Pengertian Cache Memory dan Fungsi serta Manfaatnya

Pengertian Cache Memory dan Fungsi serta Manfaatnya – Apa itu Cache Memory ? Apa manfaat dan fungsi dari cache memory? Pada artikel ini kita akan sama-sama mempelajari tentang Cache memory. Namun sebelum kita membahas lebih dalam tentang pengertian cache memory dan fungsi serta manfaatnya, saya sarankan anda membaca terlebih dahulu tentang media penyimpanan data pada komputer.

Pengertian Cache Memory dan Fungsi Serta Manfaatnya

Cache berasal dari kata Bahasa Perancis cache yang berarti tempat menyembunyikan sesuatu atau tempat menyimpan. Sesuai dengan definisi diatas cache memory adalah tempat menyimpan data sementara.

Mekanisme ini bertujuan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga jika ada data yang ingin diakses adalah data yang sama, maka akses akan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Cache memory adalah memori tipe SDRAM yang mempunyai kapasitas terbatas. Namun meskipun memiliki kapasitas sangat terbatas, cache memory memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Dan jangan salah… cache memory memiliki harga jauh lebih mahal dari memori utama.

Pengertian Cache Memory dan Fungsi Serta Manfaatnya
Turbo Flash for Intel 2GB 2G Turbo Cache Memory Mini PCI-E pcie Half size Card for X200 X200S Free Shipping

Cache memori ini terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama.

Cache Memory juga disebut memori CPU adalah memori akses acak ( RAM ) yang membuat mikroprosesor dapat mengakses lebih cepat daripada mengakses RAM biasa. Cache memory biasanya terintegrasi langsung dengan CPU atau ditempatkan pada Chip terpisah yang memiliki terpisah bus interkoneksi dengan CPU.

Cache memory adalah jenis perangkat keras komputer yang memiliki ukuran kecil dari memori komputer yang mudah menguap yang menyediakan akses data kecepatan tinggi ke processor.

Manfaat Cache memory

Karena cache memory ini terletak di jalur antara prosesor dan memori, maka memori cache memiliki waktu akses lebih rendah daripada memori namun lebih cepat dari memori utama. cache memory memiliki waktu akses dari 100ns, sedangkan memori utama mungkin memiliki waktu akses dari 700ns. Sehingga membuat cache memory memiliki harga yang sangat sangat mahal mahal.

Kebutuhan akan cache memory ini didorong dari ketidaksesuaian antara kecepatan memori utama dan CPU. CPU seperti yang dibahas sebelumnya sangat cepat, sedangkan waktu akses memori utama relatif lebih lambat. Oleh karena itu, tidak peduli seberapa cepat suatu processor bekerja karena kecepatan pemrosesan lebih tergantung pada kecepatan memori utama. Hal ini karena karena cache memory yang memiliki waktu akses lebih dekat ke kecepatan prosesor.

Baca juga : ? Komponen-komponen CPU dan Fungsinya

Fungsi Cache memory
➔ Cache memory menyimpan program (atau bagiannya) yang sedang dilaksanakan atau yang dapat dieksekusi dalam waktu yang sangat singkat. Cache memory juga menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh CPU.

➔ Cache memory menyediakan penyimpanan data yang lebih cepat dan akses dengan menyimpan sebuah contoh dari program dan data secara rutin diakses oleh prosesor. Jadi, ketika sebuah prosesor meminta data, maka processor akan melihat data itu di memori cache dan tidak perlu pergi ke memori utama atau hard disk untuk mengambil data.

Sebagai ilustrasi ; Jika anda memiliki 10 baju yang sama dalam lemari dan anda menggunakan salahsatu dari baju itu kemudian di simpan lagi di lemari kemudian karena alasan tertentu anda ingin menggunakannya lagi, tentu kalian akan sedikit kesulitan mencari baju mana yang sudah digunakan. Lain halnya jika anda menggantungkannya di kapstok belakang pintu kamar anda

➔ Cache memory dapat memori cache primer atau sekunder, dimana memori cache utama adalah langsung terintegrasi atau paling dekat dengan prosesor.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!