Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sunday, December 10, 2017

Cara Memperbaiki Bluetooth Laptop yang Rusak Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Bluetooth Laptop yang Rusak Dengan Mudah - Bluetooth adalah media transfer data nirkabel (wireless) yang cukup populer disamping penggunaan media transfer lainnya. Ini karena tingkat kemudahan dan efisiensinya cukup baik bagi sebagian besar pengguna, terutama pengguna ponsel dan laptop.

Fungsi Bluetooth pada komputer sangat penting jika Anda ingin memudahkan proses transfer data antar perangkat yang memiliki perangkat Bluetooth.

Sebagian besar laptop sekarang memiliki perangkat bluetooth yang disediakan bersama dengan laptopnya. Karena itu Anda tidak perlu repot lagi membeli adaptor eksternal agar bisa menggunakan Bluetooth.

Penggunaan Bluetooth juga semakin terasa dalam kehidupan modern saat ini, mulai dari proses transfer data, memutar audio pada speaker atau menggunakan perangkat keras nirkabel seperti keyboard dan mouse nirkabel.
Cara Memperbaiki Bluetooth Laptop yang Rusak Dengan Mudah
Cara Memperbaiki Bluetooth Laptop yang Rusak Dengan Mudah


Penggunaan Bluetooth lebih diutamakan oleh banyak orang karena prosesnya cukup mudah dan tidak merepotkan. Mouse nirkabel yang bermasalah bluetoothnya bisa menjadi penyebab wireless mouse tidak bekerja dengan baik.

Meski sudah banyak digunakan orang Bluetooth perlu dikenali pasti dari masalah. Untuk penggunaan Bluetooth, terutama pada laptop, sering bisa mengalami masalah atau kerusakan terutama pada sistem perangkat lunak.

Dengan berkembangnya teknologi pengembangan perangkat lunak sampai saat ini masalah ini sudah mulai diatasi.

Disini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara memperbaiki laptop Bluetooth yang rusak. Tapi sebelum kita membahasnya akan lebih baik jika kita tahu sedikit tentang apa - apa penyebab Bluetooth rusak di laptop

Penyebab Bluetooth rusak pada Laptop
Sama seperti perangkat keras lain yang umumnya dipasang di komputer atau sistem laptop. Perangkat ini juga sangat rentan terhadap kerusakan dan masalah. Banyak pengguna mengeluhkan perangkat Bluetooth yang tidak bisa berfungsi dengan baik dan seringkali tidak bisa berfungsi sama sekali.

Perangkat Bluetooth yang tidak bisa digunakan dengan benar cenderung berada dalam mode disabled yang membuat proses transfer data baik saat mengirim data atau menerima data tidak bisa berjalan dengan baik.

Seringkali ini adalah masalah yang tidak disadari oleh pengguna. Penyebab bluetooth yang tidak berfungsi dengan baik bisa jadi karena tidak terdeteksi perangkat Bluetooth pada laptop yang Anda gunakan.

Ini bisa dilihat dengan tanda bahwa mode Bluetooth invisible aktif. Anda perlu memperhatikan bagaimana cara menyalakan bluetooth di laptop.

Selain karena masalah fungsi Bluetooth yang tidak berfungsi dengan baik pada laptop adalah gangguan yang disebabkan oleh virus, malware, atau salah urus penggunanya. Masalah ini juga bisa membuat perangkat Bluetooth tidak bisa berfungsi dengan baik.


Baca juga: Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop
Baca juga: Ciri Ciri Komputer Terkena Virus

Memperbaiki Perbaikan Bluetooth Pada Laptop Secara Umum.
Setelah mengenal sedikit tentang penyebab Bluetooth rusak pada laptop. Hal ini dapat dipertimbangkan untuk mengetahui masalahnya pada perangkat Bluetooth Anda, sebelum Anda memperbaikinya.

Berikut adalah langkah - langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki laptop yang rusak bluetooth.

Pertama buka jendela Windows Service pada Laptop Anda.
Untuk melakukan itu pilih tombol Start.
Kemudian di menu pencarian jenis layanan.
Nantinya akan muncul pilihan layanan yang berkaitan dengan layanan, pilih "Services.exe" atau layanan.
Selain cara sebelumnya Anda juga bisa menggunakan tombol Windows + R (Tekan Tombol Windows dan Keyboard R secara bersamaan).
Setelah Anda menekan tombol keyboard akan muncul jendela kecil, ada tipe service.msc.

Setelah jendela layanan terbuka, cari layanan Bluetooth Support Service dan Bluetooth Service.
Kemudian pada fitur Layanan Dukungan Bluetooth, lihat apakah keduanya "Disabled" atau "Started"
Jika Anda melihat status di Disabled, klik kanan pada layanan Bluetooth, lalu aktifkan fitur ini.
Setelah itu pilih tombol start.

Untuk mengaktifkan Bluetooth secara langsung saat Windows memulai Startup, Anda dapat memilih Bluetooth Support Service, lalu klik kanan, dan pilih properties.
Lihat tab Startup.
Dalam pemilihan pilih bagian otomatis.
Setelah Anda melakukan pengaturan tadi. Simpan semua perubahan dengan menekan tombol OK.

Solusi di atas adalah solusi untuk masalah bagaimana memperbaiki laptop Bluetooth yang paling sering rusak. Jika solusi di atas masalah tidak bisa menyelesaikan masalah pada laptop Anda Bluetooth rusak.

Mungkin penyebab masalah Bluetooth laptop Anda rusak tidak umum terjadi, dan ini bisa disebabkan oleh driver Bluetooth yang bermasalah.

Berikut adalah cara memperbaiki blutooth laptop yang rusak yang mungkin disebabkan oleh driver bermasalah.

Perbaikan Laptop Bluetooth Rusak Akibat Driver dalam Trouble.
Sebelum kita membahas tentang bagaimana mengatasi masalah Anda harus memastikan bahwa Bluetooth Anda benar-benar tidak bekerja dengan baik.

Anda dapat menginstal ulang driver Bluetooth Anda yang dapat diperoleh bersamaan dengan DVD instalasi laptop Anda, atau dari situs resmi laptop atau penyedia perangkat Bluetooth Anda.

Anda juga bisa menggunakan software pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet untuk membantu mengupdate driver di laptop Anda dengan lebih mudah.

Dalam memecahkan cara memperbaiki laptop yang rusak bluetooth ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini:

Memperbarui Bluetooth Driver
Driver Bluetooth yang tidak didukung dapat menyebabkan masalah kinerja dari perangkat Bluetooth. Untuk memperbarui driver Bluetooth, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Periksa driver Anda di My Computer
Kemudian pilih fitur Device Manager
Klik kanan pada Driver Bluetooh yang Anda gunakan
Klik Update Driver, nantinya Windows akan melakukan pengecekan pada update yang ada.
Setelah itu proses update akan dilakukan secara otomatis.
Gunakan perangkat lunak eksternal untuk memperbarui driver Anda.

Menggunakan perangkat lunak eksternal untuk mengupdate bluetooth bisa mengatasi sebagian besar masalah terkait penggunaan transfer data Bluetooth.

Namun, untuk memperbarui driver Bluetooth, Anda perlu mengkonfigurasi semua driver yang terkait dengan Bluetooth Anda. Berikut adalah langkah - langkahnya.

Unistall Driver Bluetooh yang ada di komputer Anda.
Setelah itu restart sistem anda, nanti sistem anda akan meminta untuk menginstal driver bluetooh anda. Pilih Abaikan.

Kemudian download softtware Bluetooth installer yang bisa Anda cari melalui situs resminya via Google.

Setelah anda download silahkan install dengan mengikuti petunjuk - petunjuknya.

Selain metode di atas ada juga cara untuk mengatasi perangkat bluetooh perifer yang merupakan cara mengatasi masalah lain yang membuat laptop Bluetooth rusak.

Hal ini bisa dilakukan jika metode di atas tidak bisa menyelesaikan masalah. Anda bisa mencoba cara ini untuk memecahkan masalah.

Begitulah pemumbasan tentang cara memperbaiki laptop yang rusak. Sampai jumpa lagi di diskusi selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Bluetooth Laptop yang Rusak Dengan Mudah

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment