Penyebab Blue Screen Dan Cara Mengatasi Blue Screen

Penyebab Blue Screen Dan Cara Mengatasi Blue Screen – Dalam postingan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang cara menagatasi blue screen of dead (BSOD)/layar biru kematian. Blue screen terjadi karena driver yang tidak bagus, kesalahan memori, resistry yang rusak atau penggunaan DLL yang tidak cocok.

Sekilas Tentang Blue Screen
BSoD telah hadir di Windows NT 3.1 (versi pertama keluarga Windows NT , dirilis pada tahun 1993) dan semua sistem operasi Windows dirilis setelahnya. BSoD dapat disebabkan oleh driver perangkat yang tidak terpasang dengan baik atau perangkat keras yang tidak berfungsi, seperti memori yang salah, masalah catu daya, terlalu banyak komponen, atau perangkat keras yang melebihi batas spesifikasi.

Pada era Windows 9x , DLL atau bug yang tidak kompatibel di kernel sistem operasi juga dapat menyebabkan BSoD. Karena ketidakstabilan dan kurangnya perlindungan memori pada Windows 9x, BSoD jauh lebih umum

Layar biru kematian sering terjadi di sistem operasi desktop rumah Microsoft Windows 95 , 98 , dan ME . Dalam sistem operasi ini, BSoD merupakan cara utama bagi driver perangkat virtual untuk melaporkan kesalahan kepada pengguna. Ini disebut secara internal dengan nama ” _VWIN32_FaultPopup “.

Windows 9x BSoD memberi pengguna pilihan untuk memulai ulang atau melanjutkan. Namun, VxD tidak menampilkan BSoD secara sembrono – biasanya mereka menunjukkan masalah yang tidak dapat diperbaiki tanpa me-restart komputer, dan karenanya setelah sebuah BSoD ditampilkan, sistem biasanya tidak stabil atau tidak responsif.

Dan ini adalah tampilan dimana windows anda sedang dalam keadaan Blue Screen.

Penyebab Blue Screen Dan Cara Mengatasi Blue Screen
Penyebab Blue Screen Dan Cara Mengatasi Blue Screen

Sebelumnya saya juga pernah mengalami hal seperti ini dan memang ini sangat menyebalkan. Namun Anda tidak perlu panik dan terburu buru menginstall ulang komputer anda. Cobalah langkah langka dibawah ini, dan saya yakin 100% cara ini dapat mengatasi masalah anda.

Cara Mengatasi Blue Screen dengan Cara Restore Komputer/Laptop

Hal pertama yang anda harus lakukan ialah merestart komputer anda dengan cara sebagai berikut:

1. Klik start lalu klik restart, tunggu sebentar sampai komputer anda booting ulang, lalu saat booting tekan F8.

2. Setelah itu nanti akan muncul opsi booting. Anda tinggal pilih Booting dengan Safe Mode, dan sekarang anda sudah berada dalam operasi system Safe Mode.

3. Klik Start Windows pilih Control Panel >> System & Security >> Action Center >> Recovery >> Open System restore >> Next >> Next >> Finish >> Yes.

Baca juga : Cara Mengatasi No Internet Access

Tunggu dan biarkan windows melakukan restart secara otomatis. Setelah itu windows akan booting lagi, nah sekarang windows nya sudah bisa booting lagi dengan normal dan tidak blue screen lagi atau dumping memory. Sebenarnya langkah ini sangat lah sederhana dan efektif untuk mengatasi blue screen.

Nah itulah Penyebab Blue Screen Dan Cara Mengatasi Blue Screen, semoga bermanfaat! Terimkasih sudah membaca Penyebab Blue Screen Dan Cara Mengatasi Blue Screen!

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!