Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure

Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure – Dalam jaringan Wireless terdapat Dua topologi. Yaitu Topologi Ad Hoc dan juga topologi Infrastructure. Kedua topologi tentunya memiliki pengertian dan sekaligus memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka maka dari itu, pada artikel ini kita akan sama-sama membahas Pengertian Topologi Ad Hoc dan infrastructure.

Namun, seperti biasa… Sebelum kita membahas lebih luas lagi. Saya ingatkan jangan lupa “Like dan Share” artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat kepada banyak orang. Sekaligus dengan memberi Like anda bisa mendownload artikel ini dalam format Pdf.

Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure
Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure

Pengertian Jaringan Ad Hoc

Jaringan Ad Hoc adalah jenis koneksi komputer-ke-komputer sementara. Dalam mode Ad Hoc, Anda dapat mengatur koneksi nirkabel langsung ke komputer lain tanpa harus terhubung ke titik akses atau router Wi-Fi .Dinamakan jaringan Ad Hoc karena tidak bergantung kepada infrastruktur yang telah ada, seperti router dalam jaringan kabel maupun Access Point terhadap jaringan nirkabel.

Dalam jaringan Ad Hoc, setiap node bertugas dalam me-routing data pada node lain. Jadi penentuan node mana yang mengirimkan data dibuat dengan cara dinamis berdasarkan konektivitas dari jaringan itu sendiri.

Kelebihan Jaringan Ad Hoc
Topologi Ad Hoc ini mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah hemat biaya. Kenapa begitu? Ya, agar terkoneksi kita tidak harus menyambung perangkat apapun, seperti contohnya Access Point yang sering diperlukan dalam jaringan wireless.

– Jaringan Ad Hoc berguna saat anda ingin berbagi file atau data lainnya secara langsung dengan komputer lain namun tidak memiliki akses ke jaringan Wi-Fi .

– Lebih dari satu laptop dapat dihubungkan ke jaringan Ad Hoc, selama semua kartu adaptor dikonfigurasi untuk mode Ad Hoc dan terhubung ke SSID yang sama ( service state identifier ). Komputer harus berada dalam jarak 100 meter satu sama lain.

– Jika Anda adalah orang yang memasang jaringan Ad Hoc, dan anda melepaskan sambungan dari jaringan, maka semua perangkat lain juga akan terputus.

– Anda juga dapat menggunakan jaringan nirkabel Ad Hoc untuk berbagi koneksi internet komputer Anda dengan komputer lain.

Kekurangan Jaringan Ad Hoc
Untuk berbagi file dan printer, semua pengguna harus berada dalam kelompok kerja yang sama, atau jika satu komputer bergabung ke domain, pengguna lain harus memiliki akun di komputer tersebut untuk mengakses item bersama.

Keterbatasan jaringan Ad Hoc lainnya adalah kurangnya keamanan dan kecepatan data yang lambat. Dan ini sangat jauh sekali apabila kita mentransfer file menggunakan FTP.

Baca : Pengertian FTP dan Fungsinya

Dalam urusan keamanan, Modus Ad Hoc sangat rawan dan rentan akan hacking. Jika hacker berada dalam jangkauan jaringan Ad Hoc, tentu dia akan sangat leluasa masuk dalam jaringan Ad Hoc anda.

Kekurangan lainnya
a. Masalah yang sering ditimbulkan oleh koneksi Ad Hoc yaitu kapasitas bandwith yang sangat terbatas, maka aspek ini sangat memungkinkan lambatnya proses transfer data.

b. Tidak cuma bandwith, jangkauan sinyal yang dipancarkan oleh perangkat wifi adapter pada komputer klien serta tidak mampu terlalu jauh. Baca juga : Pengertian wifi dan fungsinya

c. Untuk keamanan, koneksi Ad Hoc ini bisa di bilang sangat kurang. Sangat berbeda apabila di bandingkan dengan Access Point yang telah support WPA & WPA2.

2. Topologi Infrastructure
Topologi infrastructure ini yakni satu buah topologi di mana hubungan tiap-tiap wifi klien terpusat pada suatu piranti Access Point. Jadi, seluruh koneksi antara wifi klien haruslah melalui Access Point.

Kelebihan
a. Kapasitas bandwith lebih besar, karena koneksi tiap-tiap wifi klien hanya mengarah pada Access Point saja.

b. Jangkauan perangkat Access Point biasanya sudah dibuat besar, ditambah lagi kita dapat memperbesar sendiri daya jangkau dari Access Point.

c. Keamanan tak diragukan lagi, karena Access Point sudah di lengkapi dengan system autentifikasi WPA & WPA2

Kekurangan
Kita harus menambah budget untuk pengadaan perangkat Access Point. Sebab perangkat inilah yg jadi pusat dari seluruh koneksi yang ada terhadap topologi infrastructure.

Baca juga: Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Mengatur Jaringan Ad Hoc Wireless untuk Berbagi Sambungan Internet
Untuk memasang jaringan nirkabel Ad Hoc agar dapat berbagi koneksi internet dengan perangkat lain adalah sebagai berikut;

Testing Windows 10
– Pada Windows 10, buka Command Prompt dan masukkan kode ini, ganti “your network name” dan “your password” dengan informasi Anda: netsh Wlan set hostnetwork mode = allow ssid = yournetworkname = your password

– Kemudian jalankan jaringan host: netsh Wlan mulai hostednetwork

– Buka Control Panel dan pilih Network and Sharing Center. Pilih Change Adapter Settings untuk membuka Network Connections.

– Nyalakan Internet Connection Sharing dengan mengklik kanan pada perangkat yang terhubung ke internet.

– Pergi ke Sharing dan centang kotak yang bertuliskan “connect through this computer’s Internet connection” (Izinkan pengguna jaringan lain terhubung melalui koneksi internet komputer ini ).

– Di menu drop-down, pilih koneksi jaringan Ad Hoc dan klik OK.

Nah… Itulah Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure yang bisa saya paparkan pada artikel ini. Jika anda ingin bertanya terkait Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure, silahkan komentar. Terimakasih. 😀

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!