Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 02 November 2017

Pekerjaan IT Paling Diminati dan Paling Menjanjikan

Pekerjaan IT Paling Diminati dan Paling Menjanjikan dosen it - Lulusan teknik informatika adalah yang paling banyak dicari dan membutuhkan lulusan perusahaan, tidak heran keuntungan jurusan teknik informatika sangat mendukung karir kita di masa depan.


Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan TI yang paling populer:

1. Programmer

Minat kerja TI pertama adalah Programmer. Ya, banyak lulusan IT tertarik menjadi programmer, baik sebagai senior maupun junior programmer. Tugas utama programmer adalah memahami berbagai bahasa pemrograman dan membuat dan mengembangkan program yang berlaku umum, sesuai kebutuhan pengguna yang menggunakannya.

Keuntungan dan Kerugian Bahasa Pemrograman C
Keuntungan dan Kerugian Bahasa Pemrograman Generasi ke-4
Desainer web

Pekerjaan TI paling populer berikutnya adalah sebagai perancang web. Perancang web adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, sehingga website atau web yang akan dikembangkan menarik dan juga memiliki user interface yang baik.

Salah satu tugas yang bisa menjadi pekerjaan lulusan IT adalah menjadi perancang web. Ini karena lulusan IT juga memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam merancang dari produk digital, sehingga perancang web adalah salah satu pekerjaan yang diminati oleh lulusan IT.

2. Pengembang Web

Pengembang web seperti programmer. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa Pengembang Web memiliki deskripsi pekerjaan yang lebih spesifik, yaitu pengembangan dan pembuatan situs web atau situs.

Meski menggunakan bahasa pemrograman yang sama seperti pembuatan aplikasi biasa atau software, namun karya pengembang web tentu saja memiliki tantangan dan juga kepuasan bagi lulusan IT yang sedang mencari pekerjaan.

baca juga pengertian web, sejarah web dan cara kerja web

3. IT Admin / Staf TI

Pekerjaan yang paling umum dari lulusan IT terutama di Indonesia adalah sebagai IT admin atau staf TI. Jobs sebagai admin IT atau staf TI tidak seberat programmer atau maintenance yang bertanggung jawab atas semua operasi sistem TI maupun komputer. Staf IT dan juga IT Admin lebih diarahkan pada tugasnya dalam mengawasi setiap sistem komputer dan juga embedded system IT. Staf TI bertugas untuk melihat apakah sistem bisa berjalan optimal, dan memberikan laporan, sekaligus membuat birokrasi terkait dengan kebutuhan sistem komputer dan juga TI.

4. Game Tester

Bagi Anda lulusan TI yang senang dengan permainannya, maka pekerjaan sebagai Game tester ini pasti akan menjadi minat tertinggi Anda. Ya, sebagai penguji permainan, lulusan TI akan diminta menjadi pengguna yang mencoba game yang baru dibuat.

Pada saat mencoba, tester permainan seharusnya tidak hanya menikmati permainan yang ditawarkan, namun berikan laporan rinci tentang kelebihan dan kekurangan, worm, bug, atau semua hal yang ditemui selama tes. Sehingga meminimalisasi hal negatif seperti bug, error, kemungkinan pengguna yang bosan dengan alur gameplay dan sejenisnya.

5. Pengembang Game

Tugas IT selanjutnya yang diminati, dan masih berhubungan dengan game ini adalah menjadi pengembang game. Pengembang game memiliki kesulitan yang lebih kompleks daripada hanya menjadi programmer biasa, pengembang web atau pengembang perangkat lunak. Sebagai pengembang game, lulusan IT tentu saja harus mengerti dan juga menghidupkan esensi dari game yang akan dikembangkan, sehingga cukup berat, dan membutuhkan banyak pemikiran dan ide kreatif yang akan membuat permainan meledak di pasaran.

6. Dukungan Media Sosial

Dukungan media sosial karena ini adalah salah satu pekerjaan baru yang muncul bersamaan dengan perkembangan dunia internet, terutama media sosial. Saat ini, media sosial telah banyak digunakan untuk berbisnis, salah satunya adalah bisnis toko online.

Dalam prosesnya, toko online yang menggunakan media sosial dalam menawarkan barang dagangannya, membutuhkan sebuah program atau software yang bisa membantu pemilik toko online dalam mengelola toko online mereka. Di sinilah dukungan media sosial dapat berperan untuk menciptakan atau mengembangkan aplikasi yang bisa memudahkan penggunaan media sosial sebagai toko online.

7. Pengembang Jaringan

Pengembang jaringan juga merupakan salah satu pekerjaan yang diminati oleh IT. Pengembang jaringan adalah pekerjaan yang memiliki pekerjaan desc dalam bentuk pembuatan dan juga pengembangan jaringan.

Bisa jaringan kampus, sekolah, kantor, dan juga jaringan pemerintah. Hal ini terkait erat dengan kemampuan lulusan IT untuk menganalisa jaringan, membuat topologi jaringan, dan juga segala hal yang berkaitan dengan perkembangan jaringan komputer.

baca juga jenis-jenis jaringan komputer dan penjelasannya

8. Informasi Jaringan dan Keamanan

Masih dalam hal networking, pekerjaan selanjutnya yang diminati oleh IT adalah Network Information and Security.

