Pengertian FTP dan Fungsinya beserta Cara Kerjanya

Pengertian FTP dan Fungsinya beserta Cara Kerjanya – FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Klien FTP adalah program yang memungkinkan Anda memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain dengan mudah. Terkadang FTP dapat digunakan untuk mengupload grafik, file musik, dan hal-hal lain dari komputer host ke komputer lain.

Fungsi FTP
– Mentransfer file antar komputer.
– Membuat direktori
– Menghapus direktori

FTP merupakan solusi bagi anda ketika ingin mengirimkan file dengan ukuran besar dan bersih. Karena ketika anda melampirkan file berukuran besar dalam email terkadang pengiriman bisa gagal atau membutuhkan waktu yang sangat lama.

Baca juga: Cara Mengirim File Lewat Email

Karena FTP menggunakan protokol TCP (jaringan), dan dia mengoperasikan koneksi yang andal sebagai sesi transfer “antara komputer klien (host) dan server (remote).

Server FTP
Server FTP adalah aplikasi software.html yang menjalankan File Transfer Protocol (FTP), yang merupakan protokol untuk pertukaran file melalui Internet .

Klien FTP
Klien FTP adalah aplikasi perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mengakses server data dengan menggunakan file transfer protocol . Dengan penggunaan protokol umum ini, FTP klien dapat mentransfer data ke dan dari FTP server. Aplikasi client menyediakan sarana untuk membuat koneksi dan kemudian mengeluarkan perintah FTP yang sesuai ke server.

Cara Menggunakan FTP
Untuk mendownload file atau menerima file menggunakan FTP, Anda wajib menggunakan klien FTP (atau perangkat lunak klien) untuk terhubung ke komputer FTP (server) yang menjalankan perangkat lunak server FTP.

Cara Kerja FTP
Satu-satunya cara yang digunakan oleh FTP adalah metode autentikasi standar, maksudnya ketika ingin mengakses data atau file diperlukan username dan password agar bisa mengakses data pada FTP Server.

Seperti dikatakan diatas, Pengguna yang terdaftar (yang memiliki username dan password) memiliki akses penuh pada beberapa direktori-direktori beserta file-file yang ada di dalam FTP server sehingga pengguna yang terdaftar dapat membuat, menyalin, memindahkan atau bahkan menghapus direktori-direktori yang ada pada FTP server.

Berbeda dengan Anonymous file transfer protocol yang penjelasannya saya akan paparkan di bawah.

Untuk cara kerjanya, terlebih dahulu FTP klien harus meminta koneksi kepada FTP server, jika sudah terhubung dengan FTP server maka FTP klien dapat melakukan pertukaran data seperti upload dan download data.

Kelebihan FTP
Kebanyakan program FTP sangat mudah untuk bahkan untuk orang awam sekalipun. FTP menawarkan antarmuka yang mudah digunakan untuk memindahkan file antar komputer. Saat ini, FTP klien atau FTP server menampilkan sumber daya file di layar dengan cara yang memudahkan identifikasi file yang tepat yang ingin Anda kirim, dan tepat tujuan.

Selain memudahkan Anda ketika mengirim file besar yang pasti akan gagal apabila dilampirankan dalam email, FTP biasanya memungkinkan Anda melihat dengan pasti, bahwa file ada di server dan Anda juga dapat mengetahui kapan file yang ditransfer sampai pada tujuannya.

Kelebihan Lain dari FTP
Inilah yang saya suka dari FTP. FTP dapat mendownload konten gratis dengan cepat. Internet menawarkan sejumlah server FTP publik yang dikenal sebagai situs FTP anonim atau arsip FTP anonim . Mereka menawarkan konten / informasi / file yang bisa Anda download secara gratis baik itu film, musik, grafik. Jika Anda menggunakan situs anonim, Anda harus menggunakan nama anonim sebagai nama pengguna dan alamat email Anda sebagai sandinya.

Anonymous file transfer protocol
Anonymous file transfer protocol (FTP) adalah metode yang digunakan untuk anda yang ingin mendownload dan melihat file publik tanpa harus memberikan informasi identitas apapun. Masuk ke layanan FTP anonim sama seperti menggunakan program FTP biasa, karena username dan password diperlukan; Namun, username biasanya standar dan password bisa apa saja.

Tidak seperti program FTP lainnya, anonymous FTP tidak bisa mengupload file. Layanan FTP ini biasanya ditemukan di situs pemerintah, universitas dan perusahaan. Namun anonymous FTP Ini tidak akan bekerja untuk beberapa situs besar. Karena sebagian besar dilindungi dan mengharuskan anda untuk memberikan nama pengguna dan kata sandi dengan benar.

Nah itulah pengertian ftp dan fungsinya beserta cara kerjanya. Jika ada pertanyaan terkait pengertian ftp dan fungsinya beserta cara kerjanya, silahkan berkomentar pada kotak komentar dibawah. Terimakasih. 😀

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!