Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Saturday, August 18, 2018

Benarkah Biaya Transfer Pulsa IM3 Paling Murah Dibanding Operator Seluler Lain?

Saat ini persaingan industri telekomunikasi global telah sampai pada level, di mana para penyedia layanan berlomba-lomba untuk menurunkan tarif layanan demi menjaring jumlah konsumen yang lebih besar. 

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna layanan seluler terbesar di dunia pun tak luput dari dampak persaingan ini. Terhitung dalam satu dekade terakhir telah muncul puluhan produk layanan seluler dalam bentuk kartu prabayar dan pascabayar yang mengincar segmen-segmen tertentu seperti pelajar, mahasiswa, profesional, hingga penduduk di daerah tertinggal. Keberadaan kartu-kartu tersebut turut diiringi dengan “perang” tarif antar provider yang masing-masing mengklaim dirinya sebagai yang terbesar dan terbaik.

Salah satu produk kartu prabayar yang paling laris di antara pengguna layanan seluler tanah air adalah IM3. Kartu prabayar besutan Indosat ini telah digunakan oleh puluhan juta pengguna di seluruh nusantara. Produk yang pada awalnya ditujukan bagi segmen usia muda ini disukai karena memiliki jangkauan jaringan yang luas dan cepat serta berbagai varian paket layanan seperti paket telepon, sms, dan internet yang lengkap.

Disamping itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi baik pembelian pulsa maupun transfer pulsa IM3 di Traveloka. Penjelasan yang lebih lengkap seputar hal ini bisa Anda lihat di sini. Meski dikenal sebagai situs penyedia layanan pemesanan tiket dan hotel, nyatanya Anda juga dapat menggunakan situs Traveloka untuk membeli pulsa.

Fitur Transfer Pulsa pada Kartu Prabayar

Fitur Transfer Pulsa pada Kartu Prabayar – shutterstock

Fitur transfer pulsa ke sesama pengguna kartu prabayar yang sama adalah salah satu layanan yang paling umum ditemukan pada setiap produk kartu seluler yang dikeluarkan oleh operator layanan. Fitur ini ditujukan untuk memudahkan user dalam melakukan pengisian pulsa prabayar ke sesama pengguna. 

Prosedur yang digunakan sangat bervariasi dari satu operator ke operator lain. Untuk kartu Indosat, pengguna hanya perlu mengirimkan satu baris sms ke nomor 151 dengan format:

Tp (spasi) Nomor Penerima Pulsa (spasi) Nominal Transfer

Prosedur tersebut dapat dilakukan dengan beberapa syarat, yaitu:

✓ Saldo Sisa Transfer Minimal Rp500
Pengguna kartu prabayar IM3 diwajibkan untuk memiliki saldo sisa sebesar Rp500 setiap selesai melakukan transfer pulsa IM3. Misalnya, jika Anda memiliki saldo pulsa sebesar Rp20.000, Anda hanya dapat melakukan transaksi denga biaya total maksimal Rp19.500, sebab harus ada sisa Rp500 pada saldo akhir Anda.

✓ Maksimal Transfer Rp200.000
Tiap nomor IM3 hanya diperkenankan untuk melakukan pengiriman pulsa maksimal sebesar Rp200.000 setiap hari. Kuota ini akan direset pada tengah malam yaitu jam 00.01. Tidak ada batasan total transfer pulsa setiap minggu atau bulan dalam hal ini.

✓ Biaya Administrasi
Sama seperti operator lainnya, proses transfer pulsa IM3 akan dikenakan biaya administrasi dengan tarif flat, yaitu sebesar Rp600 rupiah per transaksi. Dengan kata lain, jika Anda melakukan 10 kali transaksi, pulsa Anda akan berkurang sebesar Rp6000 untuk keperluan administrasi.

✓ Jangkauan Transfer
Beberapa operator layanan seluler di Indonesia termasuk Indosat juga memiliki jaringan hingga ke luar negeri. Sayangnya, fitur transfer pulsa hanya dapat Anda gunakan bagi nomor yang berasal dari Indonesia saja. Sekalipun sama-sama menggunakan jaringan dan produk Indosat, Anda tidak dapat mengirimkan pulsa ke negara lain.

Perbandingan Biaya Transfer Pulsa IM3 dengan Produk Kartu Prabayar Lain

Seperti yang sudah disebutkan di atas, di tiap transaksi transfer pulsa IM3 yang Anda lakukan akan ada biaya administrasi sebesar Rp600. Lantas apakah nominal ini termasuk lebih mahal atau murah dibandingkan dengan para kompetitornya?  Berikut adalah perbandingan tarif tersebut dengan beberapa tarif transfer pulsa operator lain di Indonesia:

1. Simpati dan AS (Telkomsel)
Simpati dan AS (Telkomsel) – Tric Cara Tips
Dua produk kartu prabayar andalan Telkomsel ini mungkin adalah kompetitor terbesar dari IM3. Kedua kartu ini memiliki fitur transfer pulsa ke sesama penggunanya dengan limit transaksi hingga Rp1.000.000 setiap harinya. Pengguna fitur transfer ini akan dikenakan biaya sebesar Rp1500 pada tiap transaksi yang dilakukan. Angka yang jauh lebih mahal daripada tarif kartu prabayar IM3.

2. XL Axiata
XL Axiata – XL Axiata

XL Axiata atau biasa disebut XL saja adalah salah satu produk kartu prabayar yang menyasar segmen anak-anak muda di daerah perkotaan. Tarif transaksi pulsa antar pengguna pada kartu ini memiliki jumlah yang berbeda, tergantung nominal saldo pulsa yang ditransfer.

Sebagai contoh, untuk pulsa ke sesama pengguna XL user akan dikenakan tarif mulai dari Rp1000 hingga Rp5000, tergantung pada nominal saldo transfer (maksimal Rp1.000.000). Sementara transfer pulsa ke produk kartu prabayar yang lain (misalnya dari XL ke AXIS) akan dikenakan biaya mulai dari Rp1500 hingga Rp6000. 

3. Tri 
Tri - desaintsblog.files.wordpress
Kartu 3 (tri), tidak memasang tarif pada setiap transfer pulsa yang dilakukan ke sesama pengguna. Hal ini berarti Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis untuk menggunakan fitur tersebut. Meski demikian, transfer pulsa ke sesama pengguna kartu prabayar 3 tidak menambah masa aktif pulsa yang dikirimkan. Bagi beberapa pengguna, kondisi ini bisa jadi sangat merugikan karena masa aktif pulsa biasanya memiliki rentang waktu yang tidak lama.

Demikianlah perbandingan tarif transfer pulsa antara kartu IM3 dengan jenis kartu prabayar lain. Dari tulisan di atas dapat dilihat bahwa IM3 adalah salah satu kartu prabayar dengan tarif transfer pulsa ke sesama pengguna yang paling murah di Indonesia.

Jika dihitung-hitung, Anda dapat menghemat banyak uang dengan memanfaatkan fitur ini. Sebagai gambaran, pengisian pulsa melalui konter biasa akan dikenakan biaya sebesar Rp2000 per transkasi, sementara dengan transfer pulsa, Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp600 saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Benarkah Biaya Transfer Pulsa IM3 Paling Murah Dibanding Operator Seluler Lain?

0 komentar:

Post a Comment