Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 15 November 2017

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Pengertian Database Menurut Para Ahli - Apa itu sistem database? Apa perbedaan antara sistem database dan sistem manajemen basis data? Untuk mengetahui pengertian database, maka ada baiknya kita juga mengerti dan juga mengenal terlebih dulu tentang database.

Database atau istilah teknologi yang dikenal dengan Database adalah salah satu hal mendasar untuk dipelajari di jaringan komputer.

Database adalah kumpulan semua data yang ada dalam suatu organisasi dan sejenisnya. Biasanya, database tersimpan di server, yang bisa diakses untuk keperluan tertentu kapan saja.

Dari berbagai database yang ada, seperti contoh MySQL Server dan Oracle yang keduanya berasal dari vendor yang cukup besar. Dari kedua database tersebut harus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pilihan untuk menggunakan database ini ada pada user.

Baca juga:
10 Kelebihan dan Kekurangan MySQL
10 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

Pengguna setidaknya tahu apa kelebihan dan kekurangan database oracle sehingga pengguna bisa membandingkannya dengan kelebihan dan kekurangan MySQL Server.

Fungsi DBMS dalam database sendiri umumnya melakukan pencarian database dan membantu pengguna dalam mengakses data lebih mudah dan aman terintegrasi.

Berikut adalah beberapa pengertian Database menurut para ahli dan juga para ahli jaringan komputer.

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Basis Data Menurut Para Ahli
Pengertian Sistem Basis Data Menurut Para Ahli

1. Gordon C. Everest
Everest menyatakan bahwa Database adalah kumpulan atau kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi, secara formal didefinisikan dan dikendalikan. Pengendalian sistem basis data terpusat, yang biasanya dimiliki dan juga dipegang oleh suatu organisasi.

2. C.J. Date
Date mengatakan bahwa Database adalah kumpulan "data operasional" yang sengaja disimpan dan juga digunakan oleh sistem aplikasi suatu organisasi. Selanjutnya, Date menyebutkan bahwa data yang tersimpan dalam database memiliki tiga jenis data, yaitu Data Input, Output dan juga Operasional.

3. Toni Fabbri
Fabbri, mengatakan bahwa Database adalah sistem dimana terdapat banyak file dan juga data terintegrasi dimana file dan data memiliki primary key untuk melakukan proses pengulangan data.

4. S. Attre
Pendapat lain mengenai pengertian database diungkapkan oleh Attre. Attre mengatakan bahwa Database adalah kumpulan data yang berinteraksi satu sama lain yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk berbagai kebutuhan.

5. Chou
Chou menyediakan definisi database yang lain. Chou mengatakan bahwa database adalah kumpulan informasi yang berguna yang disusun dalam prosedur khusus sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan organisasi.

6. Fabbri dan Schwab
Fabbri & Schwab mengatakan bahwa database adalah sistem penyaringan terpadu yang dirancang untuk meminimalkan pengulangan data.

Dari beberapa pendapat mengenai pengertian database yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa database atau database merupakan kumpulan data yang dapat berupa berbagai file yang tersimpan dalam penyimpanan khusus yang digunakan untuk manfaat sebuah organisasi dan bisa diakses atau digunakan oleh siapa saja yang memiliki hak dan juga membutuhkannya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Database Menurut Para Ahli

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar