10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis – Kebanyakan baterai laptop tidak mampu bertahan lama sepanjang hari. Mungkin hanya dua atau jam saja anda bisa menggunakan baterai laptop. Hal ini disebabkan karena salahnya pengaturan yang membuat baterai laptop anda boros. Pada artikel ini saya akan meberikan tips bagaimana cara menghemat baterai laptop agar tetap awet dan tidak mudah habis.

Namun sebelum kita menginjak pada nomor satu, saya ingatkan kepada anda jangan lupa “Like dan Share” artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat kepada orang lain. Setuju?

10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

1. Mengurangi Kecerahan Layar
Hal yang dapat menguras baterai pada setiap perangkat elektronik portabel yang modern baik itu laptop, smartphone, atau tablet adalah layar. Mengurangi kecerahan layar merupakan salahsatu cara sederhana agar baterai laptop anda tidak mudah habis. Bagaimana cara megurangi kecerahan laptop?

Pada laptop biasa, anda bisa menekan tombol Fn dan tekan tombol Brightness pada keyboard laptop Anda. Semakin rendah tingkat kecerahan layar, semakin lama Anda dapat menggunakan laptop.

10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis
Mengurangi Kecerahan Layar

Selain cara di atas, Anda juga dapat menekan Icon baterai pada Task Bar, lalu pilih Adjust Screen Brightness.

2. Matikan Layar Laptop Secara Otomatis
Anda dapat mengatur pengaturan untuk mematikan layar laptop secara otomatis pada saat laptop tidak digunakan. Caranya adalah sebagai berikut;
Buka Control Panel dan Pilih Hardware and Sound lalu Pilih Power Option ➔ Change When The Computer Sleep ➔Turn Off Display ➔ 3 Minutes.

cara menghemat baterai laptop agar tidak cepat habis
Mematikan Layar Monitor Otomatis

3. Nonaktifkan Bluetooth dan Perangkat Keras Lainnya
Jika laptop anda memiliki radio Bluetooth dan memiliki Inframerah (IR), anda dapat mengemat baterai laptop dengan mematikannya pada saat tidak digunakan. Untuk menonaktifkan Bluetooth, tekan tombol Fn dan tekan tombol dengan simbol Bluetooth pada keyboard laptop Anda.

Baca juga : 7 Tips Membeli Baterai Laptop

Selain menonaktifkan Bluetooth, anda juga bisa menonaktifkan Wi-Fi pada saat tidak digunakan untuk menghemat baterai laptop. Wi-Fi bisa anda matikan dengan cara yang sama menggunakan tombol Fn dan tekan symbol Wifi. Atau mungkin menonaktifkan dengan cara mematikan adaptor Wifi di control panel.

4. Aktifkan Mode Power Saver
Sistem operasi Windows menawarkan fitur Power saver yang berfungsi untuk menhemat baterai laptop. Fitur ini bisa anda gunakan pada saat laptop hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak membutuhkan daya yang besar, seperti mengetik. Adapun ketika anda sedang bermain game jangan gunakan mode power saver. Cara mengaktifkan Mode Power Saver adalah dengan cara klik Icon Baterai pada Task Bar lalu pilih Power Saver.

Selain itu, Anda dapat mengubah berbagai pengaturan untuk menghemat baterai laptop, termasuk pengaturan kecepatan kipas. Caranya adalah : Buka Control Panel ➔ Change Plan Setting ➔ Change Advance Power Setting.

10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis
Aktifkan Mode Power Saver

5. Gunakan Windows Power Trobleshooter
Windows 7 dan windows 8 termasuk alat pemecahan masalah listrik yang akan mendeteksi sistem untuk saluran baterai dan secara otomatis memperbaikinya. Untuk memuat alat ini, buka Panel Panel, ketik Troubleshooting pada kotak pencarian Control Panel. Pilih View All ➔ Power ➔ Klik Next. Tunggu sampai proses pemindaian selesai.

10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis
Gunakan Windows Power Trobleshooter

Windows akan mencari masalah umum dan secara otomatis memperbaikinya. Ini adalah cara cepat untuk memeriksa apakah pengaturan laptop sudah optimal atau tidak. Baca juga : Cara mengoptimalkan kinerja laptop

6. Non Aktifkan Screensaver
Screensaver akan menguras baterai laptop Anda untuk melakukan sesuatu yang berguna ketika layar Anda bisa off dan hemat daya.

7. Minimalkan program yang berjalankan di latar belakang
Memeriksa system tray untuk program yang tidak perlu dan uninstall beberapa program atau menonaktifkannya dan matikan Start Up.

8. Kurangi penggunaan CPU
Jika Anda menggunakan program berat tentu akan membuat CPU untuk bekerja lebih berat sepanjang waktu, dan yang pasti CPU laptop akan menggunakan lebih banyak daya dan baterai.

Baca juga: Cara Mengatasi CPU 100% Usage

9. Aktifkan Mode Hibernate Daripada Mode Sleep
Jika Anda tidak akan menggunakan laptop selama beberapa jam, gunakanlah mode hibernasi daripada modus sleep untuk menghemat daya baterai lebih. Modus tidur tidak menggunakan banyak daya baterai, namun mode hibernasi sama sekali tidak membutuhkan daya sehingga akan lebih menghemat baterai laptop.

10. Kurangi Visual Effect
Visual effek seperti wondows aero membutuhkan cache di RAM, tentu ini akan membuat RAM lebih aktif dan membutuhkan daya yang lebih. Untuk itu kurangilah effect visual dari laptop anda. Caranya adalah;
Start ➔ Control Panel ➔ System ➔ Advance System Setting. Pada tab Advance klik setting, pilih opsi Adjust Best Peformance dan klik apply.

10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis
Mengurangi Visual effect

Mengurangi Visual effect
Itulah 10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis. Cara di atas saya praktekan di windows 8. Jika anda menggunakan windows 7 atau 10, caranya hampir sama, tinggal menyesuaikannya saja. Jika anda memiliki tips tambahan untuk menghemat baterai laptop, silahkan tulis di kolom komentar.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!