7 Perintah Penting dari CMD atau Command Prompt

7 Perintah Penting dari CMD atau Command Prompt – Terdapat beberapa hal pada Windows yang hanya mampu dilakukan di Command Prompt. Beberapa utilitas tidak memiliki sistem GUI yang memUntuk sesuatunya lebih cepat.

Tentunya kita tidak mungkin harus mengetahui seluruh perintah yang ada di Command Prompt, akan tetapi kita wajib memahami beberapa perintah yang sangat bermanfaat bahkan bagi seorang yang masih baru.

Jika Anda tahu apa itu CMD atau Command Prompt, silahkan baca Pengertian Command Prompt

7 Perintah CMD/Command Prompt yang Sangat berguna pribadi saja, di bawah ini merupakan beberapa perintah dalam command prompt yang sangat berguna serta sering sekali dipergunakan.

1. Ipconfig – Mencari Alamat IP dengan cara cepat
Kita tahu, kita bisa mengecek serta mengkonfigurasi IP Address melalui Control Panel. Tapi jika yang ingin Anda lakukan hanya sekedar untuk melihat informasi IP Address Anda, menggunakan perintah ipconfig di command prompt membuat semuanya lebih efisien.

Untuk menggunakan perintah tersebut, caranya sangat mudah sekali, Anda cukup menekan kombinasi tombol Windows+R pada keyboard, lalu ketik cmd, lalu ketik Ipconfig pada CMD tersebut.

Lihat Gambar dibawah ini!

7 Perintah Penting dari CMD atau Command Prompt
7 Perintah Penting dari CMD atau Command Prompt

2. ipconfig /flushdns – Menyegarkan DNS yang baru diubah, membersihkan chace
Bila Anda mengubah DNS server, efeknya tidak akan langsung terasa. Windows menggunakan chache yang ditanggapi oleh DNS, yang berfungsi berhemat pada saat Anda mengakses alamat yang sama.

Untuk memastikan bahwa Windows sudah menerima alamat berasal DNS server yang baru diubah, jalankan perintah ipconfig /flushdns setelah Anda membarui DNS server Anda.

3. ping, tracert – Mencari problem koneksivitas dalam jaringan
Bila Anda mengalami persoalan koneksivitas pada suatu jaringan, Windows serta sistem operasi lainnya memiliki beberapa alat baku yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi problem.

Pertama, ada perintah ping. Ketik ping google.Com dan  Windows akan mengirim paket ke Google.Com. Google akan merespon supaya  Anda tahu bahwa paket telah diterima.

Anda juga bisa menggunakan perintah tracert, yang menelusuri rute yang diperlukan sebuah paket untuk mencapai tujuan. Misalnya, menjalankan perintah tracert google.Com serta Anda akan melihat jalan paket Anda diperlukan Untuk mencapai Google.

Bila Anda mengalami persoalan waktu mencoba terhubung ke situs web, tracert dapat menunjukkan pada mana persoalan terjadi.

4. sfc /scannow – Scan problem di file System
Windows memiliki utilitas pemeriksan arsip sistem yang bisa men-scan serta mencari duduk perkara di arsip system. Bila arsip sistem hilang atau rusak, fitur ini akan mengatasi dilema tadi.

Untuk menggunakan fitur ini, jalankan command prompt menjadi Administrator, kemudian ketik perintah “sfc /scannow“.

5. telnet – Menghubungkan ke Server Telnet
Telnet client tidak terinstal secara default. Anda harus menginstalnya dari Control Panel. Setelah terinstal, Anda bisa menggunakan perintah telnet Untuk terhubung ke server telnet tanpa menginstal perangkat lunak pihak ketiga.

Anda wajib  menghindari menggunakan telnet Bila Anda dapat membantu itu, namun Bila Anda terhubung eksklusif ke perangkat serta mengharuskan Anda menggunakan telnet Untuk mengatur sesuatu.

6. cipher – Menghapus serta menimpa direktori secara permanen
Perintah cipher poly digunakan Untuk mengelola enkripsi, akan tetapi juga memiliki opsi Untuk membersihkan ruang bebas dan memastikan tidak terdapat arsip yang dihapus akan dipulihkan pulang. Biasanya file yang telah dihapus masih bertahan pada disk, kecuali Anda menggunakan SSD.

Perintah ini secara efektif bisa membersihkan drive tanpa perangkat lunak pihak ketiga.

Untuk menggunakan perintah ini, tentukan drive serta ketik perintah cipher /w:C:.

7. netstat -an – Melihat daftar koneksi jaringan serta port
Perintah netstat ini sangat berguna, menampilkan segala macam statistik jaringan. Salah  satu varian yang paling menarik dari netstat merupakan netstat-an, yang akan menampilkan daftar semua koneksi jaringan terbuka pada komputer, bersama dengan port yang dipergunakan dan  alamat IP yang terhubung.

Baca juga : Pengertian MAC Address dan Fungsinya

Ini bukanlah daftar lengkap seluruh perintah yang ada pada command prompt, namun perintah perintah yang disebutkan di atas merupakan beberapa yang paling bermanfaat dari sekian banyak perintah pada command prompt lainnya.

Terimakasih sudah membaca 7 Perintah Penting dari CMD atau Command Prompt sampai selesai. Sampai jumpa di postingan selanjutnya 😀

Tags:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!