Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 02 November 2017

Pengertian Komputer Mainframe dan Contohnya

Pengertian Komputer Mainframe dan Contohnya - Mainframe merupakan komputer besar yang mampu melayani ratusan program aplikasi secara bersamaan, mendukung lusinan bahasa pemrograman yang berbeda, mampu menyimpan dan mengakses perpustakaan rutin dengan kapasitas yang besar, mampu melayani ratusan transaksi secara bersamaan, bahkan lebih dan kelebihan lainnya.

Komputer ini biasanya berfungsi sebagai pusat data di perusahaan besar. Namun seiring perkembangan zaman, komputer terbaru saat ini secara bertahap akan mampu bersaing dengan keunggulan komputer mainframe ini. Untuk ukuran yang disebut komputer mini dan ukuran lebih kecil disebut microcomputers.

Pengertian Komputer Mainframe dan Contohnya
Pengertian Komputer Mainframe dan Contohnya

Jenis komputer ini menggunakan prosesor yang memiliki kemampuan sangat besar dan ditujukan untuk multi user.

Dengan menggunakan teknologi time sharing maka efeknya tidak begitu dirasakan oleh pengguna. Komputer jenis ini memiliki Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (sekitar 2 lemari) dan ditempatkan di tempat terpisah.

Baca juga: Pengertian CPU dan Fungsinya

Mainframe memiliki keunggulan tidak hanya dalam kecepatan pengolahan data, tapi juga kompatibilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhan.

Mesin ini bisa bekerja untuk waktu yang lama tanpa ada interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan perusahaan untuk menggunakan mainframe.

Biaya yang harus dikeluarkan akan sangat besar jika mesin operasional sehari-hari berhenti beroperasi.

Mainframe adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu pada komputer kelas tertinggi yang terdiri dari komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang kompleks dalam waktu singkat. Mainframe biasanya digunakan oleh banyak pengguna yang dihubungkan oleh terminal.

Mainframe, yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat disebut superkomputer, mampu melakukan perhitungan kompleks yang memakan waktu lama dan biasanya digunakan dalam penelitian para ilmuwan, untuk memproses data perusahaan atau untuk keperluan militer.

Dimiliki oleh beberapa pengusaha.

Berikut adalah contoh beberapa mainframe yang beredar:
· IBM System / 360
· IBM System / 390
· Honeywell-Bull DPS 7
Cray-1 dari Cray Research

Arti istilah Mainframe dianggap erat kaitannya dengan pengertian berikut:
Mainframe adalah jenis komputer besar. Sistem operasi komputer ini mampu menangani ratusan program aplikasi secara bersamaan.

Komputer dengan sistem operasi mampu menyimpan dan mengakses perpustakaan rutin berkapasitas besar, kemudian juga mendukung lusinan bahasa pemrograman yang berbeda, dan bertindak untuk memantau lalu lintas saat beberapa program mencoba mengakses database secara bersamaan.

Karena ukuran dan kemampuan pemrosesan berhubungan secara historis, komputer besar disebut mainframe, sedangkan komputer berukuran menengah disebut minicomputer, dan komputer kecil disebut mikrokomputer.

Supercomputers, kategori tambahan, mulai memiliki relevansi di luar komunitas riset dalam bisnis seperti telekomunikasi, yang memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi untuk menangani perpindahan jaringan yang ekstensif.

Baca juga: Pengertian Superkomputer dan Contohnya

Komputer mainframe biasanya terkonsentrasi di pusat data, sudah lama menjadi sumber energi dari komputasi bisnis.

Dengan berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu, kemampuan mainframe ini sedang dikejar oleh PC.

Mainframe dioptimalkan untuk perkiraan yang relatif sederhana yang melibatkan sejumlah besar keluaran data. bisnis insurans atau aplikasi pengolahan untuk payrollmaking untuk mainframe.

Mainframe biasanya menangani berbagai tugas yang lebih luas (misalnya pengolahan data, pergudangan). sedangkan mainframe biasanya merupakan bagian dari garis model standar pabrikan.

Mainframes cenderung memiliki banyak prosesor tambahan yang membantu prosesor pusat sentral mereka (untuk dukungan kriptografi, kontrol I / O, pemantauan, kontrol memori, dll.) Sehingga "jumlah prosesor" sebenarnya jauh lebih tinggi daripada yang pasti.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Komputer Mainframe dan Contohnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar