Pengertian Bandwidth dan Fungsinya

Pengertian Bandwidth dan Fungsinya – Apa itu Bandwidth? Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.

Dalam kerangka ini, Bandwidth bisa diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. Frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz.

Sinyal suara tipikal memiliki Bandwidth kira-kira 3 KHz, analog Televisi broadcast (Televisi) memiliki Bandwidth kira-kira 6 MHz.

Bandwidth (lebar pita) dalam ilmu komputer merupakan sebuah penghitungan mengkonsumsi data yang tersedia pada sebuah telekomunikasi dihitung dalam unit Bps atau bits per seconds.

Melihat bahwa bandwidth yang ada dalam komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam unit Hertz (makna sebenarnya dari istilah tersebut) yang lebih cocok ditulis bitrate daripada bits per second.

Pengertian Bandwidth dan Fungsinya
Pengertian Bandwidth dan Fungsinya

Dalam dunia website hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebar pita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan yang lain) yang berjalan antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu masa tertentu.

Misalnya 5 GB perbulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang dapat dilakukan oleh semua klien adalah 5 GB, bila bandwidth habis maka situs tidak bisa diakses sampai bulan baru.

Semakin banyak fiture di dalam situs seperti gambar, video, suara, maka akan semakin banyak bandwidth yang akan digunakan.

Jenis-jenis Bandwidth

1. Digital Bandwidth
Digital Bandwidth adalah jumlah atau volume data yang bakal dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi dalam unit Bps tidak dengan distorsi.

2. Analog Bandwidth
Sedangkan analog Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dgn frekuensi paling atas dalam suatu rentang frekuensi yang diukur dalam unit Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang memastikan berapa banyak informasi yang dapat ditransimisikan dalam satu waktu.

3. Bandwidth Komputer
Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, Bandwidth sering difungsikan juga sebagai sebuah data transfer rate adalah jumlah data yang akan dipindah dari satu buah titik ke titik lain dalam jangka disaat tertentu (rata-rata dalam detik).

Kategori Bandwidth ini rata-rata diukur dalam BPS bits per seken).

Adakalanya dinyatakan dalam BPS (bytes per seken). Sebuah modem yang bekerja pada 57,600 Bps memiliki Bandwidth 2X lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 Bps.

Secara umum, koneksi dengan bandwidth yang besar akan membuat pengiriman informasi besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation.

Baca juga : Pengertian Presentasi Video

Alokasi bandwidth
Alokasi atau reservasi Bandwidth adalah suatu proses memastikan jatah Bandwidth pada pemakai aplikasi dalam suatu jaringan.

Termasuk juga didalamnya ditentukan prioritas pada bermacam macam kategori aliran data berdasarkan seberapa utama atau krusial dan delay-sensitive aliran data tersebut.

Hal ini dapat memungkinakna pemakaian Bandwidth yang ada secara efisien. Dan jika sewaktu-waktu jaringan tersebut lambat, aliran data yang mempunyai prioritas yang lebih rendah akan diberhentikan.

Besar nya saluran atau Bandwidth dapat berdampak kepada kecepatan transmisi. Data dalam jumlah besar dapat menempuh saluran yang mempunyai Bandwidth kecil lebih lama di bandingkan melintasi saluran yang mempunyai Bandwidth yang besar.

Baca juga: Jenis Jenis Transmisi Pada Jaringan Komputer

Kecepatan transmisi tersebut sangat dibutuhkan untuk aplikasi komputer yang memerlukan jaringan terutama penerapan real-time, seperti video conferencing.

Pemakaian Bandwidth untuk jaringan LAN bergantung pada jenis media atau medium yang dipakai, kebanyakan semakin tinggi Bandwidth yang ditawarkan oleh suatu media atau medium, makin tinggi juga nilai jualnya.

Sedangkan pemakaian Bandwidth untuk jaringan WAN bergantung dari kapasitas yang ditawarkan dari pihak ISP. Perusahaan harus membeli Bandwidth dari ISP, dan semakin tinggi Bandwidth yang dibutuhkan, semakin tinggi harganya.

 

Baca juga : Pengertian ISP dan Fungsinya

Teknologi jaringan baru dikembangkan dan infrastruktur jaringan yang ada diperbaharui, aplikasi dapat dimanfaatkan kebanyakan dapat mengalami peningkatan dalam aspek mengonsumsi Bandwidth.

Video streaming dan Voice over IP ([[VoIP]]) adalah beberapa contoh pemakaian teknologi baru yang menggunakan Bandwidth dalam jumlah yang besar.

Nah itulah Pengertian Bandwidth dan Fungsinya semoga bermanfaat! Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!