Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 15 November 2017

Perangkat Lunak Untuk Perusahaan

Perangkat Lunak Untuk Perusahaan - Memulai langkah membangun bisnis dengan sistem, terkadang kita menghadapi dilema dan situasi yang tidak menentu. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya pengalaman, terutama karena status kita sebagai pengusaha awam.

Kita seharusnya tidak mengalami hal seperti itu, karena kecanggihan teknologi melalui berbagai perangkat lunak dan sistem komunikasi dan informasi via internet, semestinya bisa membantu kita. Paling tidak, bantuan yang kita dapatkan adalah dalam bentuk aplikasi praktis yang bisa kita terapkan untuk berbagai kebutuhan kita.

Toh, membangun perusahaan yang memiliki sistem dan optimisme yang baik harus didukung oleh berbagai aspek. Salah satu aspek yang bisa dipertimbangkan adalah tersedianya berbagai aplikasi perangkat lunak perusahaan.

Perangkat lunak aplikasi enterprise dan layanannya, di internet sendiri, menawarkan banyak layanan. Entah itu hanya menawarkan produk dan instalasi perangkat lunak, atau lengkap dengan berbagai layanan dan jasa konsultasi. Yang pasti kita tahu lebih baik apa yang dibutuhkan untuk memperkuat fondasi perusahaan kita.

Pengertian ERP dan Fungsinya
ERP adalah Enterprise Resorce Planning, atau sebuah konsep rencana besar (big plan) sistem informasi yang ditujukan untuk perusahaan manufaktur dan jasa yang berkontribusi untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses bisnis yang berkaitan dengan aspek operasi produksi dan distribusi di perusahaan yang bersangkutan.

Perangkat Lunak Untuk Perusahaan
Perangkat Lunak Untuk Perusahaan 
ERP digunakan untuk mengelola semua aktivitas perusahaan termasuk keuangan, produksi HRD, pemasaran, supply chain, logistik, dan lain-lain. Hal inilah yang juga menyebabkan ERP sering disebut Back Office yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan masyarakat pada umumnya tidak terlibat dalam sistem ini.

ERP melalui serangkaian fasilitas dan infrastruktur, memiliki peran dan tujuan, termasuk,
1. Otomatisasi dan integerasi dari banyak proses bisnis

2. Berbagi database dan praktik bisnis umum melalui perusahaan

3. Menghasilkan informasi real time

4. Memungkinkan integrasi kegiatan pemrosesan dan perencanaan transaksi

Dengan penjelasan singkat di atas, dapat diperoleh beberapa poin tentang kelebihan ERP, yaitu,

In1. integrasi antara area fungsional yang berbeda untuk memastikan komunikasi, produktivitas dan efisiensi yang tepat.

R2. Desain teknik.

M3 Mengelola dan mengelola sistem saling ketergantungan dan proses penagihan material yang kompleks.

P4. Melacak dari 3 sistem yang berbeda yaitu pembelian, penerimaan persediaan, dan pembiayaan

P5. Pelacakan pesanan dan penerimaan sampai pemenuhan

A6. Akuntansi untuk keseluruhan tugas: melacak pendapatan, biaya dan keuntungan di tingkat inti

Namun, untuk penyediaan fungsi ERP ini masih memiliki harga yang cukup mahal, karena selain tersedianya perangkat lunak dengan fitur fitur yang kompleks, serta paket dengan layanan konsultasi, penyediaan infrastruktur lainnya.

Fungsi database
Database adalah seperangkat data yang tersimpan secara sistematis di komputer dan dapat diproses dan dimanipulasi dengan aplikasi tertentu untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Fungsi database ini sangat penting bagi perusahaan yang mengandalkan keefektifan pengelolaan data sangat banyak. Data Jumalh yang banyak dan terkadang beberapa di antaranya adalah data sensitif, tentunya harus dikelola dengan baik dan hati-hati sehingga tidak ada masalah bila dibutuhkan nantinya.

Bentuk database yang sering digunakan adalah,

Database hirarkis
Biasa digunakan untuk jaringan komunikasi data berupa bagan atau struktur mirip pohon. Hirarki basis data dasarnya adalah, penggambaran realitas dalam suatu organisasi berupa data komputer.

Database Jaringan
Database Jaringan menggunakan sistem jaringan sebagai media untuk bertukar informasi. Jenis database ini dibuat karena jaringan komunikasi memiliki topologi mesh, sehingga bentuk ini.

Baca juga: Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Database Relasional
Bentuk database yang paling fleksibel dan terbuka. Penggunaan tipe database ini biasanya hanya untuk kebutuhan lokal saja.

Jenis Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Perusahaan
Dalam penerapan aplikasi, database disediakan oleh berbagai aplikasi perangkat lunak ternama di kelasnya. Berikut adalah beberapa daftar tipe teknologi database, yaitu '

MySQL, aplikasi manajemen database yang dikembangkan oleh Oracle (dahulu Sun dan MySQL AB). Salah satu manajer database yang paling banyak digunakan di dunia, dan biasanya digunakan untuk aplikasi web.

SQLite, seperti MySQL yang memiliki sifat Open Source, dikembangkan oleh D. Richard Hipp. Ukurannya sangat kecil, penggunaan database ini biasa digunakan pada browser dan beberapa aplikasi android. Baca juga: Perkembangan Sistem Operasi Open Source

Microsoft SQL server, aplikasi manajemen database yang bersifat komersial namun ada juga versi freeware, yang dikembangkan oleh Microsoft. Biasanya digunakan di berbagai versi microsoft windows.

Oracle, propiriearty atau komersial, dikembangkan oleh Oracle Corporation. Terbagi menjadi beberapa varian yang sesuai dengan kebutuhan segmen dan tujuan yang berbeda. Oracle biasanya digunakan oleh perusahaan besar karena harganya lebih mahal dibanding aplikasi lainnya.

IBM DB2, adalah aplikasi manajer database yang dikembangkan oleh IBM dalam kepemilikan. DB2 terbagi menjadi 3 varian, yaitu DB2 untuk linux, Unix, dan windows, DB2 untuk z / OS (mainframe), dan DB2 untuk iSeries (OS / 400)

Dan yang lainnya, seperti PostgreSQL atau Postgres, MongoDB, dan webDNA.

Terlepas dari penggunaan ERP dan Database sebagai perangkat lunak yang mendukung berjalannya sistem perusahaan yang akan kita bangun. Perangkat lunak lain yang harus diperhatikan adalah kebutuhan perangkat lunak POS (Point of Sale), perangkat lunak akuntansi, dan perangkat lunak Customer Relationship, yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Pada akhirnya, kehadiran Miscellaneous Software Applications Company akan menjadi alat, dan sarana yang akan memudahkan perusahaan sistem operasi yang kita bangun.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perangkat Lunak Untuk Perusahaan

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar