Jenis-jenis Email beserta Contohnya

Jenis-jenis Email beserta Contohnya – Setelah kemarin kita membahas tentang pengertian e-mail dan cara membuat email, sekarang Anda akan membahas jenis-jenis email beserta contohnya.

Jenis-jenis Email
Dilihat dari layanan yang diberikan, Ada 3 jenis email yang saat ini digunakan, yaitu POP mail, Email berbasis Web, dan Email Forwarding. Dari tiga jenis email tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. POP Mail
POP Mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider (ISP) yang menjadi langganan Anda.

Ketika seseorang mengirimkan email ke alamat email Anda, email tersebut tidak akan dikirim ke komputer yang Anda gunakan, melainkan disimpan dikomputer yang menjadi server email milik ISP langganan.

Jenis Jenis Email beserta Contohnya
Jenis Jenis Email beserta Contohnya

Email tersebut akan dikirimkan ke komputer Anda ketika Anda melakukan login menggunakan akun email Anda.

Baca juga:  Cara mengirim file lewat email

Kelebihan POP Mail
Pop Mail adalah email yang dapat membaca dalam kondisi offline, pengecekan email dapat Anda lakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload email email dari server server email, dan memutuskan hubungan dengan internet.

Setelah email didownload, Anda dapat membacanya satu satu dalam keadaan offline.

Mendownload Email dari Server
Untuk memdownload email dari server alamat email adalah terlebih dahulu Anda harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express dikomputer yang Anda gunakan, dan jangan lupa mengatur programnya supaya email dapat terbaca.

Kekurangan POP Mail
Kekurangan dari POP Mail ini adalah Anda tidak dapat membuka email dari sembarang tempat, apabila Anda ingin membuka email dikomputer yang berbeda maka Anda perlu mengatur ulang kembali seluruh pengaturannya.

Selain itu, apabila Anda menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya besar file yang didownload dan bukan berdasarkan lama waktu berkoneksi,biaya yang dikeluarkan akan sama saja.

2. Email Berbasis Web
Email berbasis web adalah layanan email yan ditawarkan oleh situs-situs penyedia jasa layanan email, seperti Yahoo, GMail, Lycos Mail, Windows Live Hotmail, dan lain-lain.

Layanan email jenis ini biasanya diberikan gratis oleh situs yang bersangkutan.

Baca juga: 10 Penyedia Layanan Email Gratis Terbaik

Kelebihan dan Kekurangan Email Berbasis Web
Kelebihan dari email ini adalah biasanya diberikan secara gratis, selain itu kamu dapat mengecek email dari mana saja.

Kekurangan dari email jenis ini adalah untuk membaca email Anda harus dalam kondisi online sehingga membutuhkan biaya koneksi internet yang lebih besar .

Walaupun demikian, beberapa situs penyedia jasa layanan email juga disertai dengan fasilitas POP3. Fasilitas ini memungkinkan pengguna membaca dalam keadaan offline, seperti email POP.

3. Email Forwarding
Email Forwarding adalah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya kedalam email yang lain. Email jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat email.

Kelebihan dan Kekurangan Email Forwarding
Kelebihan daripada email forwarding adalah Anda dapat menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya. Selain itu, bila Anda mengganti alamat email, Anda tidak perlu memberi tahu alamat email yang baru. Anda cukup memberi alamat email forwarding.

Kekurangan email forwarding adalah hanya bersifat perantara dan harus meneruskan email yang diterima ke alamat yang lain, dan email tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai kepada alamat email yang sesungguhnya.

Nah itulah sekian mengenai Jenis-jenis Email beserta Contohnya semoga dapat memberikan pencerahan. terimakasih.

Tags:
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!