Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 02 November 2017

Pengertian Torrent dan Bittorent dan Cara Kerjanya

Pengertian Torrent dan Bittorent dan Cara Kerjanya - Kata "download via torrent" pasti sering anda jumpai saat akan mendownload file yang memiliki ukuran besar. Banyak dari Anda mungkin perlu mencoba mendownload file menggunakan torrent, terutama jika Anda tidak tahu apa dan bagaimana cara kerja dari torrent ini.

Jika anda klik tombol download, file yang didownload hanya dengan file kecil dengan ekstensi .torrent, anda bingung karena file tersebut sangat berbeda dengan file yang ingin anda download.

Oleh karena itu, ada alasan Anda mendengarkan penjelasan berikut tentang apa itu torrent dan bittorrent, bagaimana cara kerja, dan apa kelebihan dibanding unduhan biasa sehingga nantinya Anda tidak lagi bingung saat menghadapi masalah yang sama.

Pengertian Torrent

Kata Torrent disini sebenarnya ada di file komputer dengan ekstensi .torrent. File sudah memiliki ukuran kecil, karena file torrent tidak berisi file yang akan Anda download, pelampung hanya berisi informasi tentang file yang akan Anda download.

Informasi adalah informasi pelacak, nama file, ukuran file, struktur folder, dan informasi lainnya yang diperlukan untuk memulai download.

Untuk mulai mendownload dari torrent memerlukan aplikasi downloader khusus yang mendukung protokol Bittorrent yang disebut klien Bittorrent, misalnya Utorrent atau Qbittorrrent.

Setelah Anda menginstal aplikasi, secara otomatis akan mendaftarkan ekstensi .torrent pada sistem Anda, jadi jika Anda ingin mendownload hanya dengan mengklik dua kali file torrent.

Pengertian Bittorrent

Pengertian Torrent dan Bittorent dan Cara Kerjanya
Pengertian Torrent dan Bittorent dan Cara Kerjanya

Bittorrent adalah protokol komunikasi peer-to-peer yang digunakan untuk berbagi file besar seperti film, serial TV, permainan atau aplikasi.

Baca juga: Manfaat Jaringan Peer to Peer
Pengertian Protokol Jaringan dan Jenisnya

Berbeda dengan metode download biasa, Bittorent menggunakan bandwidth internet yang kecil tapi dengan kecepatan maksimal. Ini timbul Bittorrent membagi file yang akan Anda download menjadi beberapa bagian kecil, untuk memahami bagaimana karya bittorrent akan membahas pada poin berikutnya.

Bittorrent pertama kali diciptakan oleh seorang pemrogram Bram Cohen pada tahun 2001, sebelum bekerja di satu perusahaan bernama MojoNation, sebuah perusahaan yang menggunakan sistem sharing peer-to-peer open source yang digunakan untuk berbagi konten digital dengan menggunakan bandwidth rendah.

Bittorrent berbeda dari sistem jaringan peer-to-peer yang khas, hanya pada satu komputer, yang jika komputer Anda mati, akan gagal. Ubah dengan bittorrent menggunakan tracker untuk memandu Anda ke lokasi file yang ingin Anda download.

Cara Kerja Torrent dan Bittorrent 
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, file-file di Bittorrent dipecah menjadi beberapa bagian kecil yang kemudian disebut potongan.

Pelacak kemudian menginstruksikan seeder untuk membagi file yang didownload ke komputer Anda, komputer Anda dalam kasus ini disebut leecher.

Tidak hanya itu, pelacak juga memungkinkan Anda menukar potongan dengan seseorang yang sedang mendownload juga, sehingga Anda bisa menerima berbagai potongan terus menerus.

Setelah download anda selesai maka status anda akan berubah dari leecher menjadi seeder, sehingga anda bisa membagi file tersebut ke leecher lain yang membutuhkannya.

Mengunduh file secara terpisah sekaligus memecahkan masalah umum dalam metode peer-to-peer, yang pada umumnya. Hal ini tentunya berdampak besar terhadap kecepatan transfer data yang dilakukan.

Download Torrent yang berbeda dengan Download Biasa
Pernahkah Anda mendownload file besar dari sebuah situs web dan bisa jadi hari selesai, maka file server sangat lambat. Apalagi saat banyak orang juga mendownload file sekaligus.

Inilah yang membedakan antara unduhan biasa dengan mendownload menggunakan torrent. Saat mendownload yang biasa, Anda mendownload file dari satu server saja, lalu dengan menggunakan Bittorrent Anda bisa mendownload file dari berbagai sumber di seluruh internet.

Kecepatan download bittorrent akan semakin cepat saat lebih banyak orang dilibatkan dalam jaringan.

Hal kedua yang membuat bedanya adalah saat anda mendownload file dari sebuah website, pada download anda biasanya klik tombol download maka file yang anda inginkan akan di download, tidak seperti torrent.

Saat anda mengklik tombol download, maka anda hanya akan mendapatkan file torrent dengan ekstensi .torrent, bukan file yang ingin anda download.

File torrent ini kemudian akan membawa Anda ke file download nyata, yang diperoleh dari orang-orang yang telah berhasil mendownloadnya atau bahkan sedang dalam proses mendownload. File Torrent sangat penting, karena tanpanya Anda tidak bisa memulai download.

Banyak orang mempertanyakan legalitas penggunaan Bittorrent, kebanyakan orang memiliki pandangan negatif karena beberapa orang menggunakan Bittorrent untuk berbagi file bajakan.

Ada juga beberapa orang yang menggunakan Bittorrent ini untuk memasang jebakan yang memberitahu Anda untuk pergi ke situs yang telah dilengkapi dengan malware.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Torrent dan Bittorent dan Cara Kerjanya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar