8 Macam Browser Internet Paling Populer

8 Macam Browser Internet Paling Populer – Browser internet atau lebih dikenal dengan browsing memiliki pengertian mencari informasi dengan cara mengunjungi situs-situs yang ada di internet. Halaman web yang dikunjugi akan ditampilkan dengan menggunakan perangkat lunak yang disebut “aplikasi browser”.

Seperti yang sudah saya singgung pada postingan sebelumnya, halaman web ditulis dengan menggunakan kode HTML dan disimpan di server web.

Ketika browser dijalankan dan diminta untuk menampilkan sebuah halaman web dengan cara memuliskan alamat URL nya, browser akan mencari server web yang sesuai dengan alamat yang diberikan, mendownload file halaman web, menerjemahkan kode-kode HTML nya dan kemudian akan menampilkan halaman dari web tersebut dijendela browser.

Browser dapat dijalankan dengan meng-klik browser yang ada pada daftar program yang ditampilkan di menu program sistem operasi Anda.

Baca juga: Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya

Saat ini banyak sekali aplikasi browser yang dapat Anda pilih dan masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Namun pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama.

 

8 Macam Browser Internet Paling Populer

8 Macam Browser Internet Paling Populer
8 Macam Browser Internet Paling Populer

Adapun beberapa aplikasi browser yang paling populer dan sudah tentu banyak digunakan adalah sebagai berikut:

1. Google Chrome
Web Browser ini dimiliki oleh raksasa internet Google. Browser ini berfokus pada peningkatan kinerja aplikasi web. Ratusan ekstensi dapat diunduh secara gratis dari Chrome Store dan dapat digunakan untuk penggunaan pribadi.

Sejumlah besar aplikasi dan add yang tersedia di Toko Chrome. Ini menambahkan jumlah yang cukup besar untuk pengalaman browsing pengguna.

2. Mozilla Firefox
Peramban web yang dirancang untuk kesederhanaan, keamanan, dan fleksibilitas. Mozilla tersedia untuk Linux dan juga Android. Ada banyak plugin dan ekstensi yang bisa di terapkan pada Mozilla Firefox.

Selain itu, Anda juga bisa mengganti tema Mozilla sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan jika anda bisa, anda dapat memasang ekstensi agar browser dapat melakukan fungsi seperti yang Anda inginkan, seperti memeriksa akun Gmail Anda saat Anda membuka browser, atau memblokir semua iklan.

Banyak sekali kelebihan Mozilla dari Web Browser lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca “Kelebihan Mozilla Firefox

3. Browser Web Opera
Operas adalah web browser yang popular di kalangan pengguna Mobile. Dulu, saya sering menggunakan Opera untuk menjelajah internet. Opera juga memiliki kecepatan yang bagus.

4. Browser Web Safari
Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple inc. Safari adalah browser yang paling populer bagi pengguna MAC.

Safari dilengkapi dengan fitur yang Anda inginkan di browser modern, seperti penjelajahan tab, pemblokiran popup dan fungsi pencarian yang ada di dalamnya.

Safari juga memiliki salah satu fitur RSS-reading terbaik yang tersedia secara online.

5. Internet Explorer
Internet Explorer dan web browser milik Microsoft yang sudah terinstal pada sistem operasi Windows. IE masih sangat populer bagi kebanyakan pengguna internet.

Namun, sangat disayangkan Kecepatan startup menjadi salahsatu masalah terbesar yang sampai saat ini belum teratasi.

Ada banyak fitur penting seperti kemampuan Active X, SmartScreen Filters, daftar situs yang direkomendasikan dan banyak lagi.

Internet Explorer masih dianggap tertinggal dari web browser lainnya. Namun, pihak Microsoft berjanji akan memperbaikinya pada versi terbaru IE. Mari kita tunggu, apakah IE mampu menjadi lebih baik lagi.

6. Slimjet
Pernah mendengar browser yang satu ini? Terdengar sangat asing menurut saya. Namun setelah mencari tahu tentang Slimjet, dan banyak orang yang berpendapat bahwa Slimset adalah web browser yang yang bagus.

Selain itu, Slimjet juga mendukung semua Aplikasi.

Bisa jadi Slimjet sama baiknya dengan Chrome, karena Slimset memiliki antarmuka yang yang dapat disesuaikan seperti Firefox.

7. Maxthon Browser
Browser adalah web browser yang terbilang cukup cepat dan memiliki banyak fitur. Maxthon didukung oleh Maxthon Cloud Engine, ia menawarkan penjelajahan dan unduhan yang mulus.

Selain itu, Maxthon dapat diinstal pada semua platform.

Maxthon memiliki banyak fitur bagus, termasuk penerusan cepat video-iklan, kinerja Speedy dan mesin rendering dua halaman (Webkit dan Trident) untuk kompatibilitas yang lebih baik.

8. UC Browser
UC Browser! Kalau boleh jujur sebenarnya saya tidak suka dengan browser yang satu ini. Bahkan saya rasa para blogger tidak menyukainya. Namun, suka atau tidak yang pasti web browser ini sudah banyak digunakan oleh pengguna seluler.

Nah itulah 8 Macam Browser Internet Paling Populer yang bisa saya review pada artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca sampai selesai. 😀

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!