Manfaat Internet Secara Umum

Manfaat Internet Secara Umum – Pada generasi ini, menjelajah di internet sudah menjadi rutinitas kita sehari-hari. Dengan internet, kita bisa melakukan banyak hal. Seperti berbelanja baju, menjalin pertemanan dan mendapatkan informasi dan lain-lain. Saya pribadi mengandalkan internet untuk mencari informasi dan berbelanja serta memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Yang jelas, manfaat internet sudah bisa dirasakan oleh banyak orang dalam berbagai bidang.

Nah, pada kesempatan ini Anda akan sama-sama membahas manfaat internet secara umum.

Manfaat Internet Secara Umum

1. Internet Sebagai Sarana Pendidikan
Belajar jarak jauh sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada. Beberapa universitas luar negeri mempunyai program belajar jarak jauh. Di Indonesia juga terdapat universitas yang mempunyai program belajar jarak jauh, misalnya Universitas Terbuka (UT).

Pihak penyelenggara belajar jarak jauh mengirimkan bahan-bahan pelajaran berupa buku-buku, kaset dan video kepada para siswa/mahasiswa untuk dipelajari. Untuk mengukur tingkat kemampuan siswa, diberikan latihan dan test-test yang harus dikerjakan. Latihan atau test-test tersebut harus dikerjakan dan dikirimkan kembali oleh para siswa.

Sistem belajar seperti ini sebenarnya jauh dari sempuma. Dalam belajar, seseorang membutuhkan interaksi atau dialog/komunikasi langsung dengan guru, interaksi atau dialog dengan sumber belajar, dan interaksi atau dialog dengan sesama siswa. Kekurangan salah satu dari hal di atas akan menyebabkan hasil yang diperoleh menjadi tidak maksimal.

2. Internet Sebagai Sarana Komunikasi Jarak Jauh
Internet merupakan alat komunikasi yang murah dan efisien. Karena dengan Internet dapat memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one-to-one communications) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one-to-many communications). Hal ini memungkinkan terjadinya diskusi antara dua orang dan diskusi antara banyak orang.

Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui telekonferens. Komunikasi audio visual dapat terjadi dan memungkinkan komunikasi terjadi secara langsung.

Tanpa harus dibekali kemampuan teknis internet yang cukup dan pemahaman yang cukup akan sistem yang digunakan Anda sudah dapat berkomunikasi dengan orang lain. Dengan demikian, para pengajar dapat mengembangkan metode-metode dan strategi pengajaran yang lebih efektif.

Teknologi juga merupakan faktor yang penting bagi terselenggaranya belajar jarak jauh dengan menggunakan internet. Teknologi yang ada saat ini memungkinkan dibuat sebuah aplikasi belajar jarak jauh yang cukup memadai.

Pemanfaatan teknologi dan aplikasi yang tepat akan membuat proses belajar jarak jauh dapat terselenggara dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal. Selain sebagai sarana penunjang pembelajaran jarak jauh, internet juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran langsung.

3. Internet Sebagai Sumber lnformasi
Internet banyak dimanfaatkan sebagai sumber informasi. Internet mempunyai informasi tentang apa saja dalam jumlah yang tidak terbatas. Sebagai pengguna, Anda dapat memanfaatkan internet untuk mencari informasi apa saja yang dibutuhkan atau inginkan. Misalnya informasi tentang info mudik, cuaca, kuliner, politik, ekonomi, wisata, teknologi, hobi tertentu, olahraga, selebriti dan sebagainya.

Jika ingin mengetahui berita-berita terkini, saat ini di internet telah terdapat berbagai situs berita online dalam berbagai bahasa. Melalui situs berita-situs berita ini, Anda dapat memperoleh berbagai berita secara online dan terus di-update setiap saat. Hal ini menyebabkan berita-berita tentang kejadian-kejadian penting tersebar dengan lebih cepat ke seluruh dunia.

Berita tentang meletusnya gunung Sinabung, Bromo, Merapi, tsunami di Mentawai dan berita-berita penting lain nya tersebar ke seluruh dunia dapat diketahui dalam hitungan menit. Beberapa media berita online yang populer di Indonesia antara lain; Detik (www.detik.com), Kompas (www.kompas.com), jawa pos (www.jawapos.co.id), dan lain-lain.

4. Media Komunikasi
Internet merupakan media komunikasi yang sangat handal dan murah. Anda dapat mengirimkan informasi ke seluruh dunia dalam hitungan detik dengan biaya yang sangat kecil dibanding dengan biaya menggunakan media komunikasi lain.

Jika ingin mengirimkan informasi ke semua orang, Anda dapat menempatkan informasi tersebut di sebuah halaman web dan informasi akan dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia.

Jika ingin mengirimkan informasi kepada orang tertentu saja, Anda dapat menggunakan email untuk mengirimkan informasi tersebut ke orang yang bersangkutan.

Kegiatan yang paling seru dan menarik menurut saya adalah berkomunikasi dengan teman dekat dan keluarga dengan memanfaatkan apliksi Chatting atau Video Conference. Aplikasi chatting dan video conference tersebut dapat Anda lakukan dengan menggunakan layanan-layanan yang sudah ada di internet, Seperti Skype, Whats App, Facebook, BBM dan lain-lain.

