Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi – Jika kita perhatikan komputer telah menjadi bagian kehidupan masyarakat modern, kita bisa melihat penggunaan komputer dirumah, sekolah, dan kantor perusahaan ditempat tempat umum. Bahkan sebagian orang membawa komputer jinjing alias laptop kemanapun mereka pergi.

Dengan komputer yang terhubung ke internet, orang bisa membaca berita, mengirim surat atau email, menonton konser live, chatting, belanja online dan lain-lain tanpa harus berpindah tempat. Kegiatan seperti ini tentunya tidak dilakukan di era orang tua kita dahulu.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak luput dari kemajuan cara berfikir manusia. Hal ini karena teknologi yang diciptakan oleh manusia akan lebih canggih seiring kemajuan pengetahuan.

1. Media Informasi
a. Menulis
1) Menulis dengan batu
Pada zaman dahulu orang orang menulis di batu dan kulit hewan. Mereka belajar berkomunikasi secara baik dengan batu dan kulit. Perkembangan berikutnya orang-orang mulai meulis dengan halus rapi melalui bantuan garis garis batu.

Lebih lengkap: Sejarah Komunikasi Manusia dan Perkembangannya

2) Menulis dengan mesin tik
Pada jaman sekarang menulis dilakukan dengan cara mengetik menggunakan alat tik, dan inilah salah satu awal mula lahirnya teknologi seperti mengetik dengan keyboard dan touchscreen.

b. Berhitung
1) Menghitung dengan menggunakan lidi
Pada zaman dahulu belum ada alat elektronik seperti alat mesin hitung maka orang orang pada zaman dahulu menghitung dengan menggunakan lidi.

2) Mengitung dengan Sempoa
selanjut nya semakin berkembang daya fikir manusi maka terciplah Sempoa (Abacus/Sipoa) dan abacus ini berasal dari babilonia kuno, biji abacus buatan rusia yang terbuat dari stachhoky dan dirancang untuk menghitung uang, bris atas untuk menhitung jutaan dan bris bawah untuk menghitung ratusan dan seterusnya.

Perkembangan Teknologi Informasi
Sempoa

3) Menghitung dengan Kalkulator
selanjutnya muncul lah kalkulator yang termasuk sebagai kategory modern yang berfungsi untuk menghitung angka angka, kalkulator mempunyai kemepuan yang berdeda-beda. Dan hal ini didukung oleh peralatan elektronika yang mampu mengerjakan berbagai fungsi matematis.

c. Menggambar
1) Menggambar di dinding batu
Pada Zaman batu menggambar dilakukan di dinding gua-gua untuk mengenang peristiwa yang mereka alami.

2) Menggambar di Kanvas
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, masyarakat yang dulunya menggambar di dnding sekarang menggambar dikanvas dengan banuan kuas dan kain.

3) Kamera
Kamera merupakan salah satu teknologi untuk mencetak suatu objek dengan baik, pada masa ini orang-orang dapat mengabadikan gambar bersama orang lain yang disebut photo selfie, atau memotret pemandangan yang indah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!