Pengertian Situs, Domain dan Web Hosting

Pengertian Situs, Domain dan Web Hosting – Dalam mencari informasi dari internet, pengguna akan menuju ke suatu alamat unik internet (misal: www.namasitus.com) yang disebut nama domain (Domain Name/URL-Uniform Resource Locator) dan menemukan informasi berbentuk teks, gambar diam atau bergerak, animasi bergerak, suara maupun video dalam suatu sarana, yang disebut dengan web atau web.

Web ini di buka lewat satu buah program penjelajah (Browser) yang berada di suatu komputer. Program penjelajah diantaranya: IE (Internet Explorer), Mozilla, Firefox, Netscape, Opera.

 

A. PENGERTIAN SITUS ATAU WEB

Pengertian Situs, Domain dan Web Hosting
Pengertian Situs, Domain dan Web Hosting

Web atau web akan diartikan juga sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis ataupun dinamis yang mencetak satu rangkaian bangunan yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Bersifat statis jikalau isikan informasi web masihlah, jarang beralih, dan mengisi informasirmasinya sejalan cuma dari pemilik web. Bersifat dinamis jika mengisi kabar web senantiasa berubah-ubah, dan isikan informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik pula pelanggan situs.

Contoh situs statis merupakan berisi profil perusahaan, sedangkan web dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sudut pengembangannya, situs statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan situs dinamis dapat diupdate oleh konsumen ataupun pemilik

 

B. UNSUR-UNSUR DALAM PENYEDIAAN SITUS ATAU WEB

Untuk menyadiakan satu buah situs, sehingga mesti sedia unsur-unsur penunjangnya, yaitu juga sebagai berikut :

1. Nama domain (Domain Name/URL – Uniform Resource Locator)
Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi satu buah web, atau dengan kata lain domain name ialah alamat yang difungsikan untuk menemukan satu buah situs kepada dunia internet. Contoh: https://www.kangmuizz.com

Baca juga: Pengertian URL dan Fungsinya

Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, sehingga konsumen disediakan satu buah kontrol panel untuk administrasinya.

Seandainya konsumen lupa/tidak memperpanjang periode sewanya, sehingga nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri memiliki identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan keperluan dan ruangan keberadaan web tersebut.

Sample nama domain ber-ekstensi internasional ialah com, net, org, informasirmasi, biz, name, ws. Sample nama domain ber-ekstensi tempat Negeri Indonesia ialah :

– .co.id: Untuk Badan Usaha yang memiliki badan hukum sah

– .ac.id: Untuk Dinas Pendidikan

– .go.id: Khusus untuk Instansi Pemerintahan Republik Indonesia

– .mil.id: Khusus untuk Instansi Militer Republik Indonesia

– .or.id: Untuk berbagai organisasi yand tak termasuk juga dalam tipe “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain

– .war.net.id: untuk industri warung internet di Indonesia

– .sch.id: husus untuk Dinas Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU

– .web.id: Ditujukan bagi badan bisnis, organisasi maupun perseorangan yang lakukan kegiatannya di World Wide situs.

2. Rumah Tempat web (Web hosting)

Pengertian Situs, Domain dan Web Hosting
Pengertian Situs, Domain dan Web Hosting

Web Hosting akan diartikan juga sebagai tempat yang terdapat dalam harddisk lokasi menyimpan berbagai data, file-file, gambar, video, data email, statistik, database dan lain sebagainya yang dapat ditampilkan di web.

Besar Nya data yang mampu dimasukkan tergantung dari besar nya situs hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar situs hosting semakin besar juga data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam web.

Web Hosting serta diperoleh dengan menyewa. Pelanggan dapat mendapati kontrol panel yang terproteksi dengan username dan kata sandi untuk administrasi situsnya.

Besarnya hosting ditentukan tempat harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan situs hosting umumnya dihitung per tahun.

Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa situs hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia ataupun Luar Negara. Ruang peletakan pusat data (datacenter) situs hosting bermacam-macam.

Ada yang di Jakarta, Singapore, Inggris, Amerika, dll dengan harga sewa bervariasi.

3. Bahasa Program (Scripts Program)
Merupakan bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada ketika diakses. Tipe bahasa program amat sangat memastikan statis, dinamis atau interaktifnya satu buah situs.

semakin banyak ragam bahasa program yang dimanfaatkan sehingga dapat kelihatan situs semakin dinamis, dan interaktif juga nampak bagus.

berbagai bahasa program saat ini sudah hadir untuk memberi dukungan kualitas situs.

Kategori type bahasa program yang banyak digunakan para desainer situs antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets, XML, Ajax dan sebagainya.

Bahasa basic yang digunakan setiap web adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan yang lain adalah bahasa supporter yang bertindak sbg pengatur dinamis, dan interaktifnya web.

Bahasa program ASP, PHP, JSP atau yang lain dapat diuntuk sendiri.

Bahasa program ini kebanyakan difungsikan untuk membangun portal informasirmasi, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing daftar dan lain sebagainya yang memerlukan up to date setiap dikala.

Baca juga: Pengertian Email dan Jenisnya

4. Design situs
Setelah melakukan penyewaan domain name dan situs hosting pula penguasaan bahasa program (scripts program), unsur situs yang mutlak dan mutlak adalah design.

Desain web memastikan kualitas dan keindahan satu buah situs.

Design sangat berpengaruh terhadap penilaian visitor akan bagus tidaknya satu buah situs.

Untuk membuat situs umumnya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Sekarang ini banyak sekali jasa situs designer, terutama di kota-kota besar.

Perlu diketahui bahwa kualitas web teramat ditentukan oleh kualitas designer. semakin banyak penguasaan web designer berkenaan berbagai program/software suporter pelaksanaan web sehingga akan dihasilkan web yang semakin berkwalitas, begitu pun sebaliknya.

Jasa situs designer ini yang biasanya memerlukan budget yang teratas dari semua budget pembangunan web dan semuanya itu tergantung kualitas designer.

Program-program rancangan web salah satunya merupakan Macromedia Firework, Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, dll.

5. Program Transfer Data ke Pusat Data
Para situs designer mengerjakan situs dikomputernya sendiri. berbagai bahasa program, data informasi teks, gambar, video, dan nada sudah jadi file-file supporter adanya web.

File tersebut dapat di buka memanfaatkan program penjelajah (browser) maka terlihatlah suatu situs utuh di dalam komputer sendiri (offline).

Baca juga: Pengertian FTP dan Fungsinya beserta Cara Kerjanya

Namun file-file tersebut perlu untuk diletakkan dirumah hosting version online supaya terakses ke semua dunia. Kastemer dapat diberikan akses FTP (File Transfer Protocol) setelah memesan suatu situs hosting untuk memindahkan file-file situs ke pusat data situs hosting.

Agar dapat menggunakan FTP dibutuhkan satu buah program FTP, contohnya WS FTP, Smart FTP, Cute FTP, dll. Program FTP ini banyak ditemui di internet dengan status pemakaian gratis ataupun mesti membayar.

Para situs designer serta dapat memanfaatkan alat FTP yang terintegrasi dengan program produsen situs, misal Adobe Dreamweaver.

6. Publikasi situs
Keberadaan situs tak ada gunanya dibangun tidak dengan dikunjungi atau dikenal oleh pengunjung atau visitor internet. Sebab efektif tidaknya web amat tergantung dari besar nya visitor dan komentar yang masuk.

untuk mengenalkan situs terhadap penduduk memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.

Publikasi web di pengunjung mampu dilakukan dengan bermacam macam Cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho, card nama dan lain sebagainya namun cara ini dapat dikatakan tetap kurang efektif dan amat sangat terbatas.

Cara yang rata rata dilakukan dan paling efektif dengan tidak terbatas ruangan atau diwaktu merupakan publikasi cepat di internet lewat search engine-search engine (mesin pencari, spt: Yahoo, Google, MSN, Search Indonesia, dan seterusnya).

Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pun yang membayar. yang cuma-cuma umumnya terbatas dan pass lama untuk dapat masuk dan dikenali di search engine populer seperti Yahoo atau Google.

Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walau mesti sedikit mengeluarkan dapat namun situs serta-merta masuk ke search engine dan dikenal oleh visitor.

 

C. Pemeliharaan situs

Untuk mensupport kelanjutan dari web digunakan pemeliharaan setiap diwaktu sesuai yang di inginkan seperti tambahan informasi, kabar, artikel, link, gambar atau lain sebagainya.

Tidak Dengan pemeliharaan yang baik situs akan terkesan menjemukan atau monoton serta dapat serta-merta ditinggal visitor.

Pemeliharaan web bisa dilakukan per waktu tertentu seperti tiap hari, tiap pekan atau tiap bulan sekali secara teratur atau secara periodik saja tergantung keperluan(tak teratur).

Pemeliharaan teratur rata rata difungsikan oleh situs-situs informasi, penyedia artikel, organisasi atau dinas pemerintah.

Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian E-Commerce dan Manfaatnya

 

D. Perpanjangan Periode Sewa Domain Name dan Web Hosting

Perlu dipahami bahwa domain name dan situs hosting berstatus sewa. Selama ke-2 hal tersebut dibayarkan periode sewa perpanjangannya, sehingga Anda berwenang untuk memilikinya dan mempergunakannya.

banyak berjalan kasus kelupaan dalam memperpanjang musim sewanya, atau susah untuk menghubungi pihak ketiga(situs designer) sbg perantara pendaftaran awal, sehingga akan berakibat fatal. Anda dapat kehilangan domain name juga sebagai identitas dalam dunia internet.

Pastikan Anda mengingat untuk memperpanjang musim sewanya. Arti utama domain name perlu Anda pahami.

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!