Fungsi Modem Internal dan Eksternal

Fungsi Modem Internal dan Eksternal – Modem berasal dari kat modulation-demodulation, nama ini diberikan karena sesuia dengan cara kerjanya atau fungsi modem, dimana modem bekerja mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (modulasi) agar dapat dikirim melalui saluran telepon dan sebaliknya untuk mengubah sinyal analog (demodulasi) menjadi sinyal digital agar dapat dimengerti oleh komputer.

Fungsi Modem Internal dan Eksternal

Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke internet, modem akan merubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Pada saat komputer menerima data dari internet maka modem akan merubah sinyal analog menjadi sinyal digital sehingga komputer dapat membaca sinyal tersebut. Dengan cara ini modem membuat sebuah komputer untuk mengakses internet dan tergabung ke jaringan internet melalui jaringan telepon.

Selain modem , ada beberapa perangkat keras pendukung yang bisa anda gunakan untuk mengakses internet. Untuk menambah pengetahuan anda, saya sudah menulis secara khusus artikel tentang “Perangkat keras untuk Mengakses Internet“.

Kecepatan Transper Modem
Kecepatan modem mentransper data dengan satuan bits/ second (bps). Saat ini umumnya kecepatan transper data modem dial-up terdapat dipasaran adalah 56kbps. Ini berarti modem tersebut dapat mentransper data sebesar 56 kilobits setiap detiknya. Secara teori, kecepatan akses dengan menggunakan modem dial-up dapat mencapai 56 kilobits. Namun biasanya kecepatan akses manggunakan modem dial-up kurang dari kecepatan maksimal.

Jenis – Jenis Modem
Ada dua jenis modem yang terdapat dipasaran, yaitu modem internal dan modem eksternal.

Modem internal adalah perangkat jaringan yang dipasang pada papan ekspansi (expansion board) yang dihubungkan ke motherboard. Berbeda dengan Modem eksternal, modem internal tidak mengandung lampu indikator untuk menginformasikan kepada kita sebagai pengguna fungsi atau status modem yang berubah. Namun, anda harus bergantung kepada perangkat lunak yang sesuai dengan modem internalnya.

Fungsi Modem Internal dan Eksternal
Fungsi Modem Internal dan Eksternal

Keuntungan modem internal adalah harganya lebih murah namun memiliki kelemahan dalam pemasangan yang sulit dan penggunaanya tidak bisa dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain karena harus direpotkan dengan membuka casing komputer.

Modem external adalah modem yang dipasang di luar CPU. Modem eksternal terpisah dari komputer dan dihubungkan dengan menggunakan kabel LAN dan kabel USB, itu juga tergantung tipe modemnya.

Keuntungan menggunakan modem eksternal adalah dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain, namun harganya mahal.

Nah, itulah fungsi modem internal dan eksternal. Jika anda ingin menambahkan materi di atas silahkan berkomentar.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!