Dalam teknologi informasi, Komunikasi tersebut dinamakan dengan Komunikasi dalam jaringan (Daring)

Komunikasi daring terbagi menjadi dua, Yaitu komunikasi daring sinkron dan komunikasi daring asinkron. Untuk lebih lengkapnya silahkan and abaca dalam artikel yang berjudul “Pengertian Komunikasi Daring

5. Internet Sebagai Sarana Mencari Teman
Saat ini ada banyak situs di internet yang mengkhususkan diri sebagai media jejaring sosial online (sosmed atau medsos). Beberapa situs yang paling banyak penggunanya adalah Facebook, MySpace, Twittel, Linkeding, Ning, Tangged, Hi5, Clasfmates, Friendster, dan sebagainya. Indonesia merupakan salah satu negara pengguna yang paling aktif di situs jejaring sosial online.

Jangan lupa, tambahkan saya menjadi teman Anda di facebook https://web.facebook.com/muizz.elhaitamy

Situs jejaring sosial online dapat dibedakan menjadi dua: (1) situs jejaring sosial yang mengkhususkan untuk komunitas tertentu saja, dan (2) situs jejaring sosial yang terbuka untuk semua orang. Menurut data yang dikeluarkan Facebook, lebih dari 500 juta orang terdaftar sebagai pengguna Facebook.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Inside Facebook (insidefacebook.com, 8 Juni 2010), Indonesia merupakan pengguna jejaring sosial nomor tiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Inggris.

Kehadiran berbagai situs jejaring sosial di internet memungkinkan internet kemudian dimanfaatkan sebagai media untuk membangun hubungan sosial secara online. Internet digunakan sebagai media untuk membangun komunitas-komunitas sosial.

Komunitas-komunitas online ini umumnya dibangun karena kepentingan dan ketertarikan yang sama seperti hobi, agama, politik latar belakang dan sebagainya.

Anda bisa menjalin pertemanan dengan siapa saja Anda inginkan, baik itu di dalam negeri atau menjalin pertemanan dengan orang asing. Anda juga bisa mengenal teman-teman asing yang bisa berbagi pengalaman, budaya, pekerjaan dan sebagainya melalui Internet.

Di sisi lain, Anda tidak harus pergi untuk bertemu dengan mereka. Anda tinggal duduk di depan komputer dan berbicara dengan mereka dalam bahasa Inggris.

Oleh karena itu, menjalin pertemanan di Internet tidak hanya bisa membuka pikiran Anda kepada dunia tapi juga meningkatkan kemampuan bahasa Anda.

6. Belanja Online
Belanja online adalah hal yang yang bisa Anda lakukan di Internet. Ada banyak jenis baju dan produk lainnya yang bisa Anda pilih diberbagai toko online, baik itu toko online Indonesia atau luar negeri. Dengan demikian, Anda tidak perlu pergi ke luar untuk membelinya, dan tentunya akan menghemat banyak waktu dan uang untuk transportasi.

7. Internet Sebagai Sarana Belajar Mandiri
Hal yang sangat bermanfaat di internet adalah mencari informasi. Banyak sekali informasi dari internet yang bisa Anda dapatkan. Terus terang, saya belajar nge-blog mulai dari nol sampai bisa menghasilkan uang hanya dari internet.

Karena jika Anda tidak pernah mengakses internet, Anda harus meluangkan banyak waktu untuk mencari informasi. Saat ini, Anda hanya perlu mencari dengan kata kunci tertentu di mesin pencari Google atau Bing. Dan disana lah Anda akan menemukan berbagai informasi yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan berita kejadian terkini langsung di Internet. Anda juga bisa memilih apa yang ingin Anda ketahui di internet. Tidak hanya menghemat waktu dalam mencari berita tapi juga menghemat uang untuk membeli surat kabar.

8. Internet Sebagai Sarana Hiburan
Internet membuat hidup Anda menjadi lebih nyaman dan terhibur. Saya pribadi dulu pergi ke bioskop untuk melihat film. Dengan internet, saya tinggal duduk di rumah dan mendownload film untuk ditonton dan bisa memakan makanan kesukaan saya sambil menikmati film. Dan saya rasa Internet adalah salah satu penemuan terbesar di generasi ini.

9. Internet Sebagai Sarana Bisnis
Belum lama ini, jika seseorang memulai bisnis, dia harus memasang beberapa iklan secara lokal dengan harapan bisa membangun nama (merk) untuk dirinya sendiri di daerah tersebut. Internet telah mengubah praktik itu sepenuhnya. Kehadiran internet memberikan peluag untuk perusahaannya agar dapat dikenal khalayak global. Pelanggan dari seluruh dunia dapat mempelajari dan membeli produk yang di jual. Sehingga potensi populasi pelanggannya tidak terbatas.

10. Memudahkan Pekerjaan
Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat bisa menjadi ringan jika mampu memanfaatkan internet. Contoh, jika Anda diperintah oleh direktur untuk memberikan sebuah data ke kantor lain, Anda tidak perlu repot untuk pergi mengunjungi kantor tersebut. Anda bisa memanfaatkan surat elektronik di dunia maya atau biasa disebut dengan Email.

Dan itulah Manfaat Internet Secara Umum yang bisa saya rangkum pada kesempatan ini. Jika Anda ingin menambahkan silahkan berkomentar. Terimakasih. 😀

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!