Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Friday, June 22, 2018

2 Cara Mengetahui IP Address (Alamat IP) Komputer Sendiri

Iklan Di Sini
Cara Mengetahui IP Address Komputer Sendiri - Mengetahui alamat IP komputer yang digunakan sendiri terkadang dianggap penting. Sebagai contoh, beberapa komputer di kantor memiliki koneksi internet melalui router jaringan nirkabel. Suatu kali, Pemimpin meminta salah satu karyawan untuk melakukan streaming untuk merekam acara penting di stasiun televisi.

Lalu, apa yang di maksud dengan alamat IP atau IP Address?
Silahkan baca ulasannya pada link berikut : Pengertian IP Address dan Fungsinya

Karena bandwidth yang terbatas, beberapa koneksi komputer ke internet perlu diputus sementara untuk meningkatkan bandwidth. Untuk menghindari pemutusan koneksi komputer yang harus terhubung ke internet, setiap pengguna komputer diperlukan untuk memberikan alamat IP komputernya untuk diputuskan oleh administrator jaringan.

Bagi Anda yang pekerjaannya terkait dengan dunia TI, mengetahui alamat IP komputer tidak sulit. Tetapi bagaimana dengan orang awam yang benar-benar tidak tahu bagaimana, akan menjadi sesuatu yang sulit.

Jika Anda salah satunya, Anda tidak perlu khawatir. Mengetahui alamat ip komputer sebenarnya tidak sulit. Jika Anda ingin tahu, di sini adalah bagaimana mengetahui alamat IP komputer yang menggunakan sistem operasi windows: (baca: Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya)

2 Cara Mengetahui IP Address Komputer Sendiri


1. Melalui Command Prompt.
Tekan kombinasi tombol Win (tombol dengan logo Windows) + R secara bersamaan untuk menjalankan kotak dialog Run, ketik cmd atau cmd.exe di kotak teks berlabel Open (1) lalu klik tombol OK (2).
2 Cara Mengetahui IP Address (Alamat IP) Komputer Sendiri
CMD

Di jendela Command Prompt yang muncul, ketik ipconfig dan kemudian tekan tombol Enter.
2 Cara Mengetahui IP Address (Alamat IP) Komputer Sendiri
IP Address


Di adaptor WiFi LAN Nirkabel, di baris Alamat IPv4, Anda dapat melihat alamat IP komputer yang Anda gunakan (192.168.xx.xx).

2. Melalui Jaringan dan Pusat Berbagi.
Di area notifikasi (area notifikasi) yang terletak di taksbar kanan, klik tombol dengan ikon Network / WiFi (1) lalu pilih Open Network and Sharing Center (2).

Di jendela Network and Sharing Center yang muncul, klik WiFi di bagian Lihat netwoks aktif Anda.

Di kotak dialog Status WiFi yang muncul, klik tombol Detail ...

Di kotak dialog Detail Koneksi Jaringan yang muncul. Anda dapat melihat kembali alamat IP komputer yang sama (192.168.xx.xx) di baris Alamat IPv4.

Nah, demikianlah 2 Cara Mengetahui IP Address Komputer Sendiri yang bisa saya tulis pada artikel ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung. :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 2 Cara Mengetahui IP Address (Alamat IP) Komputer Sendiri

0 komentar:

Post a Comment