Jika seorang pengembang jaringan adalah pekerjaan yang memiliki pekerjaan sebagai pengembang sebuah jaringan komputer di institusi atau institusi tertentu, maka informasi dan keamanan jaringan lebih diarahkan ke sistem keamanan jaringan dan juga sistem pemeliharaan jaringan. Informasi dan keamanan jaringan bertanggung jawab penuh atas keamanan jaringan, keamanan data, dan pemeliharaan bila ada gangguan pada sistem jaringan di dalam institusi atau intansi tertentu.

9. Pemeliharaan

Pekerjaan TI paling populer berikutnya bekerja sebagai pemeliharaan. Karya ini tidak hanya membutuhkan keahlian perangkat lunak atau perangkat lunak, namun juga membutuhkan kemampuan yang sangat khusus dalam perangkat keras atau perangkat keras.

Tugas utama dari pekerjaan ini adalah melakukan proses perawatan dan juga perbaikan sistem TI yang telah terinstal sebelumnya. Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan penting di bidang TI, karena berkaitan dengan optimal atau tidaknya sistem TI yang digunakan pada suatu instansi atau perusahaan.

10. Layanan Hardware

Layanan perangkat keras adalah pekerjaan TI lainnya yang banyak diminati. Layanan perangkat keras biasanya lebih terfokus pada perbaikan proses dan juga perawatan pada sistem perangkat keras yang digunakan pada komputer dan juga perangkat TI lainnya, termasuk perangkat smartphone.

Biasanya jobdesc dari layanan hardware adalah melakukan perbaikan, serta perawatan PC, laptop, dan melakukan perbaikan pada komponen internal komputer, seperti motherboard, harddisk, dan sebagainya. Kemampuan teknis dibutuhkan dalam pekerjaan yang satu ini.

11. Cracker

Pekerjaan TI berikutnya yang paling diminati mungkin sama seperti cracker. Perbedaan Hacker dan Cracker jauh berbeda, dimana konotasi hacker adalah pekerjaan yang tidak menyenangkan, dengan cara data mecuri melalui proses illegal ilegal. Sementara cracker, meski keduanya - pekerjaan yang sama dengan hacking sebuah sistem, namun tujuan dari proses cracking ini adalah pengembangan sistem atau pengembangan perangkat lunak.

Jadi dengan cracker, para pengembang akan tahu seberapa jauh sistem mereka akan tahan terhadap serangan berbahaya, dan tingkat keamanan sistem mereka.

12. Pengembang perangkat lunak

Sesuai dengan namanya, salah satu pekerjaan TI yang paling populer adalah sebagai pengembang perangkat lunak, yang merupakan bagian dari pengembangan perangkat lunak.

Kemampuan untuk mengkodekan dan memahami dasar-dasar pemrograman sangat dibutuhkan jika Anda ingin menjadi pengembang perangkat lunak. Selain itu, kemampuan analisis Anda juga harus tinggi, mengingat sebagai pengembang perangkat lunak, Anda harus bisa menganalisis kebutuhan pengguna perangkat lunak.

13. Manajemen Perangkat Lunak

Manajemen perangkat lunak adalah pekerjaan lain di sektor TI. Tugas manajemen software ini adalah pekerjaan yang memiliki pekerjaan desc untuk melakukan pengelolaan perangkat lunak.

Biasanya berhubungan dengan pembaharuan perangkat lunak, dan juga terkait dengan proses pemasaran dan penjualan atau distribusi perangkat lunak.

14. Pemodelan dan Desain Proses Perangkat Lunak

Pekerjaan TI paling populer berikutnya adalah sebagai pemodelan dan desain proses perangkat lunak. Pekerjaan ini memiliki deskripsi pekerjaan yang lebih spesifik, dan biasanya merupakan bagian atau pembagian kerja pengembangan perangkat lunak.

Perancangan dan perancangan proses perangkat lunak mengharuskan lulusan TI untuk dapat mendeskripsikan pemodelan perangkat lunak yang akan dikembangkan, serta disain - disain proses yang terjadi saat perangkat lunak bekerja. Sama seperti kemampuan untuk menjelaskan flowchart. Kemampuan ini merupakan kemampuan absolut yang dimiliki oleh lulusan IT sebagai Software Modeling and Process Design.

15. Tester dan Analisis Perangkat Lunak

Pekerjaan TI paling populer berikutnya adalah sebagai perangkat lunak penguji dan analisis. Ini sama dengan tester dan analisis permainan, dimana lulusan IT akan menjadi penguji perangkat lunak dan kemudian memberikan analisis tentang kelebihan dan kekurangan serta mencari kemungkinan kelemahan lain yang dapat muncul dalam perangkat lunak.

Tentunya pemahaman tentang sistem dan struktur perangkat lunak yang baik sangat penting bagi lulusan TI untuk pekerjaan ini.

Keuntungan dan Kerugian dari Software SAS
Keuntungan dan Kerugian dari Software MYOB
Dukungan Teknis IT

Pekerjaan TI paling populer berikutnya adalah sebagai dukungan teknis TI. Pekerjaan ini cukup sederhana, namun memiliki jangkauan yang luas. Dukungan teknis IT biasanya ditunjuk sebagai tanggung jawab seluruh sistem TI.

Bila terjadi gangguan kecil, maka disitulah dukungan teknis IT harus bekerja. Selain itu, Technical IT Support juga dapat berperan dalam memberikan masukan - masukan kepada pimpinan mengahi sistem TI yang akan ditingkatkan atau dimusnahkan, dan penambahan sistem TI yang baru. Pemeliharaan juga merupakan salah satu tugas dari pekerjaan ini.

16. Pemasaran SEO

Pemasaran SEO adalah salah satu pekerjaan yang paling populer, tidak hanya dari lulusan IT, tapi banyak lulusan lainnya. SEO adalah salah satu teknik pemasaran yang populer.

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, dimana teknik pemasaran ini memanfaatkan penggunaan search engine, terutama google untuk menarik pengunjung, sehingga situs mereka bisa berada di halaman satu di Google. Kemampuan berpikir kritis, analitis dan juga berpikiran terbuka adalah salah satu hal yang mutlak untuk pekerjaan satu ini.

17. Desain UI

UI atau user interface adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah sistem TI. UI dapat membantu pengguna atau pengguna dalam berkomunikasi dengan suatu sistem, sehingga pekerjaan pengguna menjadi lebih mudah.

Dalam pengembangan UI, maka ada banyak hal yang harus dipelajari, termasuk disain baik perangkat lunak maupun perangkat keras (penempatan instalasi sistem IT). Desain UI adalah salah satu pekerjaan yang cukup diminati oleh lulusan IT, karena sangat menantang dan sangat menarik.

18. Pengembangan Java

Perkembangan Java adalah pekerjaan yang paling diminati oleh lulusan IT. Mengingat bahwa Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan paling banyak digunakan, membuat banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan TI yang memahami pemrograman Java untuk membantu mengembangkan sistem dan perangkat lunak.

19. Pengembangan Mobile

Perkembangan mobile adalah karya lulusan IT yang paling populer berikutnya. Pekerjaan pengembangan mobile ini mengacu pada proses pengembangan sistem dan juga aplikasi yang digunakan pada perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Mengingat penggunaan perangkat mobile saat ini sangat diminati dan banyak digunakan, maka tidak mengherankan jika pengembangan mobile adalah salah satu pekerjaan TI yang paling diminati.

20. Analisis Statistik dan Data Mining

Bagi lulusan IT yang tertarik dengan dunia pengumpulan data dan juga perhitungan statistik dalam pengembangan suatu sistem, maka ini adalah salah satu pekerjaan yang sesuai.

Ya, analisis statistik dan data mining adalah pekerjaan TI paling populer berikutnya. Job desc cukup sederhana, tapi rumit, karena harus mengerti tentang perhitungan statistik, baik dasar maupun lanjutan, dan mengerti bagaimana melakukan proses data mining (pengambilan data) dengan benar dan juga cepat.

21. Mac, Linux, Sistem Unix

Unix, Linux, dan juga Mac adalah sistem operasi yang bisa dibilang satu keluarga, karena berasal dari sistem dasar atau dasar yang sama.

Sistem ini merupakan sistem yang cukup banyak digunakan di beberapa instansi, terutama yang mengedepankan open source. Oleh karena itu, bekerja pada sistem Mac, Linx dan Unix adalah salah satu pekerjaan TI yang paling populer.

22. Business Intelligence

Business intelligence adalah pekerjaan TI paling populer berikutnya, yang biasanya menggabungkan kemampuan berbisnis dengan sistem TI. Lulusan IT harus dapat menggabungkan kemampuan berpikir kritis dan analitis pengusaha, dengan kemampuan dan kecerdikan sistem TI. Tantangan ini membuat intelijen bisnis menjadi salah satu pekerjaan TI yang paling populer.

23. Kecerdasan buatan

AI atau Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) juga merupakan salah satu pekerjaan yang paling populer saat ini. AI termasuk dalam perangkat lunak seperti Siri di iPhone, atau Cortana di Windows Phone.

Beberapa AI seperti yang ada di robot, dan juga mesin penjual adalah beberapa contoh jenis pekerjaan dan juga jobdesc dari karya ini. kemampuan bahasa pemrograman, dan juga keterampilan pemrograman tingkat lanjut sangat penting untuk melakoni pekerjaan yang satu ini.

Selain itu, masih ada beberapa pekerjaan TI tambahan yang paling diminati. Berikut adalah beberapa pekerjaan TI lainnya yang juga diminati oleh lulusan IT:

Manajemen Basis Data
Sistem Penyimpanan Dan Manajemen
Desain Algoritma
Teknik Elektro dan Elektro
Komputasi Awan dan Distribusi
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pekerjaan IT Paling Diminati dan Paling Menjanjikan

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar