Pengertian LAN MAN WAN dan PAN beserta Gambarnya

Pengertian LAN MAN WAN dan PAN beserta Gambarnya – Apa itu jaringan LAN MAN WAN dan PAN? dan apa perbedaan dari jaringan tersebut? Setelah kita membahas pengertian intranet dan internet, maka sekarang kita akan membahas suatu jaringan komputer, dan manfaat jaringan komputer serta perangkat jaringan komputer.

Jaringan komputer jika dilihat dari luas area yang dicakup dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

1. Jaringan LAN
Jaringan LAN adalah suatu jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya jaringan LAN dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi tertentu.

LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat pada gedung tersebut. Komputer komputer dihubungkan untuk berbagi sumber daya yang ada, misalnya printer agar dapat digunakan bersama-sama.

Selain itu, jaringan LAN juga memungkinkan komputer-komputer dapat saling berkomunkasi dan saling bertukar data dan informasi.

Baca juga : Pengertian Jaringan Komputer

Komputer yang terhubung kedalam jaringan LAN kebanyakan hanya berjarak beberapa puluh meter.

Umumnya LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam satu lokasi saja.

Pengertian LAN MAN WAN dan PAN beserta Gambarnya
Pengertian LAN MAN WAN dan PAN beserta Gambarnya

2. Jaringan MAN
MAN merupaka singkatan dari Metropolitan Area Network. MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar.

MAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya kantor-kantor pemerintahan yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN.

Jaringan MAN dibangun dengan tujuan agar beberapa lembaga atau intansi dapat saling berbagi data. Misalnya kantor pajak dapat berbagi data dengan kantor dinas pertahanan dan lain sebagainya.

3. Jaringan WAN
WAN atau Area adalah jaringan komputer yang mencakup sebuah negara atau benua. WAN banyak digunakan oleh perusahaan besar dunia yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak di berbagai belahan dunia.

WAN juga digunakan oleh negara negara yang telah maju untuk menghubungkan database dari satu daerah kedaerah yang lain.

Update !!!
4. Jaringan PAN
Personal area network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

PAN atau Personal Area Network merupakan titik akses keberbagai perangkat pribadi seperti komputer, telpon, ponsel, televisi.

Sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.

Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire. PAN atau Personal.

Baca juga : Pengertian Wifi dan Fungsinya

Area adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer, jangkauan dari PAN biasanya hanya beberapa meter.

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intra personal).

Kegunaan Personal Area Network
1) Menghubungkan perangkat-perangkat komputer
2) Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal)

Contoh Penggunaan Jaringan PAN Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan laptop menggunakan Bluetooth.

Disamping itu Personal Area Network (PAN) merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut.

Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).

Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire. A wireless personal area network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigBee.

Nah itulah Pengertian LAN MAN WAN dan PAN beserta Gambarnya, semoga bermanfaat! Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!