Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 02 November 2017

Pengertian Ilmu Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Komputer Menurut Para Ahli - Teknik Informatika adalah disiplin yang berbasis ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta simbolis (data) dengan memanfaatkan semaksimal mungkin teknologi komputer.

Transformasi adalah proses logis dan sistematis untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita dilatih untuk berpikir logis dan sistematis agar mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apa pun.

Ilmu komputer umumnya ditafsirkan sebagai ilmu yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Ilmu komputer mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis algoritma abstrak hingga subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras.

Pengertian Ilmu Komputer Menurut Para Ahli
Pengertian Ilmu Komputer Menurut Para Ahli

Sebagai disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sedangkan teknik komputer lebih cenderung berhubungan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware).Namun, kedua istilah tersebut sering disalahpahami oleh banyak orang.

Tesis Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang umum dikenal sama persis dengan hal yang dapat mereka lakukan, walaupun dengan efisiensi yang berbeda.

Tesis ini terkadang dianggap sebagai prinsip dasar ilmu komputer. Ilmuwan komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer yang melakukan tugas kecil dan deterministik pada waktu tertentu), karena begitulah kebanyakan komputer digunakan saat ini.

Ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin lain, beberapa di antaranya tidak dapat digunakan secara praktis (seperti komputer saraf, komputer DNA, dan komputer kuantum) dan beberapa masih cukup teoritis (seperti komputer acak dan komputer oracle).

Ilmu Komputer belajar apa yang bisa dilakukan beberapa program, dan apa yang tidak (computability dan artificial intelligence), bagaimana program tersebut harus mengevaluasi sebuah hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit informasi tertentu (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (user interface dan bahasa pemrograman).

Ilmu komputer berakar pada elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir abad ke-20, ilmu komputer telah menjadi disiplin baru dan telah mengembangkan metode dan persyaratannya sendiri.

Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang memiliki jurusan sains komputer.

Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan adalah semua pionir di bidangnya.

Edsger Dijkstra mengatakan: Ilmu komputer bukan tentang komputer karena astronomi bukan tentang teleskop.

Fisikawan terkenal Richard Feynman mengatakan:
Ilmu komputer tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun Namun, ini tidak berarti bahwa "piring" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit daripada fisikawan. Ini lebih muda, tapi itu meningkat lebih intensif!

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat, maka program pendidikan di mata kuliah Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan teknik informatika berdasarkan kemampuan untuk memahami, menganalisa, menilai, menerapkan, dan membuat perangkat lunak (pengolahan) dengan komputer.

Baca juga: Pekerjaan IT Paling Diminati

Selain itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan jaringan dan sistem komputer, dan menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan informasi tenologi sebagai landasan bagi pengembangan studi lanjut.

Menimbang hal di atas, kursus Teknik Informatika bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang profesional di bidang teknologi informasi.

Selain itu, untuk menjembatani kepentingan industri dan komunitas profesional dengan kepentingan akademis, kurikulum berbasis kompetensi dikembangkan, selain konten inti, serta konten lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan rekayasa perangkat lunak.

Diharapkan melalui program ini dapat menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, semangat kewiraswastaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai agar tidak tergagap saat saatnya menerapkan pengetahuan mereka di masyarakat.

Saat ini alumni Teknik Informatika telah tersebar di seluruh Indonesia dalam berbagai profesi, seperti dosen, guru, staf TI, wiraswasta, dan bahkan beberapa yang bekerja di Singapura.

Tempat kerja mereka juga beragam, seperti perbankan, industri kertas, pengolahan kayu, dan industri lainnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Ilmu Komputer Menurut Para Ahli

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar