Cara Mengatasi No Internet Access

Cara Mengatasi No Internet Access – Berdasarkan dari pengalaman saya pribadi saat ingin mengkonekan Telkom Speedy Reguler yang bermasalah. Berhubung teknisinya tidak sempat datang dikarenakan suatu alasan dan kebetulan waktu itu saya lagi pengen banget download video di youtube dan disitu kadang saya merasa sedih. 🙁

Ya sudah lah terpaksa saya memutuskan untuk membetulkan sendiri. Dengan bermodalkan sedikit pengetahuan akhirnya masalah No Internet Access pada Wifi saya bisa di atasi dengan sangat cepat.

Lalu bagaimana cara mengatasi no internet access? Nah pada artikel ini saya akan menjelaskan dengan detail caranya. Dan cara ini bisa anda coba di windows versi apa saja dan jaringan apa saja. (LAN atau Wifi).

Bye the way .. Dalam setiap komputer pasti ada sambungan ethernet (Local Area Connection – LAN). Koneksi inilah yang nantinya digunakan modem atau Router Speedy. Secara default, seharusnya jika modem Speedy di colokan ke sambungan LAN komputer, secara otomatis membaca dan menerima koneksi itu sehingga setiap kali komputer menyala internet pun langsung menyala (tanpa perlu menekan login internet).

Tapi sayang kenyataannya tidak demikian, seringkali komputer menolak sambungan itu dan internet mati mendadak dengan label “No Internet Access” pada koneksi LAN.

Cara Mengatasi No Internet Access
1. Pertama Carilah logo ikon colokan. Jika ikon tersembunyi, klik kanan pada Taskbar (Jam). Selanjutnya pilih Windows dan pilih Customize Notification Icon. Cari Ethernet/LAN di sana dan pastikan ikon itu di setting: Show Icon And Notification.

Cara Mengatasi No Internet Access
Cara Mengatasi No Internet Access

2. Klik kanan pada ikon LAN dan pilih Open Network And Sharing Center.

3. Setelah terbuka, klik link di kiri yang bertuliskan Change Adapter Settings.

4. Selanjunya jendela baru akan terbuka dan di dalamnya LAN akan terdaftar di urutan pertama.

5. Lanjut kepada 3 Metode di bawah.

Berikut ada beberapa solusi yang mungkin anda harus mencobanya.

Cara mengatasi Internet Mati Nyala
Terkadang LAN kurang bisa diajak kompromi saat dibutuhkan tiba-tiba mati. Untuk mengatasi hal tersebut coba Klik kanan ikon LAN dan pilih Disable. Tunggu sampai ikon berganti warna menjadi kelam. Lalu klik kanan lagi dan pilih Enable. Setelah LAN menyala kembali, internet Speedy kamu ikut menyala.

Cara Mengatasi No Internet Access
Cara Mengatasi No Internet Access

Sayangnya, teknik manual seperti ini harus dikerjakan SETIAP KALI komputer kamu menyala atau saat internet mati mendadak. Bagi yang tidak sabar, teknik ini terasa sangat menyebalkan dan merupakan gangguan saat kita akan berselancar di dunia maya. ?

SOLUSI HOME NETWORK
Alasan kenapa komputer menolak untuk menerima koneksi Speedy dalam LAN karena koneksi itu di label sebagai Public Network. Yang namanya publik/umum tentu tidak aman karena siapa saja bisa masuk, termasuk virus. ? Jika jenis LAN itu diubah menjadi Home atau Work Network kemungkinan besar koneksi Speedy akan diterima.

Jangan Lupa Baca : Cara Mengganti Password Wifi Indihome

CARA #1 (percobaan di windows 7)
a. Di tampilan Network Connections, disable semua network adapter

b. Enable Local Area Connection

c. Pada Network And Sharing Center, pilih Choose Homegroup And Sharing Options

d. Klik di What Is This Location

e. Pilih Home/Work

f. Enable ulang semua adapter

Enable adapter yang ada tulisan “Public Network” yang tidak bisa diganti .Pada Network dan Sharing Center, pilih “Choose HomeGroup And Sharing Option” selanjutnya Klik di “What Is My Location?” dan terkahir Pilih HOME/WORK lalu ENABLE ulang semua Adapter.

CARA #2
Sangat disarankan untuk dicoba!

a. Klik kanan Local Area Connection, pilih Properties.

b. Saat jendela baru muncul, klik tombol Configure.

c. Jendela lain akan muncul lagi. Pilih tab Driver. Lalu tekan tombol Uninstall.

d. Ikon Local Area Connection akan lenyap dari Network Connections. Kini masuk ke Device Manager.

e. Di dalam jendela Device Manager, klik kanan nama komputer kamu dan pilih Scan For Hardware Changes.

f. Komputer akan melakukan scan dan menemukan Local Area Connection kamu. Saat didaftarkan, kamu bisa mengganti Public menjadi Home/Work.

Jika kamu masih bingung, silahkan berkomentar. Dan terimakasih sudah membaca cara mengatasi no internet access.

25 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!