Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya – Di era informasi saat ini, kebutuhan akan informasi merupakan hal yang sangat penting terutama dalam sebuah bisnis dan pendidikan. Oleh karena itu orang orang bekerja dalam sebuah TIM, bekerja sama saling bertukar informasi dan berbagai sumber daya. Untuk mendukung pertukaran data dan informasi serta berbagai sumber daya maka kita membutuhkan jaringan yang di namakan dengan jaringan komputer.

Apa pengertian jaringan komputer? Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian jaringan komputer beserta fungsi dan geografisnya serta topologinya. Maka dari itu baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum kita membahas lebih luas mengenai Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya, Saya ingatkan jangan lupa “Like dan Share” artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat kepada banyak orang. Sekaligus dengan memberi Like anda bisa mendownload artikel ini dalam format Pdf. 😀

 

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan terjadi pertukaran data dan saling berkomunikasi antar komputer. Agar jaringan komputer dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Kumpulan komputer yang terhubung dengan satu yang lain kemudian disebut dengan jaringan komputer.

Peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin penting. Berbagai kegiatan bisnis di bidang industri dilakukan dengan menggunakan komputer. Oleh karena itu kebutuhan mengolah data-data dan informasi demi kelancaran dan efesiensi untuk pengolahan data suatu informasi dari satu komputer ke komputer yang lain menjadi suatu hal yang wajib.

 

Manfaat Jaringan Komputer

Jadi, Jaringan komputer secara rinci bisa digunakan untuk:
– Memfasilitasi komunikasi via email, konferensi video, instant messaging, dll.
– Menghubungkan beberapa pengguna untuk berbagi perangkat keras tunggal seperti printer atau scanner.
– Mengaktifkan pertukaran (sharing) file sharing pada seluruh jaringan komputer.
– Mengizinkan untuk berbagi perangkat lunak atau program operasi pada sistem jarak jauh.
– Membuat informasi lebih mudah diakses dan dipelihara di antara pengguna jaringan komputer.

Lebih lengkap, silahkan baca : 8 Manfaat Jaringan Komputer

 

Macam-macam Jaringan Komputer

Ada banyak jenis jaringan, diantaranya adalah:

– Local Area Networks (LAN)
– Personal Area Network (PAN)
– Home Area Network (HAN)
– Wide Area Networks (WAN)
– Jaringan Kampus
– Metropolitan Area Networks (MAN)
– Jaringan Pribadi Perusahaan
– Internetworks
– Jaringan Backbone (BBN)
– GLobal Area Network (GAN)
– Internet

Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

Dalam sebuah jaringan komputer ada yang disebut dengan komputer server dan komputer client. Sesuai dengan namanya, komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan pengiriman data dari komputer-komputer yang ada dalam jaringan. Dengan kata lain komputer server berfungsi untuk mengatur aliran data dalam jaringan. Selain itu komputer server juga berfungsi untuk penyedia resource yang dibutuhkan oleh komputer-komputer client.

Jika jaringan komputer terhubung ke internet, komputer server juga dapat berfungsi sebagai gateway, disebut sebagai gateway karena komputer server tersebut merupakan gerbang atau jalur yang diguanakan oleh komputer client untuk mengakses internet.

Selain itu komputer server juga dapat berperan sebagai web server yang berfungsi untuk menyimpan halaman halaman web dari sebuah situs web, dan juga sebagai mail server atau komputer yang memberikan layanan mail.

Sedangkan jaringan peer-to-peer itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling memberi dukungan. Maka tiap-tiap komputer dapat meminta penggunaan dengan sumberdaya dari komputer yang lain, begitu juga harus siap melayani permintaan dari komputer yang lain. Model jaringan ini umumnya dapat diterapkan pada jumlah komputer yang cukup banyak, maksimum 25, lantaran komunikasi dapat jadi rumit dan tertahan bilamana komputer terlalu banyak.

 

Jaringan Komputer Berdasarkan Geografis

Berdasarkan Geografis, jaringan komputer terbagi menjadi 3. LAN atau yang sering disebut dengan Local Area Network, jaringan area metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan jaringan area luas atau Wide Area Network (WAN).

 

Jaringan LAN

Local area network (LAN) adalah jaringan komputer di wilayah geografis kecil seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, gedung perkantoran atau kelompok bangunan.

LAN terdiri dari workstation yang saling terhubung dan komputer pribadi yang masing-masing mampu mengakses dan berbagi data dan perangkat, seperti printer, pemindai dan perangkat penyimpanan data, di manapun di LAN. LAN ditandai oleh kecepatan komunikasi dan transfer data yang lebih tinggi dan tidak adanya kebutuhan untuk jalur komunikasi yang disewakan.

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya
Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya

 

Jaringan MAN

Metropolitan area network (MAN) mirip dengan lokal area network (LAN) namun menjangkau seluruh kota atau kampus. MAN terbentuk dengan menghubungkan beberapa LAN. Dengan demikian, MAN lebih besar dari LAN namun lebih kecil dari wide area networks (WAN).

MAN sangat efisien dan memberikan komunikasi cepat melalui operator berkecepatan tinggi, seperti kabel serat optik.

 

Jaringan WAN

Jaringan area luas (WAN) adalah jaringan yang ada di atas area geografis berskala besar. WAN menghubungkan berbagai jaringan kecil yang lebih kecil, termasuk jaringan area lokal (LAN) dan jaringan area metro (MAN). Ini memastikan bahwa komputer dan pengguna di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan komputer dan pengguna di lokasi lain. Implementasi WAN bisa dilakukan baik dengan bantuan sistem transmisi publik atau jaringan pribadi.

 

Tambahan

Jaringan PAN
Personal Area Network (PAN) merujuk pada interkoneksi perangkat teknologi informasi atau gadget di lingkungan pengguna individual (biasanya berjarak 10 meter atau 33 feed).

Perangkat yang saling berhubungan termasuk komputer laptop, PDA, ponsel, printer, PC atau perangkat komputer lain yang dapat dipakai. Juga dikenal sebagai wireless personal network (WPAN).

 

Jaringan GAN

Global Area Network (GAN) mengacu pada jaringan yang terdiri dari jaringan interkoneksi yang berbeda yang mencakup wilayah geografis yang tidak terbatas. Istilahnya sangat mirip dengan Internet, yang dianggap sebagai Global Area Network.

 

Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

Jaringan Komputer berdasarkan Topologi sudah saya tulis secara khusus dalam artikel yang berjudul “Topologi Jaringan Komputer

 

Komponen Jaringan Komputer

Jaringan komputer memerlukan perangkat sebagai berikut (beberapa di antaranya bersifat opsional)

– Network Interface Card (NIC)
– Hub
– Saklar
– Kabel dan konektor
– Router
– Modem

1. Network Interface Card
Network Interface Card jaringan adalah perangkat yang memungkinkan komputer “berbicara” dengan komputer atau jaringan lain. Dengan menggunakan alamat perangkat keras yang unik (yang disebut dengn alamat MAC) yang dikodekan pada chip kartu, protokol data-link menggunakan alamat ini untuk menemukan sistem lain di jaringan sehingga dapat mentransfer data ke tujuan yang benar.

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya
Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya

Ada dua jenis kartu jaringan : Kartu jaringan kabel dan nirkabel. NIC kabel menggunakan kabel dan konektor sebagai media untuk mentransfer data, sedangkan pada kartu NIC nirkabel, koneksi dibuat menggunakan antena yang menggunakan teknologi gelombang radio. Semua komputer laptop tergabung NIC nirkabel selain adaptor kabel.

Kecepatan Kartu Jaringan
Network Interface Card termasuk komponen utama jaringan komputer utama, NIC hadir dengan kecepatan berbeda dari mulai 10Mbps, 100Mbps, dan 1000Mbps, seterusnya. Kartu jaringan standar terbaru yang dibangun dengan kecepatan koneksi Gigabit (1000Mbps). Ini juga mendukung untuk menghubungkan kecepatan yang lebih lambat seperti 10Mbps dan 100Mbps. Namun, kecepatan kartu tergantung pada kecepatan LAN Anda.

Pada komputer modern, adapter jaringan terintegrasi dengan motherboard komputer. Namun jika Anda menginginkan kartu Ethernet yang lebih canggih dan cepat, Anda dapat membeli dan memasangnya di komputer menggunakan slot PCI yang ada di slot motherboard (desktop) dan ExpressCard di laptop.

2. Hub
Hub adalah perangkat yang membagi koneksi jaringan menjadi beberapa komputer. HUB seperti pusat distribusi. Saat komputer meminta informasi dari jaringan atau komputer tertentu, komputer meminta informasi dari hub ke kabel. Hub akan menerima permintaan dan mengirimkannya ke seluruh jaringan. Setiap komputer di jaringan kemudian harus mencari tahu apakah data siaran untuk mereka atau tidak.

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya
Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya

Saat ini Hub sudah jarang digunakan dan digantikan oleh perangkat komunikasi yang lebih maju seperti Switch and Router.

3. Switch
Switch adalah perangkat telekomunikasi yang dikelompokkan sebagai salah satu komponen jaringan komputer. Switch sama dengan Hub, namun Switch dibangun dengan fitur canggih. Menggunakan alamat perangkat fisik di setiap pesan masuk sehingga pesan dapat dikirim ke tempat tujuan atau port yang benar.

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya
Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya

Dengan kata lain switch menghubungkan sumber dan tujuan secara langsung yang meningkatkan kecepatan jaringan. Switch dan hub memiliki fitur umum: Beberapa port RJ-45, lampu catu daya dan koneksi.

4. Kabel dan konektor
Kabel merupakan salah satu cara media transmisi yang bisa mentransmisikan sinyal komunikasi. Tipologi jaringan kabel menggunakan jenis kabel khusus untuk menghubungkan komputer ke jaringan.

Ada beberapa jenis media transmisi solid yang tercantum di bawah ini.

– Kawat twisted pair
Diklasifikasikan sebagai Kategori 1, 2, 3, 4, 5, 5E, 6 dan 7. Kategori 5E, 6 dan 7 adalah kabel berkecepatan tinggi yang dapat mentransmisikan 1Gbps atau lebih. –

– Kawat koaksial
Kabel koaksial lebih menyerupai kabel instalasi TV. Coaxial lebih mahal daripada kabel twisted-pair namun memberikan kecepatan transmisi data yang tinggi.

– Kabel serat optik
Serat optic adalah kabel berkecepatan tinggi yang mentransmisikan data menggunakan sinar cahaya melalui serat yang terikat kaca. Kabel serat optik adalah kabel transmisi data yang tinggi dibandingkan dengan jenis kabel lainnya. Tapi biaya serat optik sangat mahal yang hanya bisa dibeli dan dipasang di tingkat pemerintahan.

5. Router
Saat kita berbicara tentang komponen jaringan komputer, perangkat lain yang digunakan untuk menghubungkan LAN dengan koneksi internet adalah Router . Bila Anda memiliki dua jaringan yang berbeda (LAN) atau ingin berbagi satu koneksi internet ke banyak komputer, maka anda memerlukan Router.

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya
Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya

Dalam kebanyakan kasus, router baru-baru ini juga menyertakan sebuah saklar yang dengan kata lain dapat digunakan sebagai switch. Anda tidak perlu membeli switch dan router, terutama jika Anda menginstal bisnis kecil dan jaringan rumah.

Lebih lengkap baca : Pengertian Router dan Fungsinya

Ada dua jenis Router: Router kabel dan wireless . Pilihannya tergantung pada setting / setting fisik kantor anda, kecepatan dan biaya.

Nah, itulah Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Macamnya yang bisa saya tulis pada artikel ini. Mohon maaf apabila kurang lengkap. Jika anda ingin menambahkan atau ingin bertanya, silahkan tulis pada kotak komentar di bawah. Terimakasih 😀

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!