Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Friday, December 8, 2017

Cara Memperbarui Google Play Paling Mudah

Cara Update Google Play Paking Mudah - Salah satu kelebihan dan kekurangan OS Android adalah integrasi layanan penyedia aplikasi resmi dsatu portal, Google Play Store. Google Play Store adalah pusat penyedia aplikasi Android resmi yang dikelola oleh Google Inc., karena juga merilis OS Android.

Seiring dengan dirilisnya beberapa versi Android terbaru, seperti Nougat dan Oreo, Google Play Store juga menyesuaikan dari segi konten. Di masa lalu, Google Play Store hanya menyediakan berbagai aplikasi APK, kini Google Play Store juga menyediakan buku, film, musik, dan majalah online.

Seringkali, beberapa Google Play Store tidak dapat berjalan di smartphone Android karena versi Google Play Store yang digunakan tidak mutakhir.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk Update Google Play Store yang terpasang di ponsel cerdas Android Anda.

Memang, Anda mungkin tidak akan merasakan efek Update Google Play Store di smartphone Android Anda.

Namun, seiring berjalannya waktu, efek pembaruan Google Play Store akan terasa jika sistem operasi Android Anda diperbarui ke versi terbaru (contoh dari Marshmellow sampai Nougat). Update Google Play Store juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi kesalahan Play Store.

Pada kesempatan ini kita akan membahas cara mengupdate Google Play.

Cara Memperbarui Google Play Termudah


Langkah yang kami bahas dalam artikel ini bukan hanya tentang Google Play Store, namun juga untuk aplikasi Google Play lainnya, seperti Google Play Buku, Google Play Musik, dan lainnya.

Ada dua cara yang dapat Anda pilih, yaitu pembaruan dari file APK atau pembaruan langsung dari aplikasi Google Play. Nah, berikut adalah langkahnya:

Cara 1: Perbarui Google Play Store dari File Apk

File APK adalah ekstensi aplikasi Android, seperti ekstensi .exe di Windows, yang merupakan file utama aplikasi Android. File ini bisa dipasang offline, bisa dimodifikasi, dan bisa di share ke sesama pengguna Android.

Dengan file APK, Anda dapat Update aplikasi Google Play Store dengan catatan file APK adalah versi terbaru dari aplikasi. Simak langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, cari aplikasi Google Play Store dengan format APK terbaru sekarang.

Download Google Play Store dengan format APK. Donwnload di sini ; https://jalantikus.com/apps/download/1199/

Setelah berhasil download, instal saja di smartphone Android anda. Secara otomatis Google Play Store di Android Anda akan berubah sesuai dengan file APK yang telah Anda unduh. Ini juga salah satu cara termudah untuk mengaktifkan Play Store.

Keuntungan dari cara ini adalah, Anda tidak akan kesel sendiri dengan memuat Google Play Store lama saat update berlangsung.

Cara 2: Pembaruan Langsung Dari Google Play Store


Pembaruan langsung dari Google Play Store adalah cara tercepat untuk Update Google Play, karena ini lebih mudah dan lebih aman. Namun, sebelum mengupdate langsung dari Google Play Store, pastikan koneksi internet yang Anda gunakan mulus tanpa gangguan.

Selain itu, pastikan Anda telah melakukan cara untuk mendaftarkan akun Google, karena proses pembaruan mengharuskan Anda memiliki akun Google. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Yang jelas, pastikan Anda membuka Google Play Store di smartphone Android Anda. Bingung nyarinya? Cari di laci aplikasi di smartphone Android Anda. Biasanya, Google Play Store selalu berada di tampilan utama ponsel cerdas Anda, karena aplikasi ini adalah aplikasi default dari Android.

Cara Memperbarui Google Play Paling Mudah
Cara Memperbarui Google Play Paling Mudah

Setelah itu, layar smartphone Android Anda akan menampilkan aplikasi Google Play Store. Tunggu aplikasi selesai loading.

Kemudian, pilih ikon pengaturan di kiri atas, lalu pilih menu Settings.

Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman Settings. Laman ini berisi beberapa setelan di Google Play Store yang terpasang pada ponsel cerdas Android Anda. Selain setelannya, laman ini juga berisi versi Google Play yang saat ini Anda gunakan. Nah, untuk melihat versinya, gulir ke bawah, lalu pilih tab Store Store Version.



Jika ada versi terbaru dari Google Play Store yang terpasang di perangkat Android Anda, jendela baru akan muncul meminta izin Anda agar perangkat Anda dapat mendownload dan menginstal versi baru seperti ini:

a new version of google play store will be downloaded and installed

Namun jika tidak ada versi baru karena aplikasi Google Play Store yang Anda gunakan up to date, maka akan muncul jendela seperti ini:

Google Play Store is up to date

Saat mengunduh Google Play Store versi terbaru langsung dari aplikasi, tunggu saja sampai unduhan selesai. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan Google Play Store versi terbaru tanpa harus mendownload file APK.

Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, berikut kelebihan dan kekurangannya jika Anda melakukan cara pertama:

Proses update lebih cepat karena tidak perlu menggunakan koneksi internet, karena proses update sudah dilakukan secara offline

Proses update masih akan dilakukan, meski kapasitas penyimpanan pada smartphone Anda hampir penuh.

Menginstal aplikasi di luar layanan yang disediakan Google sangat rentan terhadap masuknya ancaman aplikasi palsu yang cenderung melakukan kejahatan terhadap smartphone Android Anda, mulai dari phishing, pencurian data, hingga pemasangan aplikasi di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda.

Baca juga: Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Android

Belum tentu aplikasi Google Play Store yang diunduh sesuai dengan smartphone Android Anda.

Sementara itu, Anda juga dapat mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan jika Anda melakukan cara kedua:

Proses update menggunakan jalur resmi karena menggunakan layanan update dari Google. Jadi ancaman aplikasi palsu bisa dihindari dan sekaligus mendapatkan jaminan keamanan aplikasi dari Google.

Pembaruan dari aplikasi Google Play Store akan disesuaikan dengan apa yang terinstal pada ponsel cerdas Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot memilih Google Play Store versi yang cocok untuk smartphone Android Anda.

Jika kapasitas penyimpanan pada smartphone Android Anda hampir penuh, proses update akan otomatis dibatalkan.

Demikian juga jika Anda memasang aplikasi reguler dari Google Play Store.

Karena proses update sudah dilakukan secara online, maka lama proses update Google Play Store tergantung seberapa halus koneksi internet anda.

Karena itu, kami merekomendasikan untuk mengupdate proses Google Play Store dengan menggunakan koneksi wireless (wi-fi) sehingga kecepatannya stabil dan tidak mengambil kuota internet anda.

Oh ya, baik menggunakan cara pertama atau kedua, sama sekali sama sekali tidak ada cara keluar logout Play Store di Android Anda, karena yang Anda lakukan hanyalah mengupdate aplikasi saja.

Untuk melakukan proses pembaruan Google Play Store, Anda harus memperhatikan hal berikut:
Pastikan kapasitas penyimpanan pada smartphone Android Anda tidak penuh, baik jika Anda melakukan cara pertama atau kedua.

Jika kapasitas penyimpanan smartphone hampir penuh, maka smartphone Anda akan berjalan lambat.

Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang stabil, baik untuk mendownload file APK Google Play Store dari internet, atau saat Update langsung dari aplikasi Google Play Store.

Dianjurkan untuk menggunakan jaringan internet nirkabel (wi-fi) agar tidak memakan kuota internet anda. Namun, jika tidak ada hotspot wi-fi di sekitar Anda, pastikan Anda memiliki cukup jatah internet.

Baca juga: Aplikasi Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Untuk Android

Minimal, Anda memiliki banyak kuota sisa jika Anda mendownload aplikasi 20MB (aplikasi dan pembaruan Google Play Store berukuran sekitar 20 sampai 23 MB)

Setelah Update Google Play Store dan Anda adalah pengguna baru, lakukan beberapa cara untuk membuat akun Google Play Store baru.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbarui Google Play Paling Mudah

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment