Pengertian Attachment dan Fungsinya

Pengertian Attachment dan Fungsinya – Attachment (lampiran) adalah file yang dikirim dengan pesan e-mail. Attachment bisa berupa gambar dokumen, film, file suara, dokumen Excel atau file lain yang memerlukan program lain untuk membukanya.

Attachment juga dapat mencakup virus komputer, trojan, worm, atau malware lainnya. Dan jika Anda mendapatkan Attachment dari orang yang tidak anda kenal, sebaiknya tidak membuka Attachment. Karena virus dan worm dapat menggunakan buku alamat untuk membantu menyebarkan virus dan membuatnya tampak seperti e-mail yang valid.

Singkatnya, pengertian Attachment File adalah file yang kirimkan dengan melalui email. Jenis file yang dikirimkan bisa bisa berupa film, gambar, animasi aplikasi, zip, html PDF dll.

Jika anda mengirim file dengan ukuran yang besar, saya sarankan anda memperkecil ukurannya. Karena semakin besar ukuran file yang akan dikirim, semakin lama waktu yang dibutuhkan. Baca tips cara memperkecil ukuran file pdf.

Bagaimana Cara Membuat File Attachment?
Cara membuat Attachment File yaitu dengan cara sebagai berikut:
a. Klik compose pada pilihan yang ada pada email anda.
b. Klik Attachment file
c. Klik Browse.
d. Pilih file yang akan dikirim.
e. Klik Attach File – Pilih Done – Klik Send

Cara Mengirimkan File Attachment
1. Disini saya menggunakan email layanan dari google yaitu GMail.

Untuk masuk ke GMail, silahkan kunjungi http://www.mail.google.com. Selanjutnya anda akan diarahkan kelaman login.

Login lah seperti biasa dengan cara memasukan alamat Email dan Password.

2. Jika email dan password sudah dimkasukan dengan benar, kemudian Klik MASUK, maka akan tampil halaman dalam Email anda seperti gambar dibawah ini : MELAMPIRKAN FILE DATA (ATTACHMENT)

Pengertian Attachment dan Fungsinya
Pengertian Attachment dan Fungsinya

3. Klik “TULIS” dikarenakan akan mengirim email, kemudian akan muncul kotak dialog pada pojok kanan bawah lalu tuliskan alamat email tujuan. Langkah berikutnya MELAMPIRKAN FILE (ATTACHMENT FILE) yang dapat dikirim . Cara Klik “Lampirkan File” bertanda lingkaran.

4. Apabila telah diklik lingkaran diatas, maka akan tampil kotak dialog untuk mencari FILE yang akan dilampirkan untuk dimasukkan sebagai lampiran Email.

5. Klik “KIRIM” untuk mengirim email.

Dimana File Attachment akan disimpan?
Attachment e-mail disimpan tergantung pada program e-mail atau layanan yang anda gunakan (Gmail, Yahoo! Mail, dan MSN, Outlook, Eudora, IncrediMail, dan Thunderbird)

JIka anda pengguna Outlook, IncrediMail, dan Thunderbird, anda bisa menyimpannya di C:\Users\<profile_name> \ (untuk Windows Vista) dan atau di C:\Documents and Settings\ untuk Windows XP. Karena program ini membuat folder untuk menyimpan Attachment ke pesan e-mail.

Tips: Jika Anda telah membuka Attachment dan perlu mengedit file atau menyimpannya ke lokasi alternatif, pastikan memilih opsi Save As dan simpan file ke lokasi yang lebih permanen.

Jika anda menggunakan Gmail, Yahoo! Mail, dan Hotmail (Outlook)
Untuk program e-mail online seperti Gmail , Yahoo! Mail dan Hotmail (Outlook online), membuka pesan e-mail yang berisi Attachment bisa dengan mengklik download attachment.

Setelah Attachment di download, Anda harus memindahkan atau menyimpan file ke folder lain di komputer Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya dan membukanya lagi nanti ketika diperlukan.

Tips:
Jika Anda menerima Attachment e-mail dari seseorang yang tidak Anda kenal, sebaiknya jangan anda buka terlebih dulu. Sebaiknya anda melakukan scanning dengan anti virus. Karena jika file terinfeksi virus, maka akan menginfeksi komputer Anda setelah Attachment tersebut dibuka.

Nah itulah Pengertian Attachment dan Fungsinya. Jika ada pertanyaan terkait Pengertian Attachment dan Fungsinya, silahkan berkomentar. Terimakasih. 😀

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!