Pengertian Command Prompt atau Cmd.exe

Pengertian Command Prompt atau Cmd.exe – Command Prompt, atau yang lebih popular dengan sebutan cmd.exe atau cmd saja merupakan juru baris perintah pada sistem operasi Windows NT , Windows CE , OS / 2 dan eComStation. Versi awal dari Command Prompt untuk Windows NT dikembangkan oleh Therese Stowell.

Atau Pengertian Command Prompt adalah aplikasi bahasa perintah yang tersedia di hampir semua sistem operasi Windows.

Command Prompt digunakan untuk mengeksekusi perintah yang dimasukkan. Sebagian besar perintah tersebut digunakan untuk mengotomatisasi tugas melalui skrip dan file batch, melakukan fungsi administratif lanjutan, dan memecahkan masalah dan memecahkan beberapa jenis masalah Windows tertentu.

Baca juga: Perintah perintah CMD yang harus anda ketahui

Command Prompt secara resmi disebut Windows Command Processor namun kadang-kadang disebut command shell atau cmd prompt , atau bahkan disebut dengan namafile cmd.exe-nya .

Catatan: Command Prompt terkadang disebut sebagai “DOS prompt” atau sebagai MS-DOS itu sendiri. Command Prompt adalah program Windows yang mengemulasi banyak kemampuan command line yang tersedia di MS-DOS namun sebenarnya bukan MS-DOS.

Pengertian Command Prompt atau Cmd.exe
Pengertian Command Prompt atau Cmd.exe

 

Fungsi CMD atau Command Prompt
a. Mengatasi beberapa masalah pada versi GUI pada sistem operasi windows. Seperti kerusakan yang di akibatkan oleh virus, kehilangan pilihan pada explorer, task manager yang di-disable, tidak bisa membuka msconfig dll.

Baca juga: Cara Membuka Task Manager Windows 7, 8 dan 10

b. Dapat mengkases beberapa perintah secara cepat dengan cmd, karena cmd jauh lebih ringan dibadingkan dengan windows explorer.

Pada Sistem Operasi Windows, Command Prompt kompatibel dengan COMMAND.COM tapi memberikan ekstensi sebagai berikut:

– Memberikan pesan kesalahan yang lebih rinci dibandingkan dengan “Bad command atau nama file ” dari COMMAND.COM. Dalam OS / 2, kesalahan yang dilaporkan dalam bahasa yang dipilih dari sistem, teks yang diambil dari file pesan sistem.

– Perintah BANTUAN kemudian dapat dikeluarkan dengan jumlah pesan kesalahan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

– Mendukung menggunakan tombol panah untuk menggulir sejarah perintah. Fungsi ini hanya tersedia untuk COMMAND.COM melalui komponen eksternal yang disebut DOSKEY .

– Menambahkan baris perintah penyelesaian file dan folder path.

– Memperlakukan Caret karakter (^) sebagai karakter escape; dengan kata lain, karakter yang mengikutinya adalah untuk dipahami secara harfiah. Karakter khusus ada di Command Prompt dan COMMAND.COM Salahsatunya sebagai seperti dibawah ini.

“<“, “>”, “*”, dan “?” “|”

Nah itulah Pengertian Command Prompt atau Cmd.exe yang bisa saya tulis pada artikel ini. Terimaksih sudah membaca dan berkunjung. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Tags:
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!