Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Wednesday, December 13, 2017

3 Cara Overclock Processor AMD yang Harus Diperhatikan

3 Cara Overclock Processor AMD yang Harus Diperhatikan - Overclock adalah aktivitas untuk mengatur beberapa pengaturan pada prosesor agar bisa diupgrade ke kemampuan maksimalnya. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional di bidang komputer.

Dengan overclock, pengguna komputer bisa mendapatkan kinerja komputer yang lebih baik meski menggunakan komponen yang sebenarnya kinerjanya normal.

Overclock sangat erat kaitannya dengan gamer, karena gamer menginginkan tampilan game yang diputar lebih terlihat dan tidak bermasalah.

Komponen komputer yang menjadi objek untuk peningkatan kinerja adalah prosesor. Salah satu merek prosesor yang ada di pasaran saat ini adalah AMD.

3 Cara Overclock Processor AMD yang Harus Diperhatikan
AMD


Untuk meningkatkan kinerja prosesor AMD agar bisa mencocokkan performa prosesor terbaru, Anda bisa melakukan beberapa cara overclocking yang akan kita bahas di bawah ini.

Namun, sebelum Anda memulai overclocking, dengan metode apa pun yang Anda tahu, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Anda harus tahu bahwa overclocking prosesor memiliki risiko sangat rentan dan bisa menimbulkan masalah. Yang pasti, dengan overclocking pada prosesor akan membuat Anda kehilangan garansi.

Kedua, langkah overclocking ini bisa membuat laptop Anda rusak permanen jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Jadi jika Anda tidak siap menghadapi risikonya, kami sarankan agar Anda meninggalkan niat Anda sebelum melangkah terlalu jauh.

Selain itu, ada beberapa hal tentang artikel ini, diantaranya:

Kami tidak bertanggung jawab jika kita overclock prosesor AMD yang kita bahas menyebabkan laptop atau komputer Anda rusak, meledak, terbakar, atau kerugian lainnya.

Jika Anda melakukan semua langkah dalam artikel ini, maka kami menganggap Anda sudah familiar dengan kemungkinan risiko.

Sebelum Anda melakukan overclock, jangan ragu untuk membaca hal-hal yang berkaitan dengan batasan setting yang mungkin pada prosesor AMD Anda di situs resmi AMD. Temukan juga informasi tentang modul RAM yang Anda gunakan.

Untuk mendapatkan informasi rinci tentang prosesor dan RAM, Anda bisa mendownload beberapa perangkat lunak seperti CPU-Z atau Speccy. Loh, kenapa RAM juga harus diperhatikan juga?

Sebagai informasi Anda, saat Anda overclock prosesor, maka secara otomatis RAM yang ada di komputer Anda harus overclock juga.

Nah, berikut beberapa cara overclocking prosesor AMD yang bisa Anda ikuti.

1. Cara Overclock Laptop Processor Dengan Mengatur Setting BIOS
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meng-overclock prosesor AMD adalah dengan menyesuaikan setting BIOS pada laptop atau komputer Anda. Ternyata, ada beberapa setting di BIOS yang bisa Anda gunakan untuk overclock pada prosesor AMD Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Masuklah ke BIOS dengan menekan F1, F2, F8, atau Delete, tergantung pada merek laptop atau komputer yang Anda gunakan. Jika Anda tidak menemukan tombol khusus, lihat manual laptop atau komputer Anda atau Anda bisa mencari tahu melalui internet.

Sebagian besar laptop dan komputer memiliki tombol go-to BIOS, itu saja, jika bisa Anda katakan.

Cari tab menu untuk pengaturan CPU
Beberapa jenis laptop atau komputer memungkinkan penggunanya mengakses setting yang lebih kompleks. Jika Anda tidak bisa atau lebih tepatnya tidak overclock melalui BIOS, silahkan lanjutkan ke cara lain.

Aktifkan CPU Host Clock Controller atau sejenisnya pada halaman pengaturan CPU. Jika sudah ditemukan, coba naikkan frekuensi CPU sekitar 5 persen dan simpan pengaturannya.

Restart laptop atau komputer Anda dan periksa apakah ada masalah dengan kestabilannya. Jika setelah pemakaian normal sekitar 5 sampai 10 menit tidak ada yang aneh, Anda bisa mengulangi lagi langkah ketiga di atas dengan menaikkan susunan sekitar 20 persen.

Setelah itu, amati lagi apakah ada gejala aneh seperti suhu yang berlebihan, aplikasi sering mogok, atau tiba-tiba muncul layar biru. Jika Anda pernah mengalami gejala ini, segera matikan laptop Anda sesegera mungkin. Kemudian masuk lagi BIOS, dan kurangi frekuensi CPU sampai 5 persen.

Pastikan Anda tidak mengalami gejala apapun komputer tidak bisa masuk BIOS jika melakukan cara ini.

2. Overclock Prosesor Laptop Dengan Perangkat Lunak Pihak Ketiga
Sebenarnya, cara overclock prosesor laptop dengan software pihak ketiga kurang lebih sama seperti cara pertama di atas, yaitu saat Anda melakukannya dengan mengganti beberapa setting di BIOS.

Alasannya karena Anda berdua menetapkan beberapa pengaturan agar performa prosesor menjadi lebih maksimal. Kali ini, Anda akan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Hal ini bisa dilakukan jika laptop BIOS atau komputer Anda tidak memungkinkan untuk mengubah pengaturan di dalamnya. Jadi sebaiknya Anda menggunakan software lain yang memungkinkan pengguna untuk mengubah setting di BIOS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Download dan instal perangkat lunak prosesor overclock yang sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer Anda. Tentunya, software tersebut harus digunakan pada prosesor AMD.

Jalankan perangkat lunak overclocking, dan cari bagian untuk mengatur pengaturan CPU.
Angkat pengaturan pengali bus sisi depan dari 5 persen menjadi sekitar 20 persen. Juga meningkatkan clock speed.

Gunakan software stress testing untuk menguji kestabilan sistem pada komputer atau laptop Anda.

3. Overclock Prosesor Laptop Dengan Overdrive (AMD)
Sebagai informasi, perangkat lunak resmi untuk overclocking yang dirilis oleh AMD (Overdrive) hanya bisa digunakan pada prosesor AMD kelas atas. Perangkat lunak resmi AMD juga bisa digunakan sebagai cara untuk meningkatkan AMD VRAM. Berikut adalah langkah-langkah yang harus digunakan:

Download dan instal aplikasi AMD OverDrive. Baca dokumentasi perangkat lunak sampai Anda mengerti untuk menghindari kesalahan.

Ikuti semua petunjuk dalam manual. Jangan menaikkan prosesor kecepatan clock melebihi parameter atau nilai yang direkomendasikan oleh AMD.

Jalankan perangkat lunak pengujian stres selama sekitar 12 jam untuk menentukan apakah pengaturan overclock Anda layak dilanjutkan atau perlu diubah lagi.

Berbicara tentang overclocking, ada hal yang harus Anda perhatikan, termasuk:

Pastikan Anda memahami semua risikonya

Siapkan dana cadangan untuk membeli komputer atau laptop baru (ini serius lohh)

Bacalah kembali buku petunjuk atau instruksi yang tersedia sampai Anda yakin
Siapkan semua peralatan yang diperlukan

Pastikan kipas dan lubang pembuangan di komputer atau laptop Anda bersih, sehingga panas yang timbul bisa cepat hilang

Lepaskan baterai laptop. Ini untuk berjaga-jaga jika laptop menjadi tidak stabil, Anda cukup mematikannya dengan menarik kabel ke sumber listrik.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan saat melakukan overclocking?

Jika terjadi sesuatu, jangan panik dulu.
Pastikan Anda tahu tanda-tanda awal sistem tidak stabil. Salah satunya seperti karakteristik prosesor yang rusak.

Gunakan kipas pendingin tambahan yang sumber dayanya terpisah dari laptop atau komputer Anda.

Usahakan untuk tidak menggunakan power dari port USB untuk menyalakan kipas angin

Angkat kecepatan sistem sedikit demi sedikit. Jangan melompat drastis

Pastikan Anda mengetahui lokasi baterai BIOS dan jumper reset BIOS

Lakukan tes stabilitas dengan menggunakan software benchmark. Amati jika komputer atau laptop Anda hang.

Periksa suhu. Jangan sampai CPU memanas karena suhunya melebihi 70 derajat saat sistem sedang sibuk. Bagi pengguna AMD, Anda bisa menggunakan software SpeedFan.

Setelah overclocking, Anda juga harus melakukan hal berikut:
Jika sistem berjalan lancar, perhatikan pengaturan yang Anda ubah, sehingga bila terjadi sesuatu nanti, Anda bisa mengaturnya kembali dengan aman.

Kembalikan semua perubahan ke pengaturan normal, bila Anda tidak memerlukan kinerja super tinggi yang Anda harapkan. Tak pelak, overclock akan berakibat pada konsumsi tenaga listrik yang meningkat.

Begitu banyak artikel kita saat ini tentang cara overclock prosesor AMD. Semoga artikel kami bermanfaat bagi Anda yang ingin memperbaiki performa prosesor AMD-nya dengan cara overclocking.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Cara Overclock Processor AMD yang Harus Diperhatikan

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment