Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 04 November 2017

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC - Anda tentu tahu memori RAM bukan namanya? Tapi tahukah anda bahwa RAM memiliki 2 jenis tipe RAM memory server dan RAM memory type PC.

Tapi tahukah anda apa perbedaan antara RAM Server dan Memori RAM PC. Seperti namanya tentu saja kedua jenis RAM ini memiliki perbedaan, terutama pada fungsi RAM sendiri. Tapi bagi orang awam tidak akan tahu bedanya apa, sekilas sama dna punya fungsi yang sama, tapi digunakan untuk dua RAM yang berbeda ini.

Bahkan jika Anda orang awam, Anda tentu tahu nama RAM. RAM atau yang merupakan singkatan dari Random Access memory adalah memori utama yang dibutuhkan dalam operasi komputer dimana RAM digunakan sebagai media penyimpanan sementara saat komputer menyala. Dimana fungsinya mendukung dan melayani prosesor dalam menjalankan proses komputasi.

Baca juga: Pengertian RAM dan Fungsinya

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC
Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC

RAM juga menjadi salah satu perangkat keras utama HARUS di dalam rangkaian komponen komputer. Adapun cara kerja RAM yang digunakan untuk menyimpan data dari harddisk atau untuk memasok data pada prosesor agar bisa diproses.

Dimana semakin besar kapasitas RAM maka kinerja komputer akan lebih baik pula. Itu berarti jumlah kapasitas RAM akan sangat mempengaruhi performa komputer.

Seperti namanya Memory RAM Server dan Memory RAM sudah jelas biasanya digunakan untuk komputer desktop atau PC biasa.

Sedangkan server RAM juga digunakan untuk PC namun PC yang digunakan memiliki peran sebagai server. Dimana performansi server lebih berat dibanding PC Memory RAM.

Perbedaan antara Memori RAM ECC dan RAM Non ECC
Dengan kata lain ukuran kapasitas yang disediakan pada RAM PC dengan RAM server RAM pastinya lebih besar. Karena tentu performa yang dibutuhkan juga lebih besar. Jadi saat RAM ini tidak digunakan di tempat performa yang dihasilkan juga tidak optimal.

Dimana saat PC RAM digunakan pada server PC pasti akan membuat PC server menjadi lambat. Begitu juga sebaliknya meski kapasitasnya lebih tinggi, namun jika RAM server digunakan untuk PC biasa maka performa yang dihasilkan tidak maksimal dan akan membuat PC menjadi lambat karena RAM yang digunakan terlalu besar.

Istilah tipe RAM yang digunakan untuk RAM PC dan RAM server dikenal dengan RAM ECC dan RAM non ECC (RAM biasa), dimana perbedaan antara keduanya terletak pada perbedaan fisik jumlah chip.

Jumlah chip di ECC RAM lebih banyak memilih chip. Penggunaan RAM ECC untuk server yang membutuhkan stabilitas tinggi. Namun pada penggunaan jenis RAM ini untuk performa maksimal sebaiknya didukung dengan motherboard dan prosesor yang sesuai.

Lain halnya dengan RAM non ECC yang memiliki chip lebih sedikit sehingga lebih cocok untuk PC biasa. Sedangkan untuk komputer server lebih sering menggunakan RAM Memory Server ECC.

Dengan melihat perbedaan penggunaan RAM, kita dapat menyimpulkan dari sini bahwa pada dasarnya, antara komputer server dan komputer PC biasa adalah komputer yang sama, hanya saja menggunakan kegunaan, fitur, dan spesifikasi perangkat keras komputer yang berbeda. Dimana biasanya spesifikasi komputer server jauh lebih bagus dan lebih besar dari komputer PC.

Begitulah informasi tentang Memory Difference RAM Server dan PC Memory RAM. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Mudah-mudahan dari penjelasan di atas, Anda bisa mengetahui penggunaan hardware yang tepat untuk komputer server dengan komputer PC.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar