Media Penyimpanan Data Pada Komputer

Media Penyimpanan Data Pada Komputer – Media Penyimpanan Data adalah perangkat penyimpan data yang berfungsi sebagai alat atau media untuk menyimpan data dan program dimana data atau program yang disimpan tersebut bisa dibaca dan dibuka kembali untuk diproses kembali di komputer atau laptop.

Sistem pada komputer memiliki empat komponen utama dari perangkat kerasnya yaitu Central Processing Unit (CPU), Memori Utama sering disebut Memory Primary, Internal Memory, Main Memory. Memori Sekunder yang sering disebut External memory, Secondary Memory dan Auxiliary Storage dan perangkat Input dan Output.

Keempat komponen tersebut harus ada untuk menjalankan suatu perangkat komputer agar berjalan dengan baik. Contoh-contoh dari perangkat penyimpanan utama adalah CPU dan Cache. Cpu adalah komponen yang sangat penting dalam komputer. Bahkan CPU disebut-sebut sebagai “Otaknya Komputer”.

Seberapa pentingkan fungsi CPU pada komputer? Silahkan baca pada artikel yang berjudul : Pengertian CPU dan Fungsinya

Contoh dari perangkat penyimpanan sekunder adalah Solid-state drive, USB thumb drive, kartu SD, CD, DVD, disket floppy, tape drive.

3 Kategori Media Penyimpanan Data

Media penyimpanan data pada komputer dapat dibagi menjadi tiga kategori. yaitu
a. Media Penyimpanan Data Magnetik (Magnetik Storage Media)
b. Media Penyimpanan Data Optical (Optical Disk) dan
c. Media Penyimpanan Data Awan (Cloud Storage)

Barikut adalah penjelasan dari ketiga kategori di atas!

1. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetic Storage Media)

Menurut Wikipedia, Magnetik Disk adalah media penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read-write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor.

Berikut adalah macam-macam media penyimpanan data dari magnetik disk komputer yang sering kita jumpai sehari-hari:

a. Floppy Disk (Disket) adalah Media penyimpan data magnetik disk terbungkus oleh plastic protektif tipis dan keras. Disket dapat menyimpan data 1.44 MB

b. Harddisk adalah Media utama untuk penyimpan berbagai data yang diciptakan pada 24 Desember 1954. Harddisk memiliki kemampuan menampung data dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan pada tahun 2016 lalu, Samsung mengeluarkan hardisk yang memiliki ukuran 16 TB sekaligus memecahkan rekor harddisk dengan kapasitas terbesar. Harddisk tersebut di beri nama PM1633a.

c. Harddisk Eksternal adalah Media penyimpanan data yang sama seperti halnya Flashdisk yang menggunakan media penghubung USB. Ukuran hardisk enternal lebih tipis dari pada harddisk Komputer, kapasitas yang dimiliki hardisk eksternal sama besarnya dengan harddisk internal yang bisa dipakai dimana aja baik komputer ataupun laptop.

d. Flashdisk adalah media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar sampai yaitu 32 GB. Flash disk dihubungan pada komputer melalui USB (Universal Serial Bus), akses datanya lebih cepat daripada CD/DVD. Merk flashdisk yang terkenal seperti ; Sandisk, Kingston, Transcend, Hp, Sony dll.

e. MMC (Memory Card) adalah media penyimpanan data yang banyak di gunakan pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video game console

f. Zip Drive adalah media penyimpanan magnetik dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data sampai 750 MB

2. Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)
Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah.

Dibawah ini adalah macam-macam media penyimpanan data Optical

a. CD : Compact Disk, Suatu disk yang tidak dapat dihapus yang menyimpan informasi audio yang telah di digitasi. System standar menggunakan disk 12 cm yang dapat merekam lebih dari 60 menit waktu putar tanpa terhenti. Compact Disk secara umum dapat menyimpan data hingga 700 MB, tetapi kini banyak dipasarkan hingga ukuran gigabyte.

b. CD-ROM : Compact Disk Read-Only Memori, Disk yang tidak dapat dihapus untuk menyimpan data computer. System standar menggunakan disk 12 cm yang dapat menampung data 700 Mbyte.

c. CD-R adalah singkatan dari Compact Disk Recordables. CD-R Merupakan CD untuk pengguna khusus biasanya untuk master CD dan photo CD, Lapisan reflektif terbuat dari emas sehingga berwarna kuning. Kapasitas CD-R sama dengan CD lainnya.

d. CD-RW adalah singkatan dari Digital Vidio Rewritables. CD-RW merupakan generasi CD yang dapat ditulis berulang kali namun belum popular saat ini karena masih relative mahal.

e. DVD adalah singkatan dari Digital Vesatile Disk. DVD adalah salah satu jenis CD yang memiliki pita data lebih kecil, spiral data yang lebih rapat sehingga kapasitasnya sangat besar bisa mencapai 15 GB untuk sisi tunggal dan berlapis tunggal laser optis yang digunakan adalah laser merah yang dapat berukuran lebih kecil dari CD biasa kualitas yang dihasilkan juga lebih baik dari CD model lain.

1. Floppy Disk – Disket Memiliki kapasitas 1,44 MB dan mampu bertahan 1-2 tahun
2. Harddisk Memiliki kapasitas 250 GB-6TB dan mampu bertahan 12-15 tahun
3. CD (CD-R dan CD-RW) Memiliki kapasitas 700 MB 1-3 tahun
4. DVD Memiliki kapasitas 4 GB-15,9 GB dan mampu bertahan 10-50 tahun
5. Flasdisk Memiliki kapasitas 1-256 GB dan mampu bertahan 5-10 tahun
6. Memory Card Memiliki kapasitas 256MB-64 GB dan mampu bertahan 5-10 tahun

3. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
Cloud Storage atau komputasi awan adalah suatu media penyimpanan data yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja oleh para penggunanya melalui jaringan internet. dan Tentu file atau data yang di upload berada dikomputer dimana anda membuat akun cloud storage tersebut.

Salahsatu layanan dari Cloud Storage adalah Google Drive yang memungkinkan anda menyimpan data sampai 15GB. Selain memberi kapasitas yang besar, ternyata masih banyak lagi kelebihan google drive yang bisa anda manfaatkan seperti berbagi file, memback-up data dan lain-lain.

Bagaimana cara mengupload file dan menggunakan beberapa pasilitas GRATIS dari google drive? Silahkan baca pada artikel “Cara menggunakan google drive

Di bawah ini adalah 10 Jasa Penyimpanan Awan yang paling Popular
1. SugarSync
2. Carbonite
3. Idrive
4. Blackblaze
5. Dropbox
6. Google Drive
7. Mediafire
8. Mozy
9. JustCloud.com
10. Mega

[sociallocker id=451]Media Penyimpanan Data[/sociallocker]

Itulah media penyimpanan data yang bisa saya uraikan pada artikel ini, jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan media penyimpanan data, silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah ini.

Silahkan Download artikel ini dalam format Pdf !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!