebird yang paling menarik adalah bahwa firebird tidak memerlukan proses maintenance terlalu sering. Dibandingkan dengan program database lain yang memiliki fitur kelas. Firebird jauh lebih mudah dipelihara

Kekurangan Firebird

1. Pengguna Firebird relatif kecil
Meski memiliki banyak kelebihan, pengguna Firebird relatif lebih sedikit dibanding pengguna database open source lainnya. Paling tidak pengguna ini tentu menimbulkan pertanyaan besar, apa yang membuat database ini sepertinya tidak mendapat apresiasi terhadap apa yang dimilikinya.

Beberapa faktor yang menyebabkan setidaknya pengguna dari firebird adalah:
Tidak ada dukungan dari pemain teknologi informasi dunia besar seperti oracle, IBM
Situs resmi firebird memiliki tampilan yang kurang meyakinkan atau ketinggalan jaman, yang membuat banyak pengguna potensial merasa tidak yakin.

2. Dokumentasi buruk
Banyak pengguna baru Firebird merasa bahwa dokumentasi penggunaan Firebird di situs resminya buruk. Tentunya ini akan sangat sulit bagi pengguna baru firebird yang baru memulai proses instalasi atau ingin menggunakan firebird pada proyek yang sedang dikerjakannya.

Namun, meski memiliki dokumentasi yang buruk. Komunitas pengembang firebirds yang aktif di forum khusus pengguna firebird sedikit menutupi kekurangannya. Dengan komunitas Aktif, pengguna baru bisa mengajukan pertanyaan atau mendiskusikan masalah tentang firebird ke forum pengguna tertentu firebird.

3. Kurva Belajar relatif terjal
Lebih banyak fitur Firebird dari database open source sederhana seperti MySql membuat Firebird lebih rumit untuk dipelajari. Ditambah dengan dokumentasi yang tidak begitu bagus dan juga komunitas yang sedikit adiktif, semakin sulit untuk belajar tentang firebird.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Terkadang penggunaan Firebird terkesan berlebihan bagi pengembang yang tidak membutuhkan fitur yang kompleks.

Begitulah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database. Kesimpulannya, setiap database memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Hal ini tergantung pada kebutuhan proyek dan kemampuan pengembang untuk menentukan database mana yang akan digunakan untuk menyelesaikan sebuah proyek
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar