Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 02 November 2017

Pengertian Jaringan Client Server Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Jaringan Client Server Beserta Kelebihan dan Kekurangannya  - Jaringan client server didefinisikan sebagai arsitektur jaringan komputer dimana perangkat klien memproses permintaan data, dan server memiliki tugas untuk merespons dengan data sesuai permintaan.

Perangkat klien biasanya merupakan perangkat komputer dengan aplikasi perangkat lunak jaringan pra-instal untuk meminta dan menerima data melalui jaringan.

Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk meminta dan menerima data di jaringan adalah browser web, di mana pengguna dapat meminta halaman web, melalui aplikasi browser web (seperti yang Anda lakukan sekarang) Perangkat lain yang juga dapat dikategorikan sebagai klien adalah perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

Baca juga: 10 Macam Web Browser Terbaik

Server adalah komputer yang dirancang khusus untuk melayani klien dengan memproses permintaan yang telah diterima dari client dan kemudian mengirimkan kembali data respon ke client melalui jaringan.
Pengertian Jaringan Client Server Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Jaringan Client Server Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Server menyimpan informasi dan data yang kompleks yang mungkin dibutuhkan klien, oleh karena itu server biasanya terdiri dari komputer berkinerja tinggi baik dari sisi pemrosesan maupun memori, sehingga server mampu melayani permintaan dari beberapa klien secara bersamaan.

Server juga terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tugas spesifik yang dilakukannya misalnya server surat untuk mengirim dan menerima pesan melalui jaringan, server database untuk memelihara dan mengelola database dan banyak lagi.

Perangkat client dan server biasanya memiliki unit perangkat keras yang berbeda, masing-masing dirancang sesuai dengan tujuannya.

Misalnya pada client harus dilengkapi monitor monitor dengan layar yang bagus dengan antarmuka pengguna grafis, sedangkan server tidak memerlukan resolusi layar yang bagus hanya dengan antarmuka command line.

Kelebihan Jaringan Client Server
Ada kelebihan dan kekurangan pada jaringan client server. Berikut ini adalah keuntungan dari jaringan client server:

1. Sentralisasi Kontrol pada Server
Tidak seperti jaringan peer-to-peer dimana tidak ada server pusat yang mengatur klien, pada jaringan client server ada server yang bertugas mengendalikan akses, sumber daya dan integritas data sehingga program atau klien yang tidak sah tidak dapat mengganggu aktivitas dalam jaringan

2. Backup Terpusat pada Server
Selain itu server juga bisa berfungsi sebagai data backup sentral pada client, dengan menyiapkan sistem backup otomatis pada client. Hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan data jika terjadi kesalahan pada hard disk client.

3. Skalabilitas
Anda dapat dengan mudah menambahkan jumlah komputer atau server pada jaringan server klien tanpa menimbulkan pengaruh besar pada jaringan.

4. Kemudahan Perawatan
Dalam kasus perawatan Anda bisa melakukan akses jarak jauh, agar bisa melakukan perawatan Anda tidak harus dideapn sistem.

5. Keamanan yang Disempurnakan
Server dapat mengatur akses setiap data pada server, dan juga mengatur hak akses masing-masing komputer. Hal ini untuk membatasi aktivitas pengguna sehingga hanya bisa mengakses data yang berhak.

Kekurangan Jaringan Client Server
Sedangkan berikut ini adalah kekurangan dari jaringan client server:

1. Kegagalan di Control Center
Menggunakan server tunggal untuk mengelola sumber daya pada jaringan akan menyebabkan satu titik kegagalan (SPOF) ancaman, yang jika itu terjadi akan mengakibatkan penghentian semua aktivitas di jaringan.

Misalnya, ketika satu server menyimpan database nama pengguna dan kata sandi pada sebuah jaringan, maka jaringan tersebut gagal, pengguna tidak dapat masuk ke jaringan sampai server pulih.

2. Biaya
Dibandingkan dengan jaringan peer-to-peer, biaya yang dibutuhkan untuk jaringan client server jauh lebih mahal, karena untuk membuatnya Anda memerlukan superkomputer yang bertindak sebagai server untuk mengelola jaringan.

Tidak seperti peer-to-peer yang tidak memerlukan dedicated server karena setiap komputer bisa bertindak sebagai client atau sebagai server.

Selain menerapkan arsitektur jaringan server klien Anda memerlukan spesialis TI khusus untuk membangun dan memelihara server agar dapat melayani klien secara terus menerus.

3. Jaringan Melambat
Lalu lintas data yang tinggi pada jaringan client server biasanya akan menyebabkan penundaan server untuk merespons permintaan dari klien. Hal ini dapat terjadi ketika beberapa komputer meminta data secara simultan pada server.

Hal ini sangat fatal karena bisa menyebabkan server mengalami crash dan down sehingga jaringan menjadi lumpuh. Oleh karena itu, pada server biasanya memberikan aturan pembatasan permintaan dari client, hal ini untuk menghindari kejadian di atas atau kemungkinan serangan DDOS.

Sebagai penutup, jika Anda membutuhkan arsitektur jaringan dengan produktivitas tinggi dan skala besar, client server merupakan pilihan yang sangat tepat untuk Anda.

Tapi bagi anda yang memiliki jaringan hanya dengan empat klien tidak ada salahnya menggunakan peer-to-peer untuk dapat berbagi sumber daya. Yang sangat cocok untuk anda tergantung pada budget yang anda miliki dan seberapa besar jaringan komputer yang anda miliki.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Jaringan Client Server Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar