Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

2 Cara Menghapus Virus Browser Android

Artikel terkait : 2 Cara Menghapus Virus Browser Android

2 Cara Menghapus Virus Browser Android - Sebagian besar virus di Android difokuskan untuk mencuri informasi korban. Mungkin hal terburuk yang dapat terjadi saat ini adalah virus mengirim pesan SMS ke nomor premium tanpa sepengetahuan pengguna. Umumnya, virus yang menginfeksi Android akan melakukan setidaknya satu dari yang berikut:

  • Kumpulkan dan kirim koordinat GPS, daftar kontak, alamat e-mail, dan lainnya ke pihak ketiga
  • Kirim SMS ke nomor premium
  • Berlangganan layanan premium
  • Percakapan telepon direkam dan mungkin disadap
  • Kendalikan smartphone dari pengguna asli
  • Unduh virus lain untuk mengirim ke smartphone lain
  • Menampilkan "iklan pemberitahuan" berarti bahwa virus ini akan mengingatkan Anda pada bilah pemberitahuan Android, ketika pengguna menggeser layar ke bawah untuk menampilkan bilah notifikasi dari bagian atas layar. Yah, iklan ini muncul di bawah pemberitahuan.


Lalu, bagaimana cara menghapus virus browser dari ponsel Android Anda? Di bagian ini, kami memberikan informasi tentang cara menghapus virus browser Android Anda. Pastikan Anda telah melakukan semua langkah dalam urutan yang benar di bawah ini.

2 Cara Menghapus Virus Browser Android


1. Hapus aplikasi berbahaya dari ponsel Android Anda
Smartphone Android biasanya dapat terinfeksi virus karena aplikasi jahat di smartphone. Dalam langkah pertama ini, Anda akan mencoba mengidentifikasi dan menghapus aplikasi berbahaya apa pun yang mungkin diinstal pada ponsel cerdas Android Anda. Cara ini juga bisa menjadi cara agar HP Android tidak lambat karena menginstal aplikasi yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Untuk menghapus aplikasi berbahaya dari ponsel pintar Android Anda, masuk ke menu Pengaturan lalu klik Aplikasi atau Manajer Aplikasi. Nama menu akan bervariasi tergantung pada jenis ponsel cerdas yang digunakan dan jenis antarmuka pengguna Android yang Anda gunakan. Namun, intinya tetap sama.

Selanjutnya akan muncul daftar aplikasi yang diinstal pada smartphone, termasuk aplikasi jahat. Coba periksa apakah ada aplikasi yang tidak diketahui yang belum pernah Anda download dan instal sebelumnya (kecuali aplikasi default ponsel cerdas). Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi berbahaya tetapi virus browser mulai menginfeksi ponsel cerdas Android Anda, kami sarankan untuk menghapus semua aplikasi yang baru saja Anda pasang.

Sentuh aplikasi yang ingin Anda copot pemasangannya. Tenang, ini tidak akan menjalankan aplikasi, tetapi akan membuka jendela Informasi Aplikasi.

Kemudian klik tombol "Copot" di layar ponsel cerdas Anda.

Dialog konfirmasi akan ditampilkan untuk menanyakan tentang penghapusan aplikasi berbahaya ini. Pilih "OK" untuk menghapus aplikasi berbahaya dari smartphone Android Anda.

Boot ulang ponsel Android Anda

2. Lindungi Android Anda dengan Antivirus
Seperti yang kita tahu, bahwa penjahat cyber telah mulai menargetkan pengguna Android melalui virus Android yang paling berbahaya, baik malware, trojan, dan lainnya. Oleh karena itu, pada langkah terakhir ini, Anda harus memberikan perlindungan pada smartphone Android Anda dengan menggunakan antivirus. 

Anda juga dapat memindai smartphone Android Anda dari malware dengan antivirus ini. Untuk kali ini, kami akan memberikan contoh untuk memasang antivirus Avast Free Mobile Security di ponsel pintar Android Anda. Anda bebas memilih antivirus lain yang sesuai untuk smartphone Android Anda. Intinya, pastikan antivirus dirilis oleh perusahaan terkemuka yang dapat dipercaya. Inilah caranya:

Unduh "Avast Free Mobile Security" dari Google Play Store.

Sentuh tombol "Instal". Ketika izin aplikasi ditampilkan, sentuh "Terima" untuk memulai proses instalasi Avast Free Mobile Security pada smartphone Android Anda.

Avast Free Mobile Security diinstal pada ponsel cerdas Anda. Biasanya, proses instalasi ini hanya akan memakan waktu beberapa detik, tetapi semuanya tergantung pada kualitas koneksi internet yang Anda gunakan.

Setelah terinstal, Avast Free Mobile Security akan secara otomatis memperbarui database definisi virus, dan kemudian akan mulai memindai ponsel Android Anda dari malware dan aplikasi berbahaya.

Pemindaian mungkin memerlukan beberapa menit, tergantung pada berapa banyak aplikasi yang telah diinstal. Jika ada aplikasi berbahaya yang terdeteksi, Avast Free Mobile Security akan secara otomatis menghapusnya dari smartphone Android Anda.

Selamat, ponsel pintar Android Anda sekarang terlindungi dari virus. Sebagai langkah pencegahan, selalu perbarui secara teratur pada antivirus di smartphone Android Anda.

Begitulah artikel terkait cara menghapus virus browser Android. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda untuk membasmi virus browser yang menjengkelkan pada smartphone Android Anda.

Artikel Pintar Komputer Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 Pintar Komputer | Daftar Isi | About me | Disclaimer | Contact Us | Design by Bamz