Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 21 November 2017

Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya - VirtualBox atau yang dikenal sebagai Oracle VM VirtualBox adalah mesin virtual open source untuk sistem komputer 32 bit (x86) yang tersedia secara gratis dan komersial.

 Perangkat lunak VirtualBox saat ini dikembangkan oleh Oracle Corporation. VirtualBox yang dirilis secara gratis ada di bawah lisensi GPL versi 2, untuk komponen tambahan yang tersedia sesuai persyaratan lisensi PUEL.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

VirtualBox dapat diinstal di beberapa sistem operasi host termasuk di Linux, MacOS, Windows, Solaris, dan OpenSolaris. Untuk mengetahui sebagian besar contoh sistem operasi komputer dan penjelasan seperti host OS VirtualBox dan lain-lain.

Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Perangkat lunak ini mendukung terciptanya manajemen mesin virtual tamu dan turunannya dari Windows, Linux, BSD, OS / 2, Solaris, haiku, OS x86, dan lain-lain. Untuk Apple hanya terbatas virtualisasi yang tersedia pada perangkat keras mac OS tamu.

Perangkat lunak VirtualBox dapat memungkinkan pengguna menjalankan sistem operasi di sistem operasi lain. Entah itu Windows, Linux, atau sistem operasi lain yang bisa dijalankan melalui VirtualBox.

Misalnya jika kita ingin memuat sistem operasi lain di windows 8 karena kelebihan dan kekurangan windows 8. Kita bisa menggunakan VirtualBox untuk melakukannya.

Cukup melamar dari VirtualBox yang mirip dengan proses emulasi android di komputer. Emulator android terbaik bisa melakukan hal yang sama dengan VirtualBox.

Vmware Player dan VirtualBox adalah dua paket perangkat lunak virtualisasi untuk sistem arsitektur komputer x86. Kedua perangkat itu adalah perangkat lunak yang banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya.

VirtualBox bila dibandingkan dengan VMware Player tidak memiliki perbedaan yang signifikan sehingga sulit untuk menentukan mana yang terbaik karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan dari VirtualBox

Salah satu keuntungan dari VirtualBox adalah penggunaannya yang sederhana dan proses instalasi yang mudah. Tidak butuh waktu lama untuk mendownload dan menginstal perangkat lunak.

Kesederhanaannya juga membuat VirtualBox menjadi pilihan terbaik bagi pengguna rumahan yang ingin menggunakan Sistem Operasi yang berbeda pada komputer mereka.

Ukurannya yang kecil membuat perangkat lunak ini bisa disimpan dengan menggunakan ukuran yang relatif kecil pada pengguna ruang hard disk. Inilah keuntungan lain dari VirtualBox.

menawarkan built-in GUI berbasis Wizard untuk mengkloning sebuah VM,
menawarkan snapshot VM built-in, dan mendukung snapshot secara ganda,
mendukung banyak penggambaran disk gambar (misalnya, vmdk, vhd, hdd, qed, dan qcow),
mendukung beberapa monitor virtual untuk tamu dari VM,
dapat diinstal OS X sistem operasi, Windows 7, Windows 2008 Server, Solaris, OpenSolaris, FreeBSD,
upgrade versi minor yang ada lebih sering terjadi,
Built in-command line terlihat lebih komprehensif, untuk membuat dan menjalankan VM. (misalnya VboxManage).

Kekurangan dari VirtualBox

Bila dibandingkan dengan workstation Windows Virtual PC dan Vmware. VirtualBox tidak muncul dengan banyak fitur yang berbeda secara signifikan.

Baca juga: Konsep Sistem Virtualisasi dengan VMware

Meski fitur yang ada di VirtualBox sudah cukup bagi pengguna biasa untuk menjalankan software, terkadang beberapa pengguna VirtualBox membutuhkan penggunaan lebih banyak fitur agar bisa menjalankan berbagai tugas yang lebih kompleks. Berikut adalah beberapa kelemahan dalam VirtualBox:

Selain kekurangan yang telah disebutkan jika menggunakan VirtualBox juga ada kekurangan dalam hal keamanan. Bila Anda membuka saluran komunikasi, jika koneksi tidak aman, pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menyalahgunakan akses.

Dalam situasi tertentu penggunaan mesin virtual untuk memuat sistem operasi atau aplikasi yang tidak dipercaya. Tamu tambahan bisa memberikan masalah baru karena munculnya risiko negatif yang bisa terjadi.

Ada lebih banyak kode di loader keamanan, serta risiko bug yang bisa memasukkan kode baru ke mesin virtual yang bisa mempengaruhi performa host.

Fitur tambahan yang ada dapat meningkatkan efisiensi penggunaan VirtualBox, namun hal ini bisa membuat data yang terkandung di dalamnya juga rentan terhadap penyalahgunaan. Misalnya sebuah aplikasi di Virtual Machine bisa mengintip atau menyalin semua konten clipboard pada host.

NAT dari VM tamu diisolasi dari yang lain, dan tidak dapat berkomunikasi satu sama lain.
Bridged Networking atau host-only networking diperlukan jika tamu VM perlu berkomunikasi satu sama lain pada jaringan layer 2.
Tidak mendukung dukungan virtualisasi sarang perangkat keras.
Tidak mendukung penggunaan tipe USB 3.0
VirtualBox sebagai salah satu perangkat lunak Virtual Machine juga bisa melakukan pengoperasian jenis cloud computing dengan berbagai metode yang dapat meningkatkan kinerja komputasi awan